6 Ciri-Ciri Hamil Yang Harus Dipahami Ibu Muda


  • 6 Ciri-Ciri Hamil Yang Harus Dipahami Ibu Muda
    6 Ciri-Ciri Hamil Yang Harus Dipahami Ibu Muda. (Foto: Dok. Freestocks.org/Pexels)

    Kehamilan merupakan hal paling ditunggu oleh setiap pasangan suami istri. Kamu harus tahu apa saja ciri-ciri hamil agar bisa lebih waspada dan menjaga diri. Khususnya jika kamu seorang calon ibu muda yang masih baru pertama mengalaminya, ada banyak larangan dan hal-hal yang tidak boleh dianggap remeh.


    Kebanyakan calon ibu hamil menganggap bahwa telat menstruasi sebagai pertanda bahwa mereka mengalami kehamilan. Namun, nyatanya itu tidak bisa dijadikan sebagai patokan yang pasti. Sebab sebagian besar wanita ada yang mengalami siklus menstruasi yang cenderung berantakan.




    (Baca juga: Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil)


    Ada beberapa tanda atau ciri lainnya yang bisa dijadikan sebagai patokan apakah kamu benar-benar hamil atau tidak. Berikut ini penjelasannya!

    1. Kepekaan Indera Penciuman Yang Meningkatkan Drastis

    Ini artinya kamu jadi lebih sensitif terhadap bau apapun selama masa kehamilan. Beberapa ibu hamil merasa buruk suasana hatinya, mual, pusing dan muntah setelah mencium bau tertentu. Ini menjadi cukup aneh karena sebelumnya mereka tidak pernah merasa terganggu.


    Hal ini dapat berdampak pada selera makannya. Bisa jadi bau tersebut membuat selera makannya hilang. Awalnya menyukai makanan tertentu karena aromanya yang enak, kini malah tidak suka karena indera penciuman yang begitu sensitif dan menganggap bahwa baunya kurang enak. Berada di situasi ini kadang menyiksa sekali bagi para ibu hamil.


    2. Mual, Muntah Dan Pusing

    Ciri-ciri hamil

    (Mual dan pusing merupakan salah satu gejala yang dialami ibu hamil. Foto: Dok. Jcomp/Freepik)

    Gejala ini juga sering dialami oleh kebanyakan ibu hamil, meski sebagian besar tidak mengalami hal tersebut. Biasanya ibu hamil akan merasa mual saat pagi hari, atau istilahnya morning sickness yang kerap terjadi di awal kehamilan.

    Mual tidak selalu disertai dengan muntah, dan kadang mereka akan merasa pusing sampai terasa lemas pada beberapa kasus. Keluhan semacam ini memang kerap terjadi pada awal kehamilan, kurang lebih di trimester pertama. Namun, tak jarang ada yang mengalaminya justru di trimester kedua atau ketiga.


    3. Nafsu Makan Yang Berubah

    Kemudian ciri-ciri hamil yang selanjutnya ialah bisa dilihat dari perubahan nafsu makan. Di mana sebagian ibu hamil merasa kehilangan selera makan mereka di minggu-minggu awal kehamilan. Bisa jadi penyebabnya karena morning sickness yang cukup parah.


    Namun tak jarang ada juga yang nafsu makannya malah meningkat. Hal ini sangat wajar, karena janin di dalam perut butuh nutrisi untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu banyak ibu yang merasa lapar terus-menerus atau memiliki keinginan untuk terus mengunyah.


    Tidak ada masalah dengan hal tersebut, tapi sebaiknya ibu hamil memperhatikan apa saja yang mereka makan agar tidak berlebihan. Sebab beberapa makanan menjadi pantangan saat hamil, khususnya di usia yang masih muda.


    (Baca juga: Manfaat Bercinta Bagi Ibu Hamil)


    4. Perubahan Suasana Hati

    Sering disebut juga dengan kata mood swing, tanda ini juga umum dialami oleh ibu hamil. Terutama bagi ibu muda yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Bukan hanya indera penciuman saja yang semakin sensitif, tapi suasana hati mereka pun demikian.


    Dari yang awalnya ceria dan baik-baik saja bisa langsung berubah menjadi sedih dan menangis hanya karena hal sepele. Itulah kenapa baik pasangan maupun lingkungan sekitar harus menjaga agar ibu hamil tetap bahagia. Agar mereka tidak stres dan berpengaruh terhadap si janin itu sendiri.


    5. Perubahan Pada Bagian Payudara

    Ini juga hal yang umum terjadi, di mana payudara wanita hamil akan terasa kencang, bahkan tak jarang terasa nyeri dan kurang nyaman. Pada sekitar aerola atau bagian sekitar puting akan terlihat lebih merah cenderung hitam. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon dari progesteron dan juga estrogen.


    Nantinya juga akan terdapat garis urat yang terlihat di sekitar payudara, karena memang semuanya sudah dipersiapkan supaya ibu bisa menyusui si kecil dengan baik. Untuk bisa menghasilkan ASI, ibu harus senantiasa melakukan sejumlah treatment terhadap payudara, supaya saat si kecil lahir ibu tak kesulitan lagi menyusuinya.


    6. Kram Perut

    Ciri-ciri hamil

    (Merasakan kram perut menjadi gejala di awal kehamilan. Foto: Dok. Polina Zimmerman/Pexels)

    Gejala ini juga biasa terjadi, khususnya di awal kehamilan. Kadang kram perut bisa dibarengi juga dengan munculnya flek. Perbedaan kram perut karena haid dan hamil bisa terlihat dari intensitas rasa sakitnya. Biasanya kram saat hamil hanya seperti dicubit dan tidak begitu sakit, beda halnya dengan kram saat menstruasi yang kadang membuat seseorang tidak bisa melakukan apa-apa.


    Kamu juga harus menjaga diri agar tidak mengalami kram perut di masa awal kehamilan. Karena kram juga bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar. Usahakan untuk tidak stres dan konsultasikan segalanya kepada dokter untuk mengetahui apa yang terjadi pada tubuhmu di masa kehamilan.


    (Baca juga: Ini Dia 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil)


    Ciri-ciri hamil sebenarnya masih banyak lagi baik yang umum dan tidak umum terjadi. Namun, apapun itu akan lebih baik jika kamu segera memeriksakannya ke dokter agar tahu dengan jelas apakah benar hamil atau tidak.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below