Tips Move On Dari Mantan Yang Selingkuh Dan Menyakitimu


  • Tips Move On Dari Mantan Yang Selingkuh Dan Menyakitimu
    Inilah tips move on dari mantan yang selingkuh dan menyakitimu (Foto:Dok.Anthony/Unsplash)


    Perselingkuhan kerap jadi masalah dalam hubungan yang tak ingin dirasakan oleh semua orang. Selain menyakiti, hal ini tentunya bisa merusak kepercayaan. Alhasil hubungan yang telah dibangun pun tak akan berjalan baik dan harus berakhir.

    Walaupun telah selesai, perasaan sakit karena mantan yang selingkuh kerap membekas dan sulit dilupakan. Lalu apa yang harus dilakukan?

    Ada beberapa tips move on dari mantan yang selingkuh. Salah satunya adalah dengan memaafkan diri sendiri, selain itu apa lagi? dirangkum dari berbagai sumber berikut tips move on dari mantan yang selingkuh dan menyakitimu


    (Baca Juga: Alasan Kenapa Pria Selingkuh Dan Tanda-tandanya)


    1. Terima rasa sakit

    "Satu-satunya cara untuk 'mengatasi' perpisahan atau pengkhianatan, seperti penderitaan lain yang kita alami dalam hidup adalah dengan melaluinya dan itu berarti membiarkan diri kita merasakan dan mengekspresikan rasa sakit," kata Hilda Burke seorang psikoterapis dan konselor pasangan.

    Oleh karenanya, menerima rasa sakit bisa jadi salah satu cara agar diri cepat move on. Lakukanlah secara perlahan, namun pasti.


    2. Putuskan hubungan

    Cara lain yang bisa dilakukan agar cepat move on dari mantan yang selingkuh adalah dengan stop untuk berkomunikasi dengannya. Hal ini kerap jadi langkah yang bisa berhasil bagi beberapa orang.

    Melansir laman Psychology Today, Jennice Villhauer seorang psikolog menyarankan untuk lakukanlah ini untuk sementara waktu sampai semua rasa sakit yang dimiliki telah sembuh. Karena di waktu sakit hati, teman terbaik adalah diri sendiri.


    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    3. Stop salahkan diri sendiri

    Terkadang saat mengalami putus cinta, diri kerap menyalahkan diri sendiri dan merasa bahwa kitalah yang membuat hubungan berakhir. Padahal hal ini belum tentu disebabkan oleh apa yang kita pikirkan.

    Menyalahkan diri sendiri hanya membuatmu menjadi pribadi yang tidak produktif. Dan hal inilah yang menyebabkan kamu selalu berada di lingkaran yang sama dan sulit move on.

    Oleh sebabnya memaafkan diri sendiri merupakan salah satu tips move on dari mantan yang selingkuh. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah memahami bahwa hubungan tak akan selalu diakhiri oleh kebahagiaan. Bahkan rasa sakit yang kamu miliki justru bisa membuatmu lebih dewasa menghadapi rintangan lainnya.


    4. Buat perubahan

    Cobalah untuk membuat suatu perubahan pada dirimu sendiri. Buatlah daftar hal apa yang belum pernah kamu lakukan saat kamu memiliki pasangan. 

    Cara ini juga bisa membantumu untuk mengubah perasaanmu menjadi lebih bahagia. "Mereka tidak bisa hanya mengatakan mereka telah berubah, tetapi harus dipantulkan melalui tindakan mereka," jelas Dr. Saniyyah Mayo, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi kepada Bustle.


    5. Beri waktu 

    Bagaimanapun move on dari orang yang kita cintai pastinya butuh waktu. Beberapa orang mungkin akan melakukannya dengan cepat, tapi ada pula yang tidak. Oleh sebabnya, kamu perlu menyadari bahwa tidak perlu terburu-buru untuk melupakannya. Nikmati segalanya, maka kamu akan lebih mudah merelakan.


    (Baca Juga: Begini Ciri Wanita Yang Selingkuh)


    6. Sayangi dirimu

    Dan patut kamu sadari bahwa mempertahanakn hubungan yang tidak berjalan dengan baik, hanya membuat dirimu merasa sedih berkepanjangan. Oleh sebabnya kamu perlu menyadari bahwa dirimu berhak berada di dalam hubungan yang penuh kasih besama orang yang benar-benar mencintaimu.


    7. Kunjungi terapis

    Jika kamu rasa move on dari mantan yang selingkuh merupakan hal yang sulit dilakukan, kamu bisa berkonsultasi kepada orang yang profesional mengenai hal ini. Kunjungilah psikolog atau psikater untuk membantumu healing. 

    "Ketika perselingkuhan telah terjadi, lebih baik ada seseorang di sana untuk membantu memandu diskusi, memahami dan membantu penyembuhan, tutup Mayo.


    Itulah tips move on dari mantan yang selingkuh dan menyakitimu. Siap melakukannya?