5 Cara Untuk Tetap Fokus di Lingkungan Kerja yang Sibuk


  • 5 Cara Untuk Tetap Fokus di Lingkungan Kerja yang Sibuk
    Cara fokus di dunia kerja yang sibuk. (Foto:Dok.Rawpixel/pexels)


    Bekerja di ruang kantor yang dipenuhi oleh orang-orang sibuk kerap kali membuat konsentrasi menjadi terganggu. Suara yang muncul dari ketukan jari pada keyboard, dering telepon pada ponsel, serta suara-suara yang muncul di sekitar bisa saja menghambat fokusmu dalam mengerjakan pekerjaan. Tak jarang juga, hal ini bisa memperlambat produktivitas dalam bekerja.

    Meskipun gangguan-gangguan itu sering kamu hadapi, namun bukan berarti hal ini tak jadi hal penting untuk diperhatikan. Jika dibiarkan begitu saja, masalah ini tak hanya bisa membuat fokus kerja terganggu, tapi juga bisa menimbulkan rasa bosan yang tinggi untuk bekerja di dalam ruangan kantormu.



    Namun, tak perlu risau, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap fokus dalam bekerja, walaupun sekitarmu penuh dengan aktivitas yang sibuk. Dilansir dari laman Jobstreet.com, berikut lima cara yang bisa kamu lakukan agar tetap mengerjakan pekerjaan dengan produktif di lingkungan yang sibuk:

    (Baca Juga: Tips Agar Lebih Bahagia untuk Pasangan Sibuk)


    1. Menampilkan Indikator Visual Bahwa Anda Sedang Sibuk


    (Tampilkan notifikasi sibuk.Foto:Dok.Tyler Lastovich/Pexels)

    Agar kamu tak merasa terganggu, kamu bisa memasang indikator 'Sibuk', 'Do Not Disturb' atau 'Busy' dalam aplikasi chat-mu. Hal ini bisa jadi salah satu upaya agar rekan kerjamu tak mengajakmu berbicara di saat kamu sedang online. Atau dengan cara lain, kamu bisa menggunakan headphone-mu agar sekitarmu enggan mengajakmu berbicara.


    2. Mencari Lokasi yang Tenang

    Jika kamu bekerja di sebuah perusahaan yang fleksibel dan memiliki tata ruang terbuka, kamu bisa memilh tempat kerjamu sendiri yang tenang dan nyaman. Namun, jika tempat kamu bekerja memiliki konsep desain cubicle atau bersekat, mencari ruang yang kosong adalah pilihan yang tepat untuk kamu berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

    (Baca Juga: 8 Cara Efektif Persiapkan Diri Hadapi Hari Senin)


    3. Hindari Gadget atau Matikan Gadget


    (Matikan Gadget dan Hindari.Foto:Dok.Tracy/Pexels)

    Notifikasi yang muncul dari handphone-mu bisa jadi salah satu yang mengagalkan fokusmu dalam bekerja. Twitter, Whatsapp, Instagram dan dering telfon yang tak henti-henti bisa kamu hindari dengan mematikan gadget yang kamu miliki. Atau jika keadaan darurat yang membuatmu harus tetap menghidupkan alat komunikasimu, mengaktifkan mode silent bisa kamu terapkan agar fokus kerjamu tidak terganggu.


    4. Siapkan Obat-Obatan Darurat Di Meja Kerja

    Tak hanya dari sekitarmu saja, tapi fokus kerjamu bisa juga terganggu karena berasal dari dalam dirimu, seperti sakit kepala, maag, nyeri dan lainnya. Hal ini bisa kamu cegah dengan meminum vitamin, menggunakan salep atau menyediakan berbagai obat-obatan agar meminimalisir sakit yang kamu derita. 

    (Baca Juga: 5 Rahasia Bekerja Efektif dan Pulang Kerja Tepat Waktu)


    5. Mencari Bantuan Profesional

    Teknik-teknik diatas mungkin bermanfaat sebagai solusi jangka pendek, tetapi untuk solusi jangka panjang, kunjungan ke dokter sangatlah penting. Jika kamu mengalami kesulitan untuk fokus pada pekerjaan akibat masalah emosional, jangan merasa malu untuk mencari bantuan para profesional. Mereka adalah pilihan terbaik untuk membantumu di saat situasi seperti itu muncul. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below