8 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan yang Patut Diketahui


  • 8 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan yang Patut Diketahui
    Sejumlah manfaat cengkeh untuk kesehatan yang tak banyak orang tahu (Foto:Dok/Unsplash)


    Cengkeh jadi salah satu rempah yang biasa ditemui pada makanan atau minuman tradisional. Di balik bentuknya yang kecil, ia mampu menambahkan aromatik yang khas agar menambah kelezatan dan menggugah selera.

    Selain itu, ternyata cengkih memiliki banyak manfaat lain yang tak banyak diketahui. Segala kandungan yang di dalamnya dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh hingga mencegah dari penyakit kronis. Oleh sebabnya, berikut Her World Indonesia rangkum sejumlah manfaat cengkeh untuk kesehatan yang patut diketahui.




    (Baca Juga: Cara Membuat 'Infused Water' Agar Minum Air Lebih Segar)


    1. Mengandung nutrisi penting

    Tak banyak yang tahu bahwa cengkih sebetulnya mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin K, serat dan mineral.

    Selain sebagai penambah kelezatan dalam makanan, cengkih juga bisa dikonsumsi sebagai penambah stamina. Kamu bisa menumbuk satu sendok teh cengkih dan mencampurnya ke dalam teh hangatmu setiap pagi.


    2. Tinggi antioksidan

    Meskipun ukurannya sangatlah kecil, tapi cengkih mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga dengan rajin mengonsumsinya, stres oksidatif bisa berkurang sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit kronis.

    Selain antioksidan, cengkih juga memiliki eugenol yang bisa membantu kinerja antioksidan secara maksimal. Bahkan, senyawa ini juga mampu menangkal radikal bebas.


    (Baca Juga: 5 Rempah yang Bermanfaat untuk Kesehatan)


    3. Mencegah penyakit kanker

    Melansir laman Healthline, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa cengkih memiliki kandungan yang bisa melindungi tubuh dari kanker. Bahkan, salah satu diantaranya juga menemukan ekstrak cengkih efektif untuk menghentikan pertumbuhan tumor. 


    4. Melawan bakteri

    Sifat antimikroba yang dimiliki cengkih mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian dari the National Institutes of Health bahwa minyak yang dihasilkan cengkih bisa membunuh ragam bakteri salah satunya adalah E.coli.


    5. Meningkatkan kesehatan hati

    Masih ingat dengan senyawa eugenol tadi? selain membantu menciptakan antioksidan secara alami, ia juga bekerja melindungi hati terutama dalam penumpukan lemak. 


    (Baca Juga: Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP)


    6. Melancarkan peredaran darah

    Manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi cengkih secara rutin adalah peredaran darahmu semakin lancar. Khasiat ini tentunya sangat baik bagi penderita diabetes. 

    Cengkih ditemukan bisa meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke dalam sel tubuh. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan diet seimbang, agar kadar gula darah tetap terkendali.


    7. Menjaga kesehatan tulang

    Kandungan mangan juga ditemui dalam cengkih. Mangan adalah mineral yang terlibat dalam pembentukan tulang dan penting dalam menjaga kesehatannya.


    8. Menyembuhkan maag

    Bagi penderita maag, tentu tau betapa sakitnya saat penyakit ini kambuh. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak cengkih secara rutin. 

    Cengkih berfungsi untuk meningkatkan produksi lendir pada lambung. Sehingga efektif mencegah erosi lapisan lambung yang disebabkan oleh asam pencernaan.


    Itulah sejumlah manfaat cengkeh untuk kesehatan yang patut diketahui. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below