Life & health

Hari Gizi Nasional 2021: Makanan Terbaik Untuk Diet

By : Hafizah Rana Dalilah - 2021-02-28 11:00:00 Hari Gizi Nasional 2021: Makanan Terbaik Untuk Diet


28 Februari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional di Indonesia. Momen ini diingat agar masyarakat bisa lebih peduli pada asupan yang baik ke dalam tubuhnya.

Terutama saat ini bagi mereka yang sedang menjalani diet. Sehingga menjaga nutrisi yang masuk sudah jadi hal yang penting untuk dilakukan. Oleh sebabnya, berikut Her World Indonesia rangkum sejumlah makanan terbaik untuk gizi seimbang saat diet.


(Baca Juga: 5 Buah Kering Sumber Gizi dan Energi)


1. Kacang

Bagi yang sedang diet, kacang merupakan makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi agar gizi tubuh seimbang. Bahkan, sejumlah kacang seperti almond, mede dan lainnya dipercaya bisa membantu mencegah diabetes, jantung hingga kombinasi. 


2. Yogurt

Nutrisi dalam yogurt membantu membangun tulang yang kuat, membantu pencernaan, dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Gerk yogurt juga memiliki lebih sedikit natrium dan lebih sedikit karbohidrat daripada yogurt biasa dan mengemas dua kali lipat protein.


(Baca Juga: Tip Menurunkan Berat Badan dari Ahli Gizi)


3. Ubi 

Dikutip dari WebMD Ubi kaya akan potasium yang bisa menyehatkan jantung dan vitamin A. Kandungan ini lah yang juga bekerja untuk menghilangkan kolesterol, dan menurunkan berat badan karena kalorinya yang rendah. 


4. Jamur

Tanaman ini merupakan sumber vitamin D tertinggi. Sehingga bagi yang sedang diet, makanan yang satu ini cocok untuk dikonsumsi tubuh.

Selain itu, jamur juga mengandung tembaga, kalium yang bekerja untuk detak jantung, fungsi saraf dan produksi sel darah merah. 


5. Nanas

Elisa Zied, RD seorang penulis Nutrition at Fingertips mengatakan kepada WebMD bahwa nanas merupakan salah satu buat yang kaya akan mineral, vitamin B dan enzim. Nutrisi yang ditemui di dalamnya dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, melindungi dari kanker, dan menjaga kebiasaan buang air kecil dengan teratur. 


Itulah sejumlah makanan terbaik untuk gizi seimbang saat diet

Life & health