Ketahui Cara Menyelesaikan Konflik Rumah Tangga Dengan Bijak


  • Ketahui Cara Menyelesaikan Konflik Rumah Tangga Dengan Bijak
    Begini cara menyelesaikan konflik rumah tangga dengan bijak (Foto:Dok.Du preez/Unsplash)


    Hubungan rumah tangga tak mungkin berjalan tanpa adanya masalah di dalamnya. Bahkan, konflik inilah yang membuat pasangan bisa saling memahami dan dekat jika berhasil dilalui. Namun bagaimana jika tidak?

    Meskipun hubungan sudah berjalan lama, konflik yang tidak diselesaikan secara bersama, bisa memicu keretakan di dalamnya. Sehingga, penting untukmu mengetahui cara menyelesaikan konflik rumah tangga dengan bijak. Berikut deretannya. 


    (Baca Juga: Takut Bercerai, Ini 16 Cara Jaga Rumah Tangga Tetap Harmonis)


    1. Bersikap adil

    Saat konflik hadir di dalam rumah tangga, membicarakannya adalah salah satu jalan agar masalah cepat terselesaikan. Bahkan, cara ini bisa memudahkanmu untuk mengungkapkan apa yang tidak kamu setujui dan tidak.

    Namun, satu hal yang tak boleh dilupakan saat mendiskusikannya adalah bersikap adil dengan mengakui kesalahan dan tetap berkompromi. "The Gottman Institute memperingatkan pasangan untuk menghindari empat kunci yang bisa merusak hubungan: kritik, penghinaan, defensif, dan diam-diam," jelas Caralee Frederic seorang terapis dari Gottman Institute kepada Verily.


    2. Minta maaf meskipun bukan kesalahanmu

    Terkadang rasa marah yang besar, akan terasa sulit untuk diredamkan. Oleh sebabnya, komunikasi dengan tujuan memecahkan masalah, justru jadi hal yang menegangkan.

    Salah satu cara yang bisa meruntuhkan emosi itu adalah permintaan maaf. Dengan begitu pasanganmu akan merasa dimengerti, dan kamu akan mudah menjelaskannya saat ia telah memaafkanmu.


    (Baca Juga: Jenis Kekerasan Rumah Tangga Yang Harus Kamu Tahu)


    3. Perhatikan bahasa


    (Perhatikan bahasamu saat menyelesaikan konflik rumah tangga.Foto:Dok/Pexels)


    Pasangan yang sedang memiliki konflik, akan mudah untuk saling menunjuk kesalahan pasangannya. Terutama dalam mengeluarkan kalimat yang membuatnya tersudut atau tersalahkan. 

    Alih-alih menyadarkannya, hal ini justru membuatnya semakin emosional. Bahkan tak jarang cara ini membuat masalah semakin bertambah runyam. 

    Untuk itu, memperhatikan bahasa adalah hal yang penting diperhatikan agar tak menimbulkan masalah yang diinginkan. sebagai contoh, mungkin kamu sering mengatakan bahwa "kamu selalu lupa tanggal pernikahan kita" mulai sekarang ganti dengan "Tanggal pernikahan kita sudah terlewati tanpa perayaan dan ucapan, bagaimana cara kita supaya mengingatnya tahun depan?" 


    4. 'Saya' bukan 'kamu'

    Penelitian Gottman menunjukkan bahwa mengeluh tanpa menyalahkan bisa jadi solusi agar pasangan mengerti apa yang kamu inginkan. Sehingga pasanganmu pun tidak merasa dikritik, tapi diberi peluang untuk mengetahuimu lebih dalam.


    (Baca Juga: Mengenal Kekerasan Dalam Hubungan, Kamu Salah Satunya?)


    5. Bersentuhan

    Bagaimanapun saling bersentuhan akan membuatmu dan pasangan akan memperkuat hubungan. Hal ini pula diungkapkan oleh Frederic kepada Verily bahwa, "Sentuhan fisik adalah alat yang ampuh dalam suatu hubungan," terangnya. "Namun, kamu tetap harus pintar dalam menggunakannya."

    Hormon oksitosi yang dihasilkan oleh kasih sayang fisik, bisa membantu meningkatkan keintiman dalam hubungan. Sehingga emosi yang tinggi akan mudah mereda dan kamu bisa berdiskusi dengan nyaman.


    Itulah sejumlah cara menyelesaikan konflik rumah tangga dengan bijak. Bagaimana pun komunikasi bisa membantu masalah cepat terselesaikan. 

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles