Menimbang Baik dan Buruk Kafein bagi Tubuh


  • Menimbang Baik dan Buruk Kafein bagi Tubuh
    Ada baiknya kamu mulai menimbang baik dan buruk Kafein bagi tubuh (Foto:Dok.Chait Goli/Pexels)


    Seiring dengan maraknya kedai kopi kekinian yang bermunculan, mengonsumsi kopi pun meningkat drastis hingga menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini. Beberapa orang bahkan menjadikan minum kopi sebagai pembuka hari agar stamina tetap terjaga sepanjang hari. Namun, apakah kandungan kafein di dalamnya sudah pasti untuk tubuh? 


    Dampak Positif


    1. Mengurangi stress

    Kafein merupakan bentuk stimulan yang mendorong energi sehari-harinya. Ketika minum kafein, secara langsung akan memompa adrenalin yang meningkatkan kerja jantung serta kewaspadaan. Setelah berhenti mengonsumsi kafein, kamu akan merasa lebih rileks sehingga rasa stress dan rasa cemas dapat berkurang.




    (Baca Juga: Fakta dan Mitos Kopi)


    2. Membangun energi

    Banyak sekali pekerja yang memulai harinya dengan meminum satu cup kopi atau teh. (Foto:Dok.Ono Kosuki/Pexels)


    Selain itu juga manfaat kafein yaitu juga dapat meningkatkan energi dan suasana hati. Faktanya, kafein memengaruhi peminumnya hingga 6 jam setelah diminum. Sehingga kamu bisa fokus dan aktif melakukan rutinitas dan produktivitas seharian.


    3. Melindungi diri terhadap penyakit

    Kafein mungkin lebih membantu mencegah batu empedu dan peradangan, di antara masalah medis lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu mencegah penyakit neurologis tertentu, seperti Parkinson, Alzheimer, Huntington, multiple sclerosis, dan epilepsi.


    (Baca Juga: Kafein Bisa Atasi 5 Masalah Kulit ini, Simak Manfaatnya!)


    Dampak Negatif


    1. Mengganggu tidur

    Terlalu banyak kafein dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Asupan kafein dalam jumlah sedang menyebabkan insomnia pada beberapa orang. Terutama jika diminum mendekati waktu tidur. Kafein dapat menyebabkan insomnia. Hal ini dapat terjadi karena kafein merupakan stimulan yang bekerja dengan menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh. Adenosine adalah senyawa yang membuat kita merasa kantuk. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak atau beberapa jam sebelum jam tidur normal dapat membuat Anda susah tidur.


    2. Penyebab sakit kepala

    Hati-hati, aktivitasmu bisa terganggu karena banyak mengkonsumsi kafein! (Foto:Dok.energepic.com/Pexels)


    Asupan kafein dalam bentuk kopi dan minuman berenergi setiap hari dapat menyebabkan sakit kepala "rebound". Penghentian kafein sekaligus mungkin memperburuknya. Lebih baik kurangi kafein sedikit demi sedikit.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi 7 Keluhan Penyakit di Kantor)


    Itulah beberapa dampak kafein yang perlu kamu cermati. Sebaiknya kamu perlu untuk mulai menimbang baik dan buruk kafein bagi tubuh. Alangkah lebih baiknya, kamu mulai mengurangi secara perlahan dan mengonsumsi kafein dengan cerdas.


    (Penulis : Kandela Cikal)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below