Kenali 6 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil


  • Kenali 6 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil
    Manfaat buah naga untuk ibu hamil. (Foto: Dok. Any Lane/Pexels)

    Jika kamu pergi ke negara asalnya, Meksiko, namanya dikenal dengan pitaya. Namun, mungkin karena kulitnya yang bersisik mirip seperti naga, kamu akan menemukan jenis buah satu ini di toko buah dengan nama buah naga. Tumbuh subur di kawasan tropis dan subtropis, buah naga tak hanya dikenal karena tampilannya yang unik, tetapi juga kekayaan khasiat yang tersimpan di dalamnya.


    Bagi para calon ibu yang tengah hamil, buah naga memiliki daya tarik tersendiri sehingga mereka menjadikan buah tersebut salah satu menu craving mereka. Rupanya, buah naga sendiri menyimpan manfaat yang baik untuk para ibu hamil. Kira-kira apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil? Simak daftar di bawah ini ya!




    (Baca Juga: 6 Manfaat Baik Mengonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil)


    1. Memberi energi


    Buah naga menyimpan kadar karbohidrat baik yang tinggi. Kandungan karbohidrat ini memberikan energi yang cukup bagimu untuk jalani kegiatan sehari-hari, apalagi untuk ibu hamil yang menjalani kegiatan bagi dua orang dalam satu tubuh sehingga energi ekstra pun tentu dibutuhkan.


    2. Menjaga kesehatan sel


    Janin membutuhkan asupan vitamin C yang banyak untuk melindungi dan menjaga kesehatan selnya sehingga vitamin satu ini menjadi hal yang penting untuk perkembangan janin. Buah naga bisa menjadi salah satu penyuplai vitamin C yang mudah kamu temukan, cukup datang ke toko buah dan membelinya.


    Konsumsi buah naga secukupnya untuk menjaga kadar vitamin C, tetapi pastikan kamu tak mengonsumsinya berlebihan karena vitamin C yang berlebih selama kehamilan bisa tingkatkan risiko kelahiran prematur.


    manfaat buah naga untuk ibu hamil

    (Buah naga membantu perkembangan janin. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)


    3. Menjaga perkembangan janin tetap optimal


    Selain vitamin C, asam folat atau vitamin B12 juga penting bagi ibu hamil. Para wanita yang sedang mengandung disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 selama masa kehamilan untuk menjaga perkembangan saraf dan sel janin tetap maksimal. Jika, selama mengandung kamu ingin menjaga kadar asam folat terjaga, buah naga juga bisa jadi alternatif untuk menjaga kandungan asam folat atau vitamin B12 selama hamil.


    (Baca Juga: Ini Dia 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil)


    4. Mencegah sembelit


    Salah satu masalah yang kerap dialami ibu hamil adalah sembelit. Nah, untuk mencegah terjadi selembit sekaligus mengeluarkan racun-racun dari tubuh, para ibu hamil perlu mengonsumsi 25 hingga 30 gram serat per harinya. Setiap 100 gram, buah naga mengandung serat sebanyak 3 gram sehingga bisa membantumu kembalikan perut yang sembelit selama masa kehamilan.


    manfaat buah naga untuk ibu hamil

    (Buah naga bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    5. Mencegah preeklamsia


    Preeklamsia menjadi salah satu gangguan di masa kehamilan yang banyak ditakuti. Biasanya muncul di usia kandungan lebih dari 20 minggu, preeklamsia ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi organ-organ lain seperti ginjal dan hati.


    Dampak preeklamsia yang bisa fatal bagi ibu maupun janin, bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, penting untuk dicegah dan buah naga bisa jadi salah satu cara mencegahnya. Konsumsi buah naga membantu ibu hamil menjaga tekanan darah sehingga meminimalisir kemungkinan komplikasi kehamilan akibat hipertensi.


    6. Menjaga kesehatan tulang


    Buah naga juga menyimpan kalsium, yang berarti membantu para ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang. Mulai dari mengandung janin selama 9 bulan hingga melahirkan, kesehatan tulang pun juga penting dijaga oleh para ibu hamil. Jika kamu butuh kalsium tetapi tidak bisa minum atau mengonsumsi makanan berbahan dasar susu, buah naga bisa jadi alternatif untuk beri asupan kalsium bagi tubuhmu selama masa kehamilan.


    (Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Hamil Yang Harus Dipahami Ibu Muda)


    Inilah manfaat buah naga yang baik untuk ibu hamil. Bisa jadi, buah satu ini adalah yang kamu butuhkan agar kehamilanmu tetap sehat.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below