Perayaan International Women's Day 2021 #ChooseToChallenge


  • Perayaan International Women's Day 2021 #ChooseToChallenge
    Tema #ChooseToChallenge dalam International Women's Day 2021 dipilih untuk menjawab tantangan dunia saat ini dan yang akan datang. (Foto:Dok.Aline Viana Prado/Pexels)

    Peringatan International Women's Day selalu dilakukan setiap 8 Maret setiap tahunnya. Tahun ini, perayaan International Women's Day mengusung tema Choose to Challenge yang bermakna sebagai seruan kepada semua pihak untuk menantang dan menyerukan tentang bias dan ketidaksetaraan gender, serta merayakan pencapaian wanita.


    (Baca Juga: 5 Fakta Unik Perayaan Hari Perempuan Internasional)




    Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, apa latar belakang perayaan International Women's Day yang harus terus digaungkan dan dirayakan tiap tahunnya. Berdasarkan catatan IWD, sejarah Hari Wanita Sedunia dapat dilacak hingga awal 1900-an, ketika dunia sedang bergejolak dengan industrialisasi.


    Pada waktu itu, dunia tengah dihadapkan dengan ledakan populasi manusia serta kebangkitan ideologi radikal. Gerakan kolektif wanita bermula dari keresahan dan perdebatan kritis yang terjadi di antara wanita, mulai dari penindasan dan ketimpangan yang mereka alami. Sehingga hal ini memacu setiap perempuan untuk lebih berani dan aktif mengampanyekan perubahan.


    Nyatanya, banyak sekali wanita yang merayakan serta menyuarakan hari istimewa ini. Tersorot musisi tanah air, Eva Celia yang turut merayakan Hari Wanita Sedunia dengan mengunggah foto terbaru di akun Instagram pribadinya yang terlihat nyentrik. Dalam unggahannya, ia terlihat menunjukkan sisi wanita yang bisa membangkitkan dunia, serta opini dirinya tentang wanita yang masih terus berjuang untuk kesetaraan dan mimpi-mimpinya dalam caption-nya.


    Seperti yang tertulis, "Ketika wanita secara radikal bersatu untuk memperkuat suara satu sama lain, untuk saling mengangkat, kebesaran mereka berlipat ganda. Wanita tidak bisa dihentikan. Dengan setiap kata yang mereka ucapkan, kekuatan mereka memantul dari dinding dan bergema di kios-kios. Sama seperti gema, wanita itu multi-dimensi, multi-segi. Hari ini kita merayakan banyak, banyak, banyak sisi wanita dan terungkapnya kotak yang ditempatkan masyarakat."



    Bukan hanya Eva Celia, aktris sekaligus aktivitis perempuan, Hannah Al Rashid dikenal selalu memberikan sumbangsihnya untuk perayaan Hari Perempuan Sedunia. Dalam postingan di Instagramnya, Hannah mengungkapkan bahwa dirinya melawan kekerasan seksual dengan mendukung petisi #sahkanRUUPKS, karena korban kekerasan seksual berhak untuk didengar, berhak atas pemulihan, dan berhak mendapatkan keadilan. Terlihat ia menuliskan 'Sahkan RUUPKS' di tangan kirinya sebagai bentuk keberanian untuk tetap menyuarakan kejelasan hukum untuk wanita Indonesia.



    Meski di masa sekarang wanita memiliki kesetaraan yang lebih besar dalam hak-hak legislatif, dan apresiasi terhadap pencapaian mereka di berbagai bidang, akan tetapi masih terdapat sejumlah benang kusut permasalahan wanita yang belum terpecahkan.


    Seperti kasus-kasus kekerasan, pelecehan atau dominasi yang dialami wanita. Tetap saja, wanita tidak boleh lengah dan diharapkan untuk selalu mampu menyuarakan suara-suara mereka. 


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below