Ketahui Penyebab Jerawat Di Hidung Dan Cara Atasinya!


  • Ketahui Penyebab Jerawat Di Hidung Dan Cara Atasinya!
    Ketahui Apa Penyebab Jerawat Di Hidung Dan Cara Atasinya! (Foto: Dok. Zoranm/iStock)

    Kulit yang bersih dan sehat tentu diinginkan oleh semua orang, apalagi jika kamu sangat memperhatikan penampilan. Kehadiran jerawat kadang membuat siapapun jadi tidak percaya diri, khususnya di tempat yang terlihat seperti hidung. Oleh karena itu penting kiranya mengetahui apa saja penyebab jerawat di hidung ini agar bisa menghindari dan mengatasi dengan baik.




    (Baca juga: 6 Penyebab Jerawat Punggung Yang Wajib Diperhatikan)


    Jerawat datang pastinya bukan tanpa sebab. Jika tidak diatasi segera maka akan membuat tidak nyaman, apalagi kadang terasa sangat sakit saat disentuh. Jerawat biasanya sembuh sendiri, tapi beberapa orang memilih untuk mempercepat proses penyembuhan tersebut dengan menggunakan produk-produk penghilang jerawat.

    Beberapa Penyebab Jerawat yang Ada di Hidung

    penyebab jerawat di hidung

    (Jerawat di hidung bisa terjadi akibat minyak yang berlebihan. Foto: Dok. Pornpak Khunatorn/iStock)

    Ada beberapa penyebab jerawat di hidung yang harus kamu hindari, supaya pertumbuhan jerawat ini jadi berkurang dan pastinya tidak lagi mengganggu. Apa saja penyebabnya?

    1. Produksi Minyak yang Berlebihan Pada Kulit

    Untuk menjaga kelembaban, kadang kulit memproduksi minyak. Namun, produksi minyak berlebihan justru akan membuat timbulnya jerawat pada kulit. Karena dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori di area hidung. Bisa dibilang hidung merupakan area yang mampu memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan dengan area lain.


    2. Sel Kulit Mati yang Menumpuk

    Sel kulit mati harus senantiasa dibersihkan, karena jika tidak maka ini juga jadi salah satu pemicu terjadinya jerawat. Penumpukan sel kulit mati ini juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti komedo yang akan membuat kamu tidak percaya diri.


    3. Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

    Mengkonsumsi makanan tidak sehat juga sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit, dan bisa jadi penyebab timbulnya produksi minyak berlebih. Seperti misalnya gorengan, junkfood, makanan cepat saji, dan semacamnya. Untuk membuat kulit tetap sehat dan berseri, mengkonsumsi sayuran dan buah sangat penting.


    4. Adanya Perubahan Hormon

    Minyak berlebih penyebab jerawat pada area wajah juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon saat seorang wanita memasuki masa haid, melahirkan, menyusui atau ketika memasuki masa menopause.


    (Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Dengan Mudah)


    5. Keseringan Menyentuh Area Hidung

    Jerawat juga bisa muncul jika kamu terlalu sering menyentuh area hidung. Karena tangan merupakan tempat banyak bakteri dan juga kotoran berkumpul, sehingga jangan terlalu sering melakukannya. Kecuali jika kamu sudah mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.


    6. Dehidrasi Pada Kulit

    Kulit juga bisa mengalami dehidrasi, itulah mengapa kebutuhan air harus terpenuhi. Kulit yang kurang cairan akan memproduksi minyak secara berlebihan demi membuatnya tetap lembab. Karena inilah maka pori-pori akan semakin tersumbat dan membuat jerawat sering muncul.


    Cara Untuk Atasi Jerawat di Hidung

    penyebab jerawat di hidung

    (Jerawat di hidung dapat kamu atasi dengan kompres air hangat. Foto: Dok. VladimirFLoyd/iStock)

    Kalau kamu sudah terlanjur memiliki jerawat pada hidung, maka harus melakukan cara untuk mengatasinya. Karena bagaimanapun jerawat ini memang menyakitkan dan tidak nyaman. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar jerawat ini bisa teratasi.

    1. Kompres Air Hangat

    Mengompres jadi kegiatan yang harus kamu lakukan saat jerawat di hidung mulai bermunculan. Hal ini bisa dilakukan selama 3 kali sehari dengan durasi minimal 15-20 menit. Setidaknya dengan cara ini, rasa nyeri karena jerawat akan semakin berkurang. Sebaiknya gunakan kapas atau kain yang lembut agar tidak semakin sakit.


    2. Mengoleskan Salep

    Jerawat juga bisa diatasi dengan cara mengoleskan salep. Namun, jangan sembarang menggunakan salep apalagi jika jerawat yang kamu punya tak hanya di hidung saja. Sebaiknya gunakanlah resep dari dokter supaya tidak semakin parah dan membuatmu tidak nyaman. Karena beberapa obat salep untuk jerawat di luar sana bisa jadi tidak cocok untukmu.


    3. Hindari Keseringan Menyentuh atau Memencet Jerawat

    Telah dijelaskan bahwa menyentuh kulit khususnya yang ada jerawat bisa membuatnya jadi infeksi, apalagi jika kamu memencet jerawat tersebut. Hal ini bisa membuat jerawat semakin parah, bahkan mampu merusak lapisan kulit.


    (Baca juga: Cara Tepat Tenangkan Jerawat Tanpa Bikin Kulit Mengelupas)


    Itulah beberapa penjelasan tentang penyebab jerawat di hidung beserta cara mengatasinya. Jerawat memang tidak bisa langsung sembuh, dan kadang saat sudah sembuh malah meninggalkan bekas. Maka dari itu, hindari hal-hal yang membuatnya muncul supaya kulit tetap bersih dan sehat.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below