RSPI IVF Centre Bantu Pasangan Mendapatkan Keturunan


  • RSPI IVF Centre Bantu Pasangan Mendapatkan Keturunan
    Rumah Sakit Pondok Indah membuka program IVF Centre untuk pasangan suami istri yang ingin mendapatkan momongan (Foto:Dok.Andreas/Pexels)

    Memiliki anak setelah menikah tentunya merupakan salah satu impian yang paling dinanti oleh pasangan suami istri. Bahkan tak jarang keluarga besarpun turut menunggu-nunggu kehadiran sang buah hati.

    Namun pada kenyataannya tidak semua pasangan bisa dengan mudahnya mewujudkan harapan tersebut.  Berdasarkan data BKKBN tahun 2015, setidaknya ada 47 juta pasangan yang memiliki usia subur di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, diketahui sebesar 10-15 persen di antaranya mengalami gangguan kesuburan (infertilitas). 




    (Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Konsumsi 18 Makanan Berikut)


    Gangguan kesuburan merupakan sebuah kondisi ketika pasangan suami istri telah berhubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama satu tahun, namun belum berhasil menciptakan kehamilan. Faktor laki-laki, perempuan, maupun keduanya, memiliki andil yang sama besar sebagai penyebab infertilitas. Bahkan gangguan ini tak hanya menimpa mereka yang baru saja memasuki jenjang pernikahan, tapi juga bisa dihadapi oleh pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan lagi.


    Melihat kasus ini, Rumah Sakit Pondok Indah menghadirkan IVF Centre yang akan membantu pasangan suami istri agar bisa mendapatkan buah hati dengan in vitro fertilization atau dikenal dengan program bayi tabung. 


    “Memahami kebutuhan pasangan suami istri yang mendambakan keturunan, kami menghadirkan RS Pondok Indah IVF Centre, sebuah klinik IVF modern yang dilengkapi teknologi terkini dan didukung oleh dokter-dokter konsultan dengan keahlian di bidang fertilitas. Klinik ini dapat membantu pasangan suami istri yang mendambakan keturunan mewujudkan harapan mereka,” ujar Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS.


    (Baca Juga: Ciri-ciri Hamil Muda Yang Harus Kamu Tahu)


    Metode bayi tabung akan mempertemukan sperma dan sel telur di luar tubuh manusia (dilakukan dilaboratorium khusus).. Sel telur yang telah dibuahi selanjutnya akan ditumbuhkan dan diobservasi dalam inkubator secara berkesinambungan. 


    Kemudian, embrio atau hasil pertemuan sel telur dengan sperma akan ditanam ke dalam rongga rahim calon ibu agar terjadi kehamilan. Tingkat keberhasilan program bayi tabung dipengaruhi oleh usia calon ibu, cadangan sel telur, kualitas sperma, dan faktor penyebab infertilitas itu sendiri.


    “Di antara berbagai metode penanganan ketidaksuburan, bayi tabung memiliki angka keberhasilan tertinggi, yakni mencapai hingga 40 persen per siklus,” ungkap dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, M.Sc, dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi RS Pondok Indah IVF Centre dan RS Pondok Indah – Pondok Indah.



    Peluang keberhasilan program bayi tabung juga semakin besar oleh karena dukungan teknologi yang terus berkembang.. Berbeda dengan teknik IVF konvensional, RS Pondok Indah IVF Centre mengadopsi teknologi medis terdepan untuk memastikan tingkat keberhasilan (success rate) program kehamilan. Beberapa teknologi yang membantu meningkatkan keberhasilan program bayi tabung di antaranya:

    1. Time lapse incubator

    2. Pre-implantation genetic testing for aneuploidy (PGT-A)

    3. Intra-cytoplasmic morphologically-selected sperm injection (IMSI)

    4. Laser assisted hatching

    5. Oocyte imaging system

    6. Intra-cytoplasmic sperm injection (ICSI)

    7. In-vitro maturation


    (Baca Juga: Ciri-ciri Hamil Bayi Laki-laki)


    Walaupun bernama IVF Centre namun centre ini tidak hanya melayani program reproduksi berbantu bayi tabung/in-vitro fertilization, melainkan juga menyediakan layanan program kehamilan lainnya sesuai dengan kondisi dan diagnosis setiap pasien. Di antaranya adalah inseminasi intrauterin (inseminasi buatan), induksi ovulasi, program kehamilan dengan siklus alamiah, pemeriksaan fertilitas pria dan wanita, penanganan penyebab infertilitas dengan prosedur invasif minimal, hingga fertility preservation atau teknologi penyimpanan sperma, sel telur atau embrio beku.


    RS Pondok Indah IVF Centre memiliki tim dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang semuanya merupakan subspesialis fertilitas dan endokrinologi reproduksi yang telah berpengalaman melakukan lebih dari 1.000 tindakan IVF di berbagai centre di Indonesia, dokter embriologis, serta ditunjang dengan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap, komprehensif, dan modern di rumah sakit yang telah terakreditasi badan akreditasi internasional, Joint Commission International (JCI). Berlokasi di lantai 6 North Wing RS Pondok Indah – Pondok Indah, RS Pondok Indah IVF Centre memiliki akses khusus sehingga memberikan kenyamanan dan privasi bagi para pengunjung.


    Setiap perjalanan pasangan untuk mendapatkan keturunan adalah unik dan tidak mudah. Memahami hal tersebut RS Pondok Indah IVF Centre memberikan personalisasi program kehamilan berdasarkan kondisi dan kebutuhan pasangan, serta menghadirkan dokter Konselor IVF yang akan mendampingi pasangan pada seluruh rangkaian proses untuk mewujudkan impian mendekap buah hati.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below