Cara Tepat Tenangkan Jerawat Tanpa Bikin Kulit Mengelupas


  • Cara Tepat Tenangkan Jerawat Tanpa Bikin Kulit Mengelupas
    Walau tidak berkunjung ke mana-mana, tentu kamu tetap ingin tampil prima di Hari Raya. Bagi pemilik kulit acne prone, simak caranya agar wajah tetap tampak sehat bercahaya meski jerawat mendadak muncul. (Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Ketika jerawat muncul pada (atau menjelang) hari penting, kita cenderung terlalu mengkhawatirkannya dan mencari solusi yang instan. Perawatan yang cukup keras seperti benzoyl peroxide memang beraksi cukup cepat dalam mengeringkan jerawat. Tetapi sebaiknya langkah ini tidak dilakukan mendekati momen penting, karena berpotensi membuat kulit mengelupas.


    Akibatnya, riasan pun jadi sulit terbaur sempurna. Daripada mengandalakan pengobatan jerawat yang harsh, lebih baik fokus dalam membuat kulit lebih tenang dan terhidrasi dengan baik. Dengan sendirinya, inflamasi jerawat akan mereda dan permukaan kulit tetap lembut. Simak cara tenangkan jerawat tanpa membuat kulit mengelupas.




    1. Gunakan cleanser lembut

    Pilih sabun wajah dengan tingkat keasaman yang rendah. Ini bertujuan untuk menjaga kadar keasaman sekaligus lapisan alami kulit agar tetap kuat dalam menangkal agresi eksternal. Formula pembersih wajah yang lembut juga menghindarkan kulit dari risiko iritasi. 


    COSRX Low PH Good Morning Gel Cleanser 

    (Kadar acid-nya menyerupai pH alami kulit sehingga mampu membersihkan dengan lembut. Namun secara bersamaan, tetap mengangkat kotoran dan sebum dengan efektif. Foto: Dok. @cosrx_indonesia/Instagram)


    (Baca Juga: Ketahui Jenis First Cleanser Yang Cocok Untuk Wajahmu)


    Shiseido Waso Quick Gentle Cleanser


    (Dilengkapi kandungan unik sel madu untuk menutrisi dan menjaga kelembapan kulit saat proses pembersihan. Foto: Dok. Shiseido.id)



    2. Jadikan clay mask sebagai spot treatment

    Berguna untuk “menarik” toksin dan bakteri di dalam jerawat. Tak perlu digunakan di seluruh wajah untuk mencegah area kulit lainnya menjadi kering. Pastikan kamu membilasnya dengan perlahan dan tidak menggosoknya agar jerawat tidak terluka. 


    Dior Hydralife Pores Away Pink Clay Mask 

    (Formula clay inovatif yang diinfusi mineral alami dan ekstrak jojoba. Cukup didiamkan selama tiga menit untuk detoksifikasi instan. Foto: Dok. macys.com)


    3. Exfoliating toner

    Toner berformula AHA sangat direkomendasikan untuk meluruhkan sel kulit mati dengan lembut. Langkah ini juga membantu membersihkan kulit lebih menyeluruh dan mempersiapkannya untuk menyerap bahan aktif selanjutnya dengan optimal.


    Peter Thomas Roth 8% Glycolic Solution Toner


    (Membantu memperhalus tekstur yang kasar dan meminimalisir tampilan pori. Dilengkapi kamomil untuk menenangkan kulit dan mencegah iritasi. Foto: Dok. peterthomasroth.com) 

     

    Krave Beauty Kale-lalu-yAHA Toner 


    (Dibekali antioksidan yang berasal dari sayur-sayuran hijau seperti kale. Membantu menampilkan kulit yang lebih glowing dan memudarkan tanda penuaan. Foto: Dok. Tokopedia.com)



    4. Pilih serum yang menenangkan

    Setelah eksfoliasi ringan, kembalikan keseimbangan dan kelembapan kulit dengan serum yang menenangkan. 


    Dr. Jart+ Cicapair Serum

     

    (Serum andalan untuk meredakan kulit yang sensitif, teriritasi, bahkan terinflamasi. Aman untuk jerawat. Foto: Dok. asos.com)



    5. Boost dengan sheet mask

    Step penting untuk menyejukkan serta menghantarkan nutrisi dan hidrasi menyeluruh ke dalam kulit. Rasakan efek super bouncy setelahnya.


    Laneige Water Bank Double Gel Soothing Mask


    (Berteknologi Hydro Ion Mineral Water yang tak hanya menghidrasi mendalam, tetapi juga memberi sensansi dingin, lembap, dan nyaman ke kulit. Foto: Dok. Laneige.com)



    6. Kunci kelembapan

    Umumnya kulit rentan jerawat memiliki tipe kombinasi atau berminyak. Pilih moisturizer ringan yang mampu mengunci kelembapan tanpa membuat kulit semakin berminyak.


    Tatcha The Water Cream


    (Berbahan dasar air dan bebas minyak. Mengandung superfood khas Jepang seperti teh hijau, beras, dan leopard lily yang efektif memperbaiki tekstur kulit. Foto: Dok. tatcha.com)



    7. Spot treatment yang tidak membuat mengelupas

    Last but not least, bubuhkan formula terfokus untuk meredakan inflamasi jerawat. Diamkan sejenak sampai meresap, dan kamu pun siap mengaplikasikan makeup


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Obat Jerawat yang Ampuh dan Bisa Dibeli Online)


    Kiehl’s Blue Herbal Spot Treatment


    (Formula 2% salicylic acid-nya mampu menembus ke dalam pori-pori untuk mengobati jerawat langsung dari sumbernya. Foto: Dok.shopee)


    *DISCLAIMER: Artikel ini sudah terbit di majalah Her World Indonesia edisi Mei 2020 dengan judul "SOS Skincare: Ritual Tepat Tenangkan Jerawat".



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below