Hair & beauty

Hati-Hati, Ini Penyebab Kerutan Paling Umum

By : Her World Indonesia - 2021-02-18 16:00:01 Hati-Hati, Ini Penyebab Kerutan Paling Umum

Dilansir dari Healthline, bertambahnya usia dapat membuat kulit kamu menjadi lebih tipis, kering dan elastis sehingga menyebabkan timbulnya kerutan, lipatan dan garis pada kulitmu. Selain itu, kamu perlu melakukan perawatan seperti menggunakan retinoid topikal yang berasal dari vitamin A untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dengan meningkatkan produksi kolagen di kulit. Maka, kamu perlu mengetahui penyebab kerutan yang paling umum terjadi. Berikut ulasannya.


Bertambahnya Usia

(Bertambahnya usia dapat menambah kerutan pada kulitmu. Foto:Dok.Curology/unsplash)

Kerutan terjadi jika kamu sedang mengalami proses penuaan. Kulit akan mengalami penipisan, kering dan kurang elastis. Maka, kulitmu akan mengalami timbul kerutan, lipatan dan garis.


(Baca Juga: Ini Permasalahan Kulit Paling Umum, Segera Hubungi Dokter)


Ekspresi Wajah

(Ekspresi wajah dapat menimbulkan garis-garis halus pada wajahmu. Foto:Dok.Joel Mott/unsplash)

Senyuman, menyipitkan mata dan mengerutkan dahi, dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus dan kerutan dengan cepat jika kamu sering melakukan ekspresi wajah.


(Baca Juga: 4 Cara Atasi Jerawat Gatal Agar Mereda)


Paparan Sinar Matahari

(Paparan sinar UV dapat meningkatkan kerutan pada kulitmu. Foto:Dok.Hian Oliveira/unsplash)

Untuk kamuyang sering melakukan kegiatan di luar rumah seperti berjemur dan olahraga, paparan sinar ultraviolet (UV) dapat meningkatkan kerutan pada kulitmu. Tak hanya itu, kulitmu akan menjadi lebih kurang fleksibel dan lemah.


Merokok

(Merokok dapat membuat suplai darah ke kulitmu berkurang. Foto:Dok.Hian Oliveira/unsplash)

Jika kamu sering merokok secara teratur dapat mempercepat penuaan pada kulit kamu karena suplai darah ke kulit akan berkurang. Oleh karena itu, kamu perlu mengurangi rokok. Pastinya jika kamu masih melakukan kegiatan di luar rumah, merokok dan lain sebagainya sehingga dapat membuat kulitmu mengalami kerutan yang bertambah. Maka, kamu perlu menghindarinya.


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty