9 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Jerawat


  • 9 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Jerawat
    Berikut 9 kebiasaan yang memicu jerawat pada kulit wajahmu. Apa saja?. (Foto: Dok. /freepik)

    Banyak orang yang masih tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari yang buruk, dapat menyebabkan jerawat bertambah dan tidak hilang-hilang. Jika jerawat sudah menjadi masalah langganan, sudah saatnya kamu perlu tahu apa yang menjadi menyebabkan hal ini terjadi. Pasalnya, pengobatan jerawat tergantung pada jenis jerawat dan apa pemicunya. Her World Indonesia telah merangkum 9 kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat pada kulit wajah. Apa saja?


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Obat Jerawat yang Ampuh dan Bisa Dibeli Online)




    1. Tidak memotong kuku jari tangan

    Seperti kita ketahui, tangan dan jemari adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk bergerak, sehingga mudah terpapar bakteri. Ada baiknya setiap ingin menyentuh wajah secara langsung untuk selalu memotong kuku jari tangan secara rutin. Setiap wanita yang gemar menghias kuku jari tangannya untuk mempermanis penampilan, pastikan untuk rajin menjaga kebersihan kuku jari tanganmu.


    2. Terlalu sering mencuci muka

    (Penting untuk menjaga kulit kamu tetap bersih, terlalu sering mencuci muka hanya akan memperburuk jerawat. Foto: Dok. Freepik)

    Kebiasaan lainnya yang bisa menyebabkan jerawat adalah terlalu sering mencuci muka. Meskipun penting untuk menjaga kulit kamu tetap bersih, terlalu sering mencuci muka hanya akan memperburuk jerawat. Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.


    3. Jarang mencuci seprai

    Setiap kamu ingin beristirahat di kasur, wajahmu akan bersandar pada seprai bantal. Jika jarang dicuci, artinya kamu menempelkan wajah pada kumpulan sel kulit mati dan bakteri setiap hari. Begitupun handuk mandi yang sering lembap dan menyimpan banyak kuman. Ada baiknya kamu untuk sering mencuci seprai, minimal setiap satu minggu sekali.


    4. Mengupas kulit dan memencet jerawat

    Meskipun kamu sangat gemas untuk menyentuh jerawat yang ada di wajahmu, tapi sebisa mungkin hindari kebiasaan ini. Kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan peningkatan radang karena meremas nanah di dalam kulit. Tindakan ini bahkan bisa meninggalkan bekas luka.

    Saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Ini membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat. Hindari menyentuh jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor, sebab minyak dan kotoran dari tangan dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.


    5. Salah memilih kosmetik

    (Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit wajahmu. Foto: Dok. Freepik)

    Saat akan membeli produk kosmetik, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit wajahmu. Cari opsi bebas minyak yang berlabel "non-acnegenic" atau "non-comedogenic" untuk membantu mencegah jerawat dan komedo. Selain itu, hindari penggunaan make-up secara berlebihan. Gunakan obat jerawat sebelum menggunakan make-up, kemudian bersihkan menjelang tidur.


    (Baca Juga: 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat)


    6. Menggunakan ponsel yang kotor

    Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Jangan malas membersihkan layar ponsel dan disarankan menggunakan ear phone saat menelepon untuk menghindari jerawat muncul. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka kotoran beserta bakteri yang sudah berkembang biak dapat kembali ke wajah.


    7. Konsumsi makanan yang tidak sehat

    Pada beberapa orang, konsumsi makanan berminyak dapat membuat kulit yang cenderung berjerawat menjadi lebih buruk. Oleh karena itu, mulailah menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan wajah. Hindari makanan yang digoreng dengan minyak berlebih untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kamu juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan olahan, seperti biskuit, kue, roti putih dan pasta, serta keripik kentang.


    8. Stres

    Pada dasarnya, stres tidak menjadi penyebab jerawat secara langsung. Namun, ketika kamu dilanda stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak androgen yang juga merangsang kelenjar minyak dan kantong rambut di kulit. Akibatnya, jerawat pun muncul. Selain itu, stres juga dapat menimbulkan berbagai kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat, seperti merokok, minum alkohol, dan makan berlebihan. Oleh sebab itu, mengelola stres dengan baik dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.


    9. Tidak rutin mencuci rambut

    Meski pada poin ini terlihat tidak sesuai, namun dengan kamu rutin mencuci rambut bisa membantu mengatasi jerawat pada dahi. Apalagi untuk kamu yang memiliki poni, sebaiknya hindari rambut lepek yang mengandung banyak minyak pada kulit kelapa. Nyatanya, dengan kamu tidak mencuci rambutmu ternyata akan menyebabkan kotoran tetap ada pada rambut dan sekitarnya, termasuk pada kulit wajahmu.


    (Baca Juga: Alasan Jerawat Muncul Saat Menstruasi)


    Setelah mengetahui 9 kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat di atas, pastikan kamu mulai mengubah kebiasaanmu, ya. 


    (Penulis: Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below