4 Gejala Depresi Dari Bahasa Tubuh yang Jarang Disadari


  • 4 Gejala Depresi Dari Bahasa Tubuh yang Jarang Disadari
    Inilah beberapa bahasa tubuh Gejala Depresi yang jarang disadari (Foto:Dok.Unsplash)

    Depresi menjadi salah satu gejala atau gangguan suasana hati yang menyebabkan seseorang terus-menerus merasa sedih dan sulit melakukan berbagai banyak aktivitas. Menurut studi, ciri-ciri depresi biasanya ditandai dengan memburuknya suasana hati yang menetap selama berminggu-minggu atau lebih dari enam bulan berturut-turut.

    Namun disamping itu, nyatanya masih banyak orang yang belum memahami tanda dari penderita depresi, baik ringan maupun berat. Agar mengetahuinya, berikut Her World Indonesia rangkum gejala depresi dari bahasa tubuh yang jarang disadari.




    1. Mata kosong dan sering melamun

    Seseorang yang sering kali melamun atau menatap dengan mata kosong bisa jadi salah satu gejala depresi. Selain itu, tidak fokus dan hilang konsentrasi juga merupakan perilaku yang perlu diwaspadai, karena awal mula depresi ialah rasa pesimis.


    2. Cenderung menyendiri dan lemas


    (Penderita depresi kerap merasa lemas.Foto:Dok.Andrea Piacquadio/Pexels)


    Tak jarang, seseorang yang mulai stres atau terlihat memiliki tekanan hidup cenderung suka menyendiri. Mungkin baik untuk memenangkan diri sesaat, namun disisi lain bisa menjadi kebiasaan karena seolah menyimpan beban seorang diri. Tanda-tanda gejala depresi dari bahasa tubuh ialah seseorang tersebut merasa lemas dalam melakukan aktivitas sepanjang hari.


    (Baca Juga: 8 Gejala Depresi Yang Sulit Dipahami Oleh Diri Sendiri)


    3. Terlihat pucat dan sakit


    (Penderita depresi wajahnya sering kali pucat.Foto:Dok.Engin Akyurt/Pexels)

    Seseorang dengan gejala depresi juga memiliki ciri-ciri satu ini. Terlihat pucat seperti orang yang sedang sakit ini adalah hal yang perlu diperhatikan. Karena selain menurunnya semangat saat menjalani aktivitas, berkurangnya nafsu makan juga menjadi salah satu ciri pendukung gejala depresi.


    (Baca Juga: 10 Makanan Yang Efektif Untuk Mengatasi Depresi)


    4. Sensitif


    (Memiliki perasaan yang sensitif. Foto:Dok.wayhomestudio/Freepik)


    Seseorang yang memiliki gejala depresi juga ditandai dengan sikapnya yang sensitif. Bukan hanya mudah marah dan menangis, tapi terlihat juga dari bahasa tubuhnya yang seolah tidak konsisten. Banyak sekali respon atau bahasa non-verbal yang dirasa tidak bisa diterima oleh orang lain, sehingga membuat orang lain juga tidak nyaman disekelilingnya.

    Gangguan mental bisa dialami oleh siapa saja. Ketahuilah gejala depresi dari bahasa tubuh di atas dan pastikan dirimu sehat dan optimis setiap harinya!


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below