Lakukan Hal Ini Saat Ingin Berselingkuh Dari Pasangan


  • Lakukan Hal Ini Saat Ingin Berselingkuh Dari Pasangan
    Ada beberapa hal yang harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk berselingkuh dari pasangan (Foto:Dok/Freepik)


    Bukan lagi rahasia jika saat menjalin hubungan berbagai masalah kerap muncul dan sulit diselesaikan. Bahkan beberapanya justru jadi doronganmu dan pasangan untuk berselingkuh. Namun, yakinkah kamu ini adalah solusi terbaik untuk menyelesaikannya?

    Meskipun ini adalah hal yang wajar, tapi ada baiknya untuk menenangkan diri sejenak sebelum memutuskan mencobanya atau tidak. Selain itu, cobalah lakukan hal ini saat Ingin  berselingkuh dari pasanganmu.


    (Baca Juga: Apakah Pria Selingkuh Bisa Berubah, Kenali Karakternya)


    1. Bertanya pada diri sendiri

    Hal pertama saat kamu berpikir untuk selingkuh adalah tenang dan coba tanyakan beberapa hal kepada dirimu lebih dulu. Menurut Kelley Kitley, seorang pakar hubungan mengatakan kepada Bustle bahwa "selingkuh biasanya bersifat impulsif dan orang-orang sering terjebak di sini."

    Oleh sebabnya, mengenali motif utama keinginanmu untuk berselingkuh patut dilakukan sebelum memulainya. Apakah kamu yakin ini jalan yang benar?


    2. Cari akar masalahnya

    Sebelum kamu mencoba memulai perselingkuhan, coba pahami apa dorongan yang membuatmu ingin mencobanya. Renungkan bagian-bagian dari hubunganmu, mulai dari yang menyenangkan hingga menyedihkan.

    "Banyak orang berselingkuh dalam suatu hubungan karena ketidakpuasan seksual, konflik dalam hubungan, harga diri rendah, penyalahgunaan zat, kecanduan, [atau] berpikir bahwa hubungan itu telah berakhir," kata Kitley.

    Jika kamu sudah menemukan akar permasalahannya ada banyak cara untuk menyelamatkannya. Apakah selingkuh jadi salah satu solusi yang tepat untuk memperbaiki hubunganmu?


    (Baca Juga: Tips Move On Dari Mantan Yang Selingkuh Dan Menyakitimu)


    3. Jujur pada diri sendiri

    Jujur pada diri sendiri akan terasa lebih mudah saat diucapkan daripada melakukannya. Setuju?

    Meskipun kamu menyetujuinya, memahami keinginan diri sendiri jadi salah satu kunci agar hubunganmu berjalan dengan lancar. Walaupun rintangan itu ada, berbagai masalah tentu bisa diselesaikan dengan kejujuran tanpa adanya paksaan antara kamu dan pasangan.

    "Nilailah apakah gagasanmu tentang perselingkuhan ada hubungannya dengan keinginan untuk keluar dari hubungan yang buruk," kata psikolog dan penulis Dr. Susan Bartell. "Jika memang demikian, lebih baik mengakhiri hubungan dan kemudian mencari yang baru. Jadi jujurlah dengan dirimu sendiri!"


    4. Tuliskan konsekuensinya

    Terkadang, masalah yang pelik di dalam hubungan membuatmu dan pasangan jadi kehilangan arah untuk menyelesaikannya. Namun bukan berarti ini berselingkuh jadi jalan yang tepat untuk mengakhiri semua permasalahan yang ada.

    Tulislah segala konsekuensi dari perselingkuhan baik pro dan kontra. Langkah ini bisa membantumu mengatur perasaan, "Jika seseorang secara aktif berpikir tentang perselingkuhan, mereka perlu menuliskan konsekuensi dari apa yang akan terjadi jika pasangannya mengetahui, dan [juga] manfaatnya," kata Kitley.


    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    5. Bicarakan dengan pasanganmu

    Yang tersulit dari semua hal yang patut dilakukan saat kamu berpikir untuk selingkuh adalah mengungkapkannya pada pasanganmu. Meskipun terdengar menyakitkan, namun cara ini bisa jadi tanda untuknya bahwa hubunganmu dan dia sedang tidak baik-baik saja.

    "Ini bisa jadi kesempatan besar bagi kamu untuk mengembalikan hubungan ke jalur yang benar," kata Shane Birkel, seorang terapis pernikahan dan keluarga kepada Bustle. "Meskipun tidak perlu memberi tahu pasanganmu semua pikiran terdalam dan tergelapmu, tetapi penting untuk mengungkapkan apa yang kamu inginkan atau butuhkan dalam hubungan jika kamu mengharapkan hubungan jadi lebih baik."

    "Jika tidak, maka, selesaikanlah hubunganmu sebelum memulai hubungan dengan orang lain," pungkasnya.


    Itulah sejumlah hal yang harus dilakukan saat ingin berselingkuh. Meskipun sulit, namun mencoba menyelamatkannya terlebih dahulu akan jauh lebih baik dari pada berselingkuh.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles