5 Cara Agar Tidak Insecure Dan Bisa Membuatmu Lebih Optimis!


  • 5 Cara Agar Tidak Insecure Dan Bisa Membuatmu Lebih Optimis!
    5 Cara Agar Tidak Insecure Dan Bisa Membuatmu Lebih Optimis! (Foto: Dok. Franckreporter/iStock)

    Insecure sebenarnya adalah sesuatu yang wajar. Tapi yang tidak wajar adalah ketika kamu malah mengembang perasaan tersebut sehingga menghancurkan diri sendiri. Ada berbagai macam hal yang membuat kita insecure, mulai dari fisik, prestasi, dan banyak lagi hal lainnya. Untuk menunjukkan kepercayaan diri dan tidak lagi insecure sangat sulit, itu kenapa kamu membutuhkan cara agar tidak insecure yang tepat untuk mendorongmu lebih optimis.




    (Baca Juga: Ucita Pohan: Semua Orang Pasti Pernah Merasa Insecure)


    Sayangnya, meski cara tersebut dilakukan, tapi tidak ada niat dan konsisten sama sekali maka akan terasa sangat percuma. Oleh karena itu, sekali kamu menjalankan cara agar tidak insecure tersebut maka harus disertai niat dan konsisten supaya mendapatkan hasil terbaik dari dirimu sendiri. Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan agar tidak lagi merasa insecure? Simak yuk!


    1. Menerima Diri Sendiri

    Ini mungkin adalah hal yang sudah sering kamu lakukan, tapi tetap sulit rasanya. Menerima diri sendiri memang tidak mudah, tapi kamu harus melakukannya. Terima fakta bahwa kamu memang tidak secantik teman lain, tidak secemerlang orang lain atau tidak semenarik orang lain.

    Kemudian bertemanlah dengan diri sendiri dan pelan-pelan ucapkan bahwa kamu berterima kasih karena ia sudah menemanimu selama ini. Pikirkan hal-hal seperti ketika kamu sedih, hanya ada dirimu yang menemani. Berhenti melakukan penilaian dan membandingkan dengan orang lain, karena itu semua tidak akan pernah ada habisnya.

    Ketika mencoba untuk menerima diri sendiri, kamu juga harus berjanji bahwa ke depannya tidak lagi membandingkan dirimu dengan orang lain dan berusaha mencari cara untuk mengatasi rasa insecure tersebut.


    2. Mulai Keluar Dari Zona Nyaman

    Keluar dari zona nyaman sama sekali bukan perkara yang mudah. Malahan kamu akan merasakan banyak tantangan karena ini pertama kalinya kamu lakukan, atau mungkin kamu akan merasakan perasaan baru yang membuat nyaman.

    Intinya adalah kamu harus mencoba, melakukan sedikit langkah kecil untuk mengatasi rasa insecure tersebut. Seperti misalnya mulailah banyak tersenyum dan menyapa orang di sekitar.

    Awalnya akan terasa sangat aneh karena mungkin itu sama sekali bukan dirimu yang dulu. Tapi jika sudah terbiasa maka kamu akan merasakan kehangatan dan kenyamanan, terutama karena kamu sudah bisa menerima diri sendiri dan mengatasinya dengan satu langkah kecil serta keluar dari zona nyaman untuk menyambut hal-hal baru lainnya.


    (Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental, Ini Manfaat Self Talk Positif)


    3. Berkumpul Dengan Orang-Orang Yang Punya Aura Positif

    cara agar tidak insecure

    (Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki positif vibes. Foto: Dok. Weedezign/iStock)

    Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa insecure ialah dengan berkumpul bersama orang-orang yang punya positif vibes buatmu. Alias orang yang tidak membahas tentang kelemahanmu dan lebih menghargai sekecil apapun hal yang kamu lakukan.

    Orang yang memiliki aura positif ini tidak akan menghakimimu hanya karena berat badanmu naik sekian kilo, atau ketika kamu tidak memiliki kulit secantik orang lain. Mereka akan lebih menghargai dan mengingatkan dengan cara yang baik, bukan menyerang dengan cara kasar yang membuat kita merasa tidak percaya diri.

    Jauhi lingkungan yang toxic, yang hanya membuatmu sering overthinking dengan perkataan mereka. Carilah orang-orang yang ketika kamu membutuhkan bantuan takkan segan membantumu tanpa mengomentari banyak hal.


    4. Berhentilah Berpikir Negatif Tentang Banyak Hal

    cara agar tidak insecure

    (Mengurangi untuk berpikir negatif tentang hal apapun. Foto: Dok. Cecilie_Arcurs/iStock)

    Sebenarnya untuk menghilangkan perasaan  insecure harus benar-benar dimulai dari diri kita sendiri. Di mana jangan selalu berpikiran negatif dan lebih mengarahkannya ke pikiran yang positif. Misalnya saja ketika orang lain tak membalas pesanmu secepat yang kamu inginkan, jangan langsung berpikir bahwa dia menghindarimu atau sebagainya.

    Justru berpikirlah bahwa mungkin mereka sedang sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk mengecek ponsel sama sekali. Kamu bisa mengirimi pesan lagi sesudah berjam-jam jika memang ada kepentingan. Kamu juga bisa menanyakan langsung alasan kenapa pesan tersebut dibalas dengan lambat, jadi itu menghindarkan kamu berperang dengan pikiran sendiri.


    5. Jangan Menaruh Harapan Lebih Pada Orang Lain

    Demi menghindar dari perasaan insecure ada baiknya jika kamu mulai bergantung pada diri sendiri dan bukan orang lain. Karena bagaimanapun orang lain tidak bisa begitu diandalkan seperti kita mengandalkan diri sendiri.

    Akan ada perasaan kecewa, sakit hati, dan semacamnya yang akan kita dapatkan jika terlalu bergantung dan berharap dengan orang lain. Insecure dapat membuat diri kita sendiri merasa kewalahan dan bisa saja berakhir dengan stres. Bahkan beberapa orang yang selalu insecure ini membutuhkan penanganan dari profesional seperti psikolog untuk mengatasinya.


    (Baca Juga: 4 Gejala Depresi dari Bahasa Tubuh yang Jarang Disadari)


    Cara agar tidak insecure lagi ialah kamu harus berusaha untuk tidak peduli dengan perkataan orang lain. Ambil masukan positif dan tinggalkan komentar yang negatif. Jangan berpikir berlebihan tentang sesuatu hal. Tentu tidak mudah, kamu akan selalu berjuang seumur hidup untuk mengatasi perasaan ini.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below