Jangan remehkan 4 hal yang menyebabkan Rambut Rontok



  • Rambut kamu rontok? Kondisi ini secara perlahan dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, dikarenakan lepasnya rambut secara berlebihan. Menurut studi, normalnya rambut seseorang akan lepas atau rontok sekitar 50-100 helai setiap harinya.

    Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu, hingga berakibat pada rambut rontok. Berikut 4 hal yang menyebabkan rambut indahmu rontok.



    1. Kekurangan gizi, seperti protein dan zat besi

    Asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Bukan hanya itu, kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan sehingga tubuh menjadi lemah, dan kulit menjadi pucat. Kamu juga mungkin akan mengalami sakit kepala berulang, sulit untuk konsentrasi, termasuk juga mengalami kerontokan rambut.

    2. Rambut yang rusak oleh produk/pemanas

    Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut menjadi penyebab rambut rusak, lalu rontok.

    Tanpa disadari, pemilihan shampo yang kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab kulit kepala yang tidak sehat dan memicu kerontokan rambut. Oleh karena itu, penting untuk memilih shampo dengan formula tepat yang tidak hanya menutrisi rambut, tetapi juga menutrisi kulit kepala secara menyeluruh.


    (baca juga : Rambut Rontok Parah? Rawat dengan 5 Rekomendasi Serum Ini)


    3. Stres

    Penyebab rambut rontok yang harus diwaspadai yang pertama adalah stres. Dalam medis, masalah seperti ini dikenal dengan istilah telogen effluvium. Seorang wanita yang mengalami telogen effluvium umumnya menyadari kerontokan rambut sekitar enam minggu hingga tiga bulan setelah pengalaman stres berat.

    4. Merawat rambut secara berlebih

    Karena memiliki rambut rontok, biasanya remaja mencegahnya dengan melakukan berbagai perawatan rambut rontok. Namun perawatan rambut yang berlebihan juga justru dapat menyebabkan kerontokan rambut. Seperti menyisir rambut terlalu kuat, keramas terlalu sering, yang dikombinasikan dengan penggunaan kondisioner ekstra kuat.

    Rambut rontok memang bisa ditangani dengan penanganan medis, namun kamu juga bisa mencoba berbagai cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan di rumah.

    (baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok)


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below