Menjaga Kesehatan Mental, Ini Manfaat Self Talk Positif


  • Menjaga Kesehatan Mental, Ini Manfaat Self Talk Positif
    (Foto:Dok. Andrea Piacquadio on Pexels)

    Setiap orang secara sadar ataupun tidak pasti pernah berbicara atau bergumam dengan diri sendiri -- bisa mengatakan hal-hal yang negatif atau positif. Akan tetapi, apa yang kamu katakan kepada diri sendiri sangatlah penting, karena hal itu bisa memengaruhi keyakinan, perilaku, dan kesejahteraan emosional 


    Jika kamu lebih sering mengatakan hal-hal yang negatif kepada diri sendiri, ini dapat mengakibatkan gangguan kecemasan, lebih pesimis, dan depresi. Namun sebaliknya, jika kamu lebih sering mengatakan hal-hal yang positif, kamu menjadi lebih optimis. Mempraktikkan self talk yang positif ternyata bisa sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kesehatan mental, yang pada gilirannya juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kira-kira apa saja manfaat self talk positif? Berikut ulasannya!




    Apa itu self talk positif?

    Pada dasarnya, self talk merupakan dialog batin. Ini adalah hal-hal yang Anda katakan kepada diri sendiri setiap hari. Ini dapat mencakup instruksi, tugas, dan pengingat. Self-talk juga mencakup keyakinan sadar dan tidak sadar yang kamu pegang tentang diri kamu sendiri.


    Keyakinan ini bisa memengaruhi apa yang kamu katakan kepada diri sendiri, yang juga bisa memengaruhi perilaku. Itulah mengapa penting mempraktikkan self talk yang positif, karena akan memberikan dampak besar pada keyakinan, perilaku, dan kesejahteraan emosional. 


    Self talk positif bukan hanya tentang mengungkapkan hal-hal baik saja kepada diri sendiri, tetapi lebih dari itu. Alih-alih berfokus pada hal-hal yang salah dan menjadikannya sebagai kekurangan diri, self talk positif justru lebih berfokus pada apa yang dapat dilakukan secara berbeda. Dengan self-talk yang positif, hal-hal yang salah tidak diidentifikasikan sebagai kesalahan atau kekurangan diri. 


    Kamu mungkin bisa mengatakan kalimat positif seperti, “saya bisa melakukan lebih baik lain kali”, atau, “saya bisa belajar dari ini”.


    Dengan begitu, ini memungkinkan kamu untuk membuat perubahan yang produktif dan lebih baik. 


    Mengapa self talk positif baik untuk dipraktekkan?


    Self-talk dapat meningkatkan kinerja dan kesejahteraan emosional secara keseluruhan. Mempraktikkan self talk yang positif bisa meningkatkan kesehatan mental. Ini karena, kamu mulai bisa melihat dan mengatasi masalah atau rintangan dengan cara yang berbeda dan lebih baik, alih-alih membiarkannya menguasai diri kamu. 


    Dengan self talk positif, kamu bisa melihat diri sendiri secara lebih positif. Sederhananya, dengan mempraktikkan self talk positif fokusnya adalah pada perbaikan, bukan pada masalahnya. Beralih ke pola pikir yang lebih positif membuat kamu tidak berlarut-larut dalam kesalahan di masa lalu, dan bergerak maju untuk membuat perbaikan atau perubahan yang lebih baik. 


    Berpikir negatif membuat kamu cenderung meragukan diri sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Mempraktikkan self talk positif dapat membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri dan memungkinkan kamu untuk memiliki pandangan yang lebih optimis. Jika kamu yakin dapat mencapai sesuatu dengan baik, kemungkinan besar kamu akan bisa mencapainya. Keyakinan positif yang kamu katakan kepada diri sendiri, juga bisa memotivasi kamu untuk melakukan yang terbaik. 


    Berpikir positif dan optimis dapat membantu mengurangi stres secara efektif. Selain itu, berpikir positif dan optimis dapat memberi kamu beberapa manfaat kesehatan. Dikutip dari laman Healthline, satu studi tahun 2010 menunjukkan bahwa menjadi lebih positif dan optimis bisa meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi rasa nyeri, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kesehatan fisik, kepuasan hidup yang lebih besar, dan mengurangi risiko kematian. 


    Self talk positif juga dapat bermanfaat bagi hubungan kamu dengan orang lain. Ketika kamu bisa fokus pada hal positif dalam diri sendiri, kamu mungkin juga bisa fokus pada hal positif dalam diri orang lain. Mengatakan hal-hal yang positif bisa meningkatkan kepercayaan diri dan membuat kamu memiliki pandangan yang lebih optimis. Ini dapat membuat orang-orang di sekeliling kamu ikut merasakan aura positif dan akan merasa nyaman berada di dekatmu. 


    Bagaimana mempraktikkan self talk positif?


    Self talk positif memang perlu dilatih, terlebih jika hal ini bukan naluri alamiah yang kamu miliki. Jika kamu cenderung orang yang pesimis, kamu dapat belajar mengubah dialog batin menjadi lebih semangat dan memotivasi. 


    Namun, membentuk kebiasaan baru tentu membutuhkan waktu dan usaha. Seiring waktu, pikiran negatif yang kamu miliki bisa diubah menjadi lebih positif. Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu coba lakukan untuk membiasakan diri self talk positif. 


    Identifikasi pemicu negative self talk: Ada situasi tertentu yang dapat memicu keraguan diri dan menyebabkan lebih banyak self-talk negatif. Mengetahui kapan situasi yang bisa memicu self talk negatif dapat membantu kamu mengantisipasi dan mempersiapkan diri.


    Temukan humornya: Tertawa dapat membantu meredakan stres dan ketegangan yang kamu rasakan. Saat kamu membutuhkan dorongan untuk self-talk yang positif, temukan cara untuk tertawa, seperti menonton video lucu atau film komedi.


    Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif: Tanpa kamu sadari atau tidak, kamu dapat menyerap pandangan dan emosi orang-orang yang ada di sekitarmu. Ini termasuk negatif dan positif, jadi sebisa mungkin pilihlah orang-orang yang lebih positif untuk berada di sekitarmu. 


    Beri diri kamu afirmasi positif: Terkadang, melihat kata-kata positif atau gambar yang menginspirasi cukup untuk mengalihkan dari pikiran negatif. Kamu bisa menuliskan kata-kata positif pada secarik kertas lalu kamu bisa tempelkan di meja kerja atau di dinding kamar tidur. 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below