Hari Kanker Sedunia 2021: 6 Jenis Kanker Terlangka di Dunia


  • Hari Kanker Sedunia 2021: 6 Jenis Kanker Terlangka di Dunia
    Terdapat 6 jenis kanker terlangka di dunia (Foto:Dok/Freepik)


    Tepat pada tanggal 4 Februari, berbagai negara tengah memperingati Hari Kanker Sedunia. Dengan adanya peringatan ini diharapkan sejumlah penderita bisa mendapatkan penanganan medis yang sesuai dan cepat.

    World Health Organization (WHO) menjelaskan bahwa kanker merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kondisi abnormal inilah yang membuat berbagai sel di dalam tubuh menjadi rusah dan menyerang yang lainnya.



    Penyakit yang satu ini juga memiliki jenis yang beragam. Diantaranya yang kerap menyerang tubuh manusia adalah kanker serviks, kanker payudara, kanker darah, kanker hati dan kanker paru-paru. Namun, ada pula beberapa jenis kanker yang termasuk dalam kategori kanker terlangka di dunia. Apa saja? dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya.


    (Baca Juga: Mengenali Gejala Dan Penyebab Kanker Serviks)


    1. Kanker tulang rawan

    Dari beragam jenis kanker, kanker tulang rawan atau Mesenchymal Chondrosarcoma merupakan jenis penyakit langka atau jarang menyerang tubuh manusia. Bahkan dalam sebuah studi, angka kasus ini kurang dari 1.000 kasus.

    Kanker yang satu ini menyerang beberapa tulang diantaranya adalah rahang, tulang rusuk dan tulang belakang. Sifatnya yang agresif, membuatnya cepat menjalan ke seluruh organ lain. Mengutip studi European Journal of Cancer, cara mengatasinya bisa dengan kemoterapi dan mengangkat tumor pada organ yang terserang


    2. Chordoma

    Selain itu, ada pula Chordoma yang jadi salah satu jenis kanker terlangka di dunia. Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, jenis kanker ini bisa menyerang tulang belakang dan tengkorak. 

    Meskipun tidak diketahui penyebab kanker ini, namun kanker ini menimbul gejala mulai dari kesemutan di tangan dan kaki, sakit kepala hingga nyeri pada bagian leher. Tak jarang juga pencernaan mengalami penurunan fungsi hingga mata yang sulit melihat dengan fokus.


    (Baca Juga: Selain Cegah Kanker, Berikut 11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan)


    3. Kanker kaki

    Dalam sebuah studi, Bryan Markinson seorang kepala pengobatan Podiatric di Mount Sinai School of Medicine di New York City menjelaskan bahwa kanker kaki merupakan salah satu jenis kanker yang jarang diketahui. Namun, ada beberapa tanda yang bisa diketahui diantaranya adalah rasa nyeri pada kaki, adanya tahi lalat yang membesar dan abnormal.


    4. Kanker kelenjar ludah

    Kanker kelenjar ludah memiliki perbandingan 1:100.000 di dunia. Namun jenis kanker yang satu ini lebih mudah menyerah pria dibandingkan wanita. 

    Penyakit ini juga menimbulkan beberapa gejala diantaranya adalah timbulnya benjolan di area wajah seperti pipi, rahang dan mulut. Bahkan, gejala lain adalah mati rasa di area wajah,


    (Baca Juga: Kenali 13 Jenis Kanker dengan Tes Darah Sejak Dini)


    5. Kanker vagina

    Pernah mendengar kanker vagina? meskipun kasusnya sedikit, namun 80 persen kasus ini tumbuh secara perlahan yang berawal dari leher rahim. Biasanya jenis kanker yang satu ini mudah menyerang mereka yang telah memasuki fase menopause. 

    Kanker ini bisa timbul akibat terjadinya perubahan pada sel-sel vagina, terutama pada karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma dan sel sekretorik. 


    6. Kanker kulit

    Meskipun sering mendengarnya, namun kanker kulit juga termasuk dalam jenis kanker terlangka di dunia. Kanker ini bisa menyerang jaringan kulit yang mengakibatkan timbulnya tahi lalat abnormal, bercak hingga benjolan pada kulit. Salah satu penyebab kanker ini terjadi adalah kulit yang terpapar oleh sinar matahari atau UV yang membuatnya rusak.


    Itulah deretan kanker terlangka di dunia yang patut diketahui. Jaga selalu kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit berbahaya.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below