Apakah Coconut Oil Baik Untuk Kulit Wajah Kamu?


  • Apakah Coconut Oil Baik Untuk Kulit Wajah Kamu?
    Apakah Coconut Oil Baik untuk Kulit Wajah Kamu? (Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Minyak kelapa (coconut oil) menawarkan segala macam manfaat untuk kulit. Beberapa tahun yang lalu, minyak kelapa adalah salah satu bahan kecantikan yang dianggap sebagai bahan ajaib untuk kulit dan rambut. Bahkan, tidak sedikit dari selebriti atau model yang menyebutkan coconut oil sebagai rahasia kecantikan terbaik mereka. Namun, apakah benar coconut oil baik untuk kulit? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel di bawah ini ya, girls!


    (Baca Juga: 8 Produk Non-Foundation Yang Nyaman Dipakai Di Balik Masker)




    Manfaat minyak kelapa untuk kulit

    Menurut Heather Wilson, seorang ahli kecantikan berlisensi, minyak kelapa kaya akan asam lemak dan asam laurat, yang bermanfaat untuk semua jenis kulit yang mengalami iritasi, sensitivitas, dan berjerawat. Lebih lanjut, menurut Susan Bard, seorang dokter kulit berbasis di NYC menambahkan bahwa asam laurat memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan anti fungal.

    Plus, kandungan lemak tinggi dalam minyak kelapa dapat membantu mempercepat penyembuhan. Selain itu, minyak kelapa ini memiliki sifat antioksidan, yang berarti dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dari sinar UV dan polusi. 

    Minyak kelapa dinilai sebagai penghapus makeup paling efektif, karena dapat memecah formula, bahkan formula waterproof sekalipun. Coconut oil merupakan emolien yang kaya akan trigliserida (asam lemak), sehingga jenis kulit kering yang tidak rentan terhadap pori-pori tersumbat bisa mendapatkan manfaat maksimal dari minyak kelapa.


    (Baca Juga: Jangan Remehkan 4 Hal Yang Menyebabkan Rambut Rontok Ini)


    Potensi negatif mengaplikasikan coconut oil pada kulit

    Minyak kelapa dianggap komedogenik (diberi peringkat 4 pada skala 5), artinya dapat menyumbat pori-pori. Namun, bukan berarti bahwa pemilik kulit berjerawat harus menghindari kandungan ini. Hal ini karena, minyak kelapa diperkaya dengan asam laurat yang diketahui bermanfaat untuk mengobati jerawat. 

    Menggunakan minyak kelapa murni pada wajah lebih berisiko menyumbat pori-pori, karena kandungan asam lemak yang tinggi. Tetapi, menggunakan produk kecantikan yang diformulasikan dengan minyak kelapa, mungkin lebih baik untuk menghindari reaksi negatif.

    Misalnya, cleansing oil yang mengandung minyak kelapa kemungkinan juga akan mengandung pengemulsi untuk memastikan semua sisa makeup dan sunscreen terangkat secara maksimal. Dan hanya karena suatu bahan bersifat comedogenic, tidak berarti produk tersebut dapat menyumbat pori-pori.

    Pada dasarnya tidak ada kandungan yang sepenuhnya dapat digunakan oleh semua jenis kulit, karena beberapa jenis kulit mungkin cocok menggunakan suatu kandungan, tetapi beberapa jenis kulit lainnya mungkin akan menunjukan efek negatif, itu semua tergantung pada kulit kamu masing-masing. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below