Sejumlah Musisi Perempuan Yang Karyanya Mendunia


  • Sejumlah Musisi Perempuan Yang Karyanya Mendunia
    Hari musik nasional selalu diperingati pada 9 Maret, berikut sejumlah musisi perempuan yang go internasional. (Foto: Dok. Instagram)


    Sejumlah musisi perempuan asal Indonesia, kerap buat pendengarnya kagum lewat suara dan lagu-lagunya. Bahkan tak hanya di tanah air, beberapa nama pun telah dikenal hingga di dunia internasional.

    Dari nama-nama yang dikenal adalah Agnez Monica, Anggun Cipta Sasmi, Stephanie Poetri dan lainnya. Lagu-lagu mereka berhasil buat para pendengarnya kagum dan jatuh hati kala musiknya diputar.



    Selain mereka masih ada yang tak kalah mencuri perhatian lewat lagu-lagunya yang hit dan populer. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya: 

    (Baca Juga: Cara Delevingne Resmi Menjadi Penyanyi)


    1. Agnez Monica

    Penyanyi bernama lengkap Agnes Monica Muljoto atau akrab disapa Agnez Mo ini menjadi salah satu penyanyi asal Indonesia yang lagunya banyak dikenal di luar negeri. 

    Telah memasuki dunia musik sedari kecil, lagu-lagunya seperti 'Tak Ada Logika', 'Indah', 'Jera' dan lainnya mulai terkenal saat album pertamanya 'And The Story Goes' berhasil terjual lebih dari 300 keping. Melanjuti keberhasilannya itu, kemudian Agnez mulai meluncurkan album keduanya yang bertajuk 'Whaddup A'..?!' yang berkolaborasi dengan Keith Martin.

    Prestasi yang melejit membuat perempuan berusia 34 tahun ini mendapatkan penghargaan 'Anugerah Musik Indonesia' di tahun 2004. Tak main-main, Agnez Mo langsung mendapatkan tiga penghargaan sekaligus. Kemudian, Agnez Mo juga mendapatkan penghargaan lainnya dan berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi internasional seperti Chris Brown pada lagunya 'Overdose' dan 'Purpose'.


    2. Anggun Cipta Sasmi

    Nama Anggun C Sasmi mulai dikenal sejak single pertamanya yang berjudul 'Mimpi' rilis dan mencuri hati para pendengarnya. Menerusi kesuksesannya itu, ia pun meluncurkan lagu lainnya seperti 'Kembalilah Kasih', 'Takut', 'Laba-Laba', dan lain-lain.

    Telah memiliki hobi menyanyi sejak berusia 7 tahun, perempuan yang saat ini berusia 46 tahun memutuskan untuk pindah dari Tanah Air. Di tahun 1994, Anggun memulai dunia musiknya lebih dalam dibantu oleh Erick Benzi seorang produser asal Prancis.

    Hanya butuh waktu tiga tahun, ibu dari Kirana Cipta Montana ini meluncurkan album internasional pertamanya yang bertajuk 'Snow on The Sahara' di tahun 1997. Bahkan perilisan albumnya itu menembuh 33 negara di dunia.


    3. Stephanie Poetri

    Siapa yang tak pernah mendengarkan lagu 'I Love You 3000'? Lagu yang hits di tanah air hingga di berbagai negara ini dilantunkan oleh perempuan bernaama Stephanie Poetri. 

    Bernama lengkap Stephanie Poetri Dougherty, dia adalah anak dari pasangan Titi DJ dan Andrew Hollis Dougharty. Diusianya yang baru saja menginjak angka 20 tahun, dirinya telah menoreh penghargaan dan prestasi yang patut diapresiasi.

    Salah satunya adalah Mnet Asian Music Awards dalam kategori Best New Asian Artist Indonesia. Bahkan karena gemparnya lagu ini, dia pun diajak bergabung dalam perusahaan rekaman 88 Rising asal Amerika Serikat. 

    Dia pun sempat berkolaborasi oleh Jackson Wang, salah satu personil GOT7. Diberi tajuk 'I Love You 3000 II' duet mereka berhasil menduduki puncak tangga lagu di Tiongkok. 

    (Baca Juga: Stephanie Poetri Raih 'Best New Asian Artist' MAMA 2019)


    4. Nicole Zefanya

    Dikenal dengan sebutan NIKI, perempuan bernama lengkap Nicole Zefanya ini telah menorehkan prestasi dunia musik hingga ke ranah internasional. Dirinya pun menjadi salah satu penyanyi asal Indonesia yang tergabung dalam 88rising.

    Lahir pada 24 Januari 1999, NIKI kerap menggeluti aliran musik R&B yang berbeda dari musisi asal Indonesia lainnya. Dia pun bahkan dijuluki sebagai 'ratu baru R&B lokal'.

    Berbagai musiknya pun dianggap memiliki kualitas internasional oleh sejumlah musisi luar dan dalam negeri. Berbagai judulnya musiknya seperti 'Awali Hari Dengan Cinta', 'Polaroid Boy', 'Vintage' dan 'Lowkey' berhasil mencuri perhatian publik.


    5. Via Vallen


    Via Vallen jadi salah satu musisi perempuan yang karyanya mendunia. Bahkan dirinya pun mengenalkan genre dangdut koplo ke berbagai negara.

    Single-nya yang bertajuk 'Sayang' telah mencuri perhatian pendengar musik. Bahkan lagunya itu diputar di salah satu penginapan yang berada di Turki.

    Selain itu, dirinya pun berhasil menjadi penyanyi untuk menyanyikan theme song Asian Games 2018. Berjudul 'Meraih Bintang' lagu yang dinyanyikannya itu pun dicover dengan bahasa dari berbagai negara seperti, Mandarin, Inggris, India, Korea, Arab, Thailand dan lainnya.  

    Via Vallen pun menjadi salah satu penyanyi yang mendapatkan royalti terbesar dari Performers Right Society of Indonesia (PRISINDO).



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below