Hari Musik Nasional 2021: Musisi Indonesia Go Internasional


  • Hari Musik Nasional 2021: Musisi Indonesia Go Internasional
    Deretan musisi Indonesia yang Go Internasional (Foto:Dok.Instagram/Berbagai sumber)


    Ditetapkan pada tahun 2013, Hari Musik Nasional selalu diperingati tepat pada tanggal 9 Maret setiap tahunnya. Terpilihnya hari ini juga selaras dengan ulang tahun WR Soepratman yang tak lain adalah pencipta lagu kebangsaan Republik Indonesia, Indonesia Raya. 

    Peringatan ini diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk mengapresiasi musik tanah air. Melihat banyaknya musisi Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa lewat musik, perayaan ini juga diupayakan agar industri musik dan sejumlah musisinya tetap sejahtera dalam berkarya.



    Apalagi kini musisi Indonesia telah banyak mengenalkan musik Indonesia ke ranah internasional. Siapa aja? berikut deretannya


    (Baca Juga: Sejumlah Musisi Perempuan Yang Karyanya Mendunia)


    1. Weird Genius


    Terdiri dari tiga pria yakni Reza 'Arap' Oktovian, Eka Gustiawan dan Billy Taner, Weird Genius mengenalkan lagu Indonesia dengan aliran musik EDM. Nama mereka semakin dikenal setelah lagu Sweet Scars dan Lathi rilis di tahun 2020. Musisi ini juga berhasil menarik perhatian setiap orang setelah wajah ketiga pria itu terpampang di Times Square New York. 


    2. Rich Brian


    Nama Rich Brian tak lagi asing di ranah musik nasional dan international. Bukan tanpa alasan, hal ini karena dirinya telah bergabung dengan label musik 88rising asal Amerika Serikat. Dirinya juga sempat beberapa kali ditawarkan untuk berkarya bersama rapper dunia seperti, Wu Tang Clang, Pouya, dan lainnya.


    (Baca Juga: Ed Sheeran & Para Musisi Peduli Masa Depan Industri Musik)


    3. Stephanie Poetri


    Darah musik dari sang ibu Titi DJ, telah mengalir pada diri Stephanie Poetri yang telah dikenal sebagai musisi internasional. Setelah merilis lagu bertajuk I Love You 3000 ini namanya semakin melejit dan banyak pencinta musik yang mencoba meng-cover lagunya. Apakah kamu salah satunya?


    4. Agnez Monica


    Siapa yang tak kenal dengan nama Agnez Monica? berkiprah di dunia musik sejak remaja, Agnez Mo kini telah sibuk berkarya di dunia musik internasional. Bahkan ragam musiknya sempat bersanding dengan sejumlah nama musisi lain dan ada pada deretas Forbes Asia's 100 Digital Stars.


    (Baca Juga: A Chat with BCL: 'Membedah Industri Musik')


    5. Niki Zefanya



    Selain Stephanie Poetri, Niki Zefanya juga jadi penyanyi muda asal Indonesia yang bergabung dengan label 88rising. Oleh sebabnya, tak heran jika lagunya dikenal oleh banyak orang di Indonesia hingga negara lainnya. Apa lagu yang paling kamu tau dari Niki Zefanya?


    6. Anggun C. Sasmi 


    Memasuki dunia musik sejak 1994, nama Anggun C. Sasmi telah dikenal sebagai musisi tanah air yang namanya juga didengar hingga mancanegara. Talentanya itu membuatnya mendapatkan sejumlah penghargaan musik, salah satunya adalah "World's Best Selling Indonesian Artist" dari World Music Awards sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia. Tak hanya itu, dirinya juga sempat menjadi juri Asia's Got Talent pada tahun 2015.


    7. Dita Karang


    Jika kamu tergila-gila dengan dunia K-pop, nama Dita Karang tentu tak lagi asing didengar. Karena wanita asal Yogyakarta ini telah tergabung dalam grup musik Korea Selatan yakni Secret Number. Setelah menjalani proses panjang dalam berkarier, dirinya kini telah dikenal banyak orang hingga mendapatkan sejumlah pujian dari pemusik terkenal.


    Itulah sejumlah musisi Indonesia yang Go Internasional. Tentu masih banyak pemusik lainnya yang juga berhasil mengharumkan nama bangsa ke mancanegara. Selamat Hari Musik Nasional 2021, semangat berkarya!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below