Tips Buat Ruang Kerja Nyaman Dan Membawa Keberuntungan


  • Tips Buat Ruang Kerja Nyaman Dan Membawa Keberuntungan
    DBS eTalk Series mengundang pembicara untuk memberikan tips menata ruang kerja yang baik (Foto:Dok/Pribadi)


    Setelah lebih dari satu tahun menghadapi gaya hidup baru, setiap orang kini mulai fokus memerhatikan tata ruang rumah. Hal ini juga selaras dengan sejumlah kegiatan yang beralih dikerjakan dari rumah, mulai dari sekolah hingga bekerja.




    Pentingnya menata ruang, salah satunya ruang kerja ini juga diingatkan oleh Winston Churchill seorang politikus, perwira militer, dan penulis Britania Raya yang mengatakan bahwa "We shape our homes and then our homes shape us." 


    Melihat pentingnya hal ini, DBS Treasures Private Client menyelenggarakan DBS eTalk Series dengan tema Design Practices to Live In Abundance bersama MRA Media yang mengajak Jenie Kumala Dewi yang ahli dalam bidang Feng Shui dan Kezia Karin yang memahami penataan ruang kerja di rumah.


    (Baca Juga: 5 Cara Untuk Tetap Fokus di Lingkungan Kerja yang Sibuk)


    Diselenggarakan secara eksklusif dan private, acara ini juga dihadiri oleh Rudy Tandjung selaku Consumer Banking Director, PT Bank DBS Indonesia dan sejumlah tamu undangan sekaligus nasabah setia Bank DBS Indonesia dari dulu hingga kini. "DBS Treasures Private Client kali ini membahas curated lifestyle khususnya tips ataupun insight dari para pakar dalam menata interior ruang kerja di rumah agar menjadi tempat yang nyaman dan membawa produktivitas tinggi", ujar Rudy Tandjung. 


    Selama lebih dari dua jam, Cisca Becker memandu acara ini dan membuat suasana terasa lebih meriah dan menyenangkan. Tak lupa juga dengan dua pembicara yang memberikan panduan untuk menciptakan suasana rumah, terutama ruang kerja yang tak hanya buat nyaman, tapi juga membawa keberuntungan di tahun Kerbau Logam ini. 


    Bagi kamu yang ingin mencoba menata rumah dengan baik, berikut tipsnya yang bisa kamu coba terapkan mulai sekarang.


    (Baca Juga: Penerapan Desain Untuk Kehidupan Lebih Makmur)


    Ruang Kerja Sesuai Feng Shui

    Rumah kini menjadi tempat utama untuk mendapatkan inspirasi. Oleh sebabnya Jenie Kumala Dewi seorang ahli Feng Shui memberikan tipsnya agar suasana rumah dan kerja tetap harmonis.


    (Tips menata ruang kerja sesuai Feng Shui.Foto:Dok/Pribadi)


    1. Ciptakan skylight

    Sinar matahari adalah cleansing alami, sehingga ruang kerja akan terasa nyaman saat mendapatkan cahaya tersebut. 


    2. Elemen kayu


    Di tahun Kerbau Logam atau Emas, elemen kayu menjadi salah satu penyeimbang, terutama saat berasa di dalam rumah. Kamu bisa menambahkan elemen kayu di ruang kerjamu untuk mendapatkan suasana yang nyaman sekaligus meningkatkan inspirasimu dalam bekerja. 


    3. Area khusus untuk ruang kerja

    Alangkah baiknya ruang kerja tidak digabung dengan ruang untuk keperluan lain, seperti ruang tidur, ruang makan, atau ruang tamu. Dalam ilmu Feng Shui, hal ini ditujukan agar tidak mengacaukan energi positif yang dimiliki ruangan tertentu. Contohnya kamar tidur memiliki energi Yin, sedangkan ruang kerja memiliki energi Yang, sebaiknya kedua fungsi ruangan ini tidak dijadikan satu karena akan mengacaukan energi positif yang ada. Solusinya, berikan sekat antara sudut ruang kerja dengan ruang tidur.


    4. Seimbang

    Pilihlah furniture yang sesuai dengan ruangan dan hindari juga penumpukan barang. Hal ini akan memengaruhi mood dan inspirasimu dalam menyelesaikan perkerjaan. Sebagai cara lain, cobalah untuk memilah mana barang yang dibutuhkan dan sesuai dengan ruang kerjamu.


    5. Tambahkan hiasan

    Untuk menambah inspirasi, kamu bisa menata ruang kerja dengan hiasan dinding. Beberapa yang bisa menambah keseimbangan adalah lukisan pemandangan, seperti gunung, bunga hingga lukisan padi yang menguning, hijau kekuningan dan hijau. Yang terpenting hindari lukisan pemandangan yang terdapat kerbau di dalamnya untuk tahun ini. Selain pemandangan, lukisan ikan Koi juga jadi salah satu yang membawa keberuntungan.


    (Baca Juga: Manfaat Rekening Bank Lebih Dari Satu)


    Penataan Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

    Selain memerhatikan Feng Shui, menata ruang yang sesuai dengan fungsinya juga jadi salah satu kunci agar melakukan segala aktivitas terasa nyaman di rumah. Sesuai dengan kutipan Billy Baldwin yang mengingatkan kita bahwa menata ruang juga erat kaitannya dengan memilih berbagai hal yang benar-benar kita cintai.


    "Stick to the things you really love. An honest room is always up to date."
    -Billy Baldwin-



    (Cara menata ruang kerja agar terasa menyenangkan.Foto:Dok/Pribadi)


    1. Ruang kerja yang luas

    Ruang kerja yang sempit akan membuat semangat kerja menurun dan tidak nyaman. Oleh sebabnya Karin Kezia menyarankan untuk menyulap ruangan agar terasa luas dengan meminimalisir barang yang tidak kamu butuhkan.


    2. Ruang yang tenang


    Pastikan ruang kerjamu terpisah dengan zona yang banyak menimbulkan suara, terutama saat kamu memiliki anak. Kezia Karin menjelaskan, "Kita perlu zona yang bisa membuat kita berkonsentrasi. Jika terlalu ramai, akan banyak distraction sehingga membuat produktivitas menjadi menurun."


    3. Dekat dengan cahaya matahari

    Ruang kerja yang terkena cahaya matahari akan membuat suasana lebih semangat. Sehingga produktivitas bisa meningkat. Di sisi lain, work from home yang dijalani oleh sejumlah orang membuat jam kerja jadi tidak teratur.

    Jika kamu harus bekerja semalaman, kamu bisa memilih pencahayaan lampu yang tidak merusak mata. Kezia juga menyarankan untuk memilih pencahayaan tambahan dengan tingkat pencahayaan hingga 3000 kelvin.


    4. Penyimpanan yang cukup

    Salah satu alasan rumah terlihat berantakan adalah tidak ada storage yang cukup untuk menyimpan. Sehingga barang diletakkan tidak sesuai pada tempatnnya. Pastikan ruang kerjamu memiliki storage untuk menyimpan perlengkapanmu seperti kertas, print dan lainnya. "Salah satu kunci yang paling simple agar rumah rapi adalah cukup storage dan lebih mindful saat ingin membeli barang," jelas Kezia.


    5. Buat suasana tidak membosankan

    Bekerja di ruangan secara terus menerus bisa menurunkan inspirasi dan menjenuhkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba menata ulang ruang dengan memindahkan letak meja, kursi ke sudut ruang lain. Sebagai cara lain, kamu juga bisa menambah hiasan seperti tanaman di ruang kerja agar suasana terasa santai sekaligus menyenangkan.


    6. Manfaatkan space sebaik mungkin


    (Menyulap cabinet menjadi tempat kerja.Foto:Dok/pribadi)


    Siapa bilang kamu tidak bisa menyulap kabinet menjadi tempat kerja selama work from home? Selain memanfaakan ruangan, menggunakan storage berlebih juga jadi ide menarik untuk menciptakan suasana yang berbeda. Bahkan cara ini juga bisa meringkas dalam membereskan ruangan. Pernah mencobanya?


    7. Warna yang menenangkan

    Warna ruang kerja juga jadi salah satu yang bisa mendukung produktivitasmu selama bekerja dari rumah. Agar tidak salah pilih, Kezia pun telah merangkum sejumlah warna yang cocok untuk menghiasi ruang kerjamu di rumah. Di antaranya adalah Moddy Neutrals, Neutral Pairs with Bright Color, Jewel Tones and Soft or Muted colors.


    Itulah sejumlah tips membuat ruang kerja terasa nyaman dan membawa keberuntungan. Semoga bermanfaat!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below