Hair & beauty

Waspada! Inilah Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidung

By : Her World Indonesia - 2021-04-01 16:00:00 Waspada! Inilah Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidung

Kulit di area sekitar hidung kamu mengering dan mengelupas? Tipe kulit yang mengering di sekitar hidung dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti kurangnya jumlah air yang kamu minum hingga kurangnya penggunaan sunscreen di wajahmu. Namun, kamu perlu mengetahui penyebab umum lainnya agar kamu bisa menghindarinya. Berikut penyebab kulit kering di sekitar hidung yang perlu kamu ketahui.


(Baca Juga: Waktu Terbaik Memakai Skincare)


Air Panas akibat Mandi yang Lama

Mandi dengan air panas dapat menyebabkan kulitmu kering dan mengelupas secara bersamaan. (Foto:Dok.Freepik)

Jika kamu tinggal di tempat dengan cuaca yang dingin dan mandi dengan menggunakan air panas, tak heran kulitmu akan mengering dan mengelupas secara bersamaan. Hal tersebut dikarenakan minyak pada wajahmu terkuras secara lebih sehingga kulitmu mengering.


Dehidrasi

Kulitmu akan mengering hingga mengelupas jika kamu kurang meminum air putih karena kulitmu tidak akan mendapatkan kelembapan dari dalam sehingga kulitmu akan dehidrasi. Tak hanya hidung, di area wajah lainnya juga dapat mengering yaitu mulut. Oleh karena itu, minumlah air putih setidaknya delapan gelas sehari.


(Baca Juga: Inilah 4 Cara Menebalkan Alis Secara Alami Di Rumah Saja)


Cuaca

Tak heran bahwa kulitmu akan mengering jika kamu tinggal di cuaca yang dingin. Hal ini dikarenakan udara yang dingin dapat membuat kulitmu semakin kering. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan perlindungan kulit yang memadai seperti pelembap dan serum yang bergizi.


Faktor Usia

Jika kamu sedang mengalami bertambahnya usia. Maka, kulitmu akan cenderung kehilangan kelembapan dan juga menjadi lebih tipis sehingga akan menyebabkan kulit kering dan bersisik di sekitar hidung. Namun, kamu jangan khawatir karena kamu bisa merawatnya dengan melembapkannya dengan pelembap di malam hari.


Sinar Ultraviolet

Kulitmu akan terbakar dan mengelupas jika wajah kamu terus terpapar oleh sinar ultraviolet. (Foto:Dok.Freepik)

Memang paparan sinar matahari bisa terlindung dari kacamata hitam. Tetapi, area hidungmu masih belum terselamatkan. Kulitmu akan terbakar dan mengelupas jika wajah kamu terus terpapar oleh sinar ultraviolet. Oleh karena itu, gunakanlah tabir surya di area wajahmu agar terhindar dari paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui penyebab kulit mengering di sekitar area hidung agar dapat terhindar dari pengelupasan pada kulit di hidungmu.


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty