10 Manfaat Minyak Alpukat Untuk Rambut Lebih Sehat Dan Indah


  • 10 Manfaat Minyak Alpukat Untuk Rambut Lebih Sehat Dan Indah
    Manfaat minyak Alpukat untuk rambut ternyata banyak sekali, simak rinciannya di bawah ini! (Foto: Element5 Digital/Pexels.com)

    Minyak Alpukat mungkin bukan merupakan sesuatu yang asing bagi kamu pencinta bahan-bahan alami untuk kecantikan. Namun ternyata, selain menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, manfaat avocado oil untuk rambut juga tak kalah beragam, lho

    Karena pandemi covid-19 yang masih berlangsung, mungkin kamu semakin jarang pergi ke salon untuk merawat rambut. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena minyak Alpukat bisa dijadikan senjata rahasia untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut dari rumah. Yuk, simak berbagai manfaat minyak Alpukat untuk rambut kamu agar senantiasa sehat dan tampak indah.




    1. Minyak Alpukat Mudah Diserap oleh Rambut

    Yup, meskipun memiliki tekstur minyak, ternyata minyak Alpukat ini tergolong yang paling mudah diserap oleh batang rambut dan kulit kepala. Artinya, nutrisi yang ditawarkan juga lebih cepat sampai untuk mengatasi masalah rambutmu.

    Aplikasi minyak Alpukat pun menjadi langkah yang mudah dalam rutinitas perawatan rambutmu karena kamu tak perlu menunggu lama agar nutrisinya terserap dengan baik.


    (Baca Juga: Apakah Coconut Oil Baik Untuk Kulit Wajah Kamu?)


    2. Mengunci Kelembapan di Batang Rambut

    Secara alami, minyak memiliki sifat oklusif karena ia mampu membungkus batang rambutmu dan mengunci kelembapan di dalamnya. Dengan begini, air tidak mudah untuk menguap dan membuat rambutmu menjadi kering.

    Menggunakan minyak Alpukat setelah keramas dan mengombinasikannya dengan produk perawatan andalan kamu bisa dijadikan trik untuk menjaga kelembapan batang rambutmu, apalagi jika kamu memiliki tekstur rambut keriting yang cenderung kering.


    3. Menutrisi Rambut dengan Fatty Acids

    Minyak Alpukat juga memiliki sifat emolien berkat tingginya kandungan asam lemak atau fatty acids di dalamnnya. Fatty acids sendiri menjadikan minyak Alpukat sebagai minyak yang benar-benar bisa menembus lapisan batang rambut dan melembapkannya. 

    Asam lemak di dalam Alpukat juga bisa membantu memperkuat batang rambut dan mencegah kerusakan akibat berbagai faktor.


    4. Menciptakan Tampilan Rambut Indah 

    Meskipun kini telah tersedia berbagai jenis minyak alami untuk rambut, minyak Alpukat masih menjadi salah satu bintangnya. Belum banyak minyak alami yang tidak menyebabkan penumpukan di batang rambut, karena sifat asli minyak biasanya mengeras hingga sulit untuk dibersihkan. Jika terus dibiarkan menumpuk, hal tersebut malah akan menyebabkan kerusakan pada batang rambut.

    Minyak Alpukat cukup ringan dan mampu meresap dengan baik sehingga baik digunakan untuk segala jenis rambut. Hasil yang diberikan beragam mulai dari menambah kilau, meningkatkan elastisitas dan memperkuat batang rambut.


    (Baca Juga: Perbedaan Hair Conditioner Dan Hair Mask Yang Perlu Diingat)


    5. Melindungi Rambut dengan Antioksidan

    Jika kamu adalah seorang beauty enthusiast, mungkin kamu sudah paham mengenai manfaat antioksidan bagi kecantikan. Antioksidan mampu membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas, mengelola stres oksidatif, dan masih banyak lagi. 

    Selain kulit, rambut kamu juga membutuhkan asupan antioksidan agar perlindungannya kian maksimal. Sumber antioksidan yang baik salah satunya adalah vitamin E, yang banyak ditemukan di dalam Alpukat.


    6. Mengatasi Peradangan Kulit Kepala dan Ketombe

    Layaknya bagian kulit lain, kulit kepala juga bisa mengalami peradangan. Hal tersebut bisa saja dipicu oleh penumpukan produk perawatan atau penataan, stres, ketombe, bahkan penataan rambut yang terlalu kencang atau ketat. Saat kulit kepala meradang, rambut kamu bisa mengalami kerontokan yang cukup parah.

    Nutrisi alami dari minyak Alpukat bisa membantu meredakan peradangan di kulit kepala bahkan mengurangi ketombe di beberapa kasus ketombe ringan. Antioksidan dan asam linoleat yang tinggi membantu membentuk lapisan pelindung kulit yang lebih baik, menghidrasi kulit kepala, dan menjaga keseimbangannya.


    7. Meningkatkan Produksi Kolagen di Kulit Kepala

    Tampilan rambut sehat dan indah tentunya didukung oleh kulit kepala yang sehat. Salah satu jalan untuk menjaga kesehatan kulit kepala adalah membantu mendorong produksi kolagen di area tersebut, yang nantinya bisa meningkatkan perlindungan kulit di area yang sama.

    Minyak Alpukat dipercaya dapat membantu produksi kolagen saat digunakan secara topikal. Meski hal ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut, telah ditemukan beberapa fakta bahwa minyak Alpukat dapat merangsang peningkatan produksi kolagen sekaligus menghambat enzim lisil oksidase yang memecah kolagen.


    8. Bagus Digunakan untuk Pijatan Stimulasi di Kulit Kepala

    Ritual memijat kulit kepala bukan hanya menciptakan efek relaksasi, namun juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan rambut, kulit kepala, dan suasana hati kamu. Pijatan di area kulit kepala membantu menstimulasi aliran darah dan melancarkan sirkulasi yang membawa banyak nutrisi. Melakukan pijatan kulit kepala secara rutin dipercaya mampu mendorong pertumbuhan rambut.

    Karena minyak Alpukat cepat menyerap dan tidak menyebabkan penumpukan, maka ia menjadi pasangan ideal untuk memijat kulit kepala. 


    (Baca Juga: Jangan Remehkan 4 hal yang menyebabkan Rambut Rontok)


    9. Melindungi Rambut dari Polusi 

    Polusi mungkin menjadi salah satu faktor eksternal penyebab kerusakan rambut yang sulit dihindari. Bagaimana tidak? Aktivitas sehari-hari di perkotaan tentu membuat rambut kamu rentan terpapar oleh polusi yang semakin merebak di mana-mana.

    Namun kamu tidak perlu khawatir. Minyak Alpukat dengan kandungan antioksidan yang tinggi mampu melindungi rambut dan kulit kepala kamu dari efek negatif polusi tersebut ketika digunakan secara teratur. 


    10. Mengatasi Rambut Kaku dan Susah Diatur

    Saat menata rambut, apakah kamu sering kesulitan karena tekstur rambut terasa kaku dan sulit diatur? Minyak Alpukat bisa menjadi solusi untuk permasalahan satu ini karena sifatnya yang mudah diserap dan tidak menyebabkan penumpukan di kulit kepala atau rambut. 

    Sebelum menata rambut menggunakan alat panas atau sisir sekalipun, kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan minyak Alpukat terlebih dahulu. Langkah ini bisa membuat rambut terasa lebih lembut dan lebih mudah diatur serta menciptakan lapisan perlindungan sebelum memulai aktivitas.



    Banyak sekali manfaat minyak Alpukat untuk rambut yang mampu menjaga kesehatan dan keindahannya. Tunggu apa lagi, segera masukkan minyak Alpukat ke dalam rutinitas perawatan rambut kamu untuk mendapatkan manfaatnya sehingga menjadikan rambutmu semakin sehat, indah, dan berkilau!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below