Jangan Lakukan 4 Rutinitas Kecantikan Ini Sering-Sering!


  • Jangan Lakukan 4 Rutinitas Kecantikan Ini Sering-Sering!
    Rangkaian perawatan kecantikan untuk menunjang penampilan. (Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

    Pelembap, sunscreen, hingga sampo dan kondisioner, telah menjadi perawatan wajib untuk menjaga kondisi kulit dan rambut tetap sehat dan terawat. Namun, bagi sebagian wanita, memberikan perhatian ekstra bagi diri sendiri, khususnya penampilan, jadi hal yang wajib dilakukan. Jadi, tak heran ada beberapa rutinitas kecantikan tambahan yang kerap dilakukan untuk membuat kulit dan rambut tetap sehat.


    Mulai dari produk yang mengangkat sel kulit mati hingga melembapkan kulit, banyak rutinitas tambahan yang berikan penampilan maksimal bagi siapapun yang memakainya. Namun, buat kamu yang sedang mengeksplorasi berbagai rutinitas kecantikan ekstra tersebut, pastikan kamu tidak mengaplikasikannya terlalu sering agar hasilnya maksimal.




    Kira-kira rutinitas kecantikan apa saja yang tidak boleh kamu lakukan sering-sering? Simak deretan di bawah ini ya!


    (Baca Juga: Inilah 5 Masker Alami yang Ampuh Untuk Mengatasi Kulit Kusam)


    1. Masker Wajah


    Produk masker wajah atau face mask kini menjadi salah satu hal wajib bagi sebagian besar wanita dan juga pria. Tentunya, penggunaan face mask membuat wajah terlihat lebih cerah berkilau dan menenangkan kulit dari peradangan. Namun, penggunaannya pun tidak bisa dilakukan terlalu sering, kamu perlu aware akan kondisi kulit dan juga tipe masker yang juga semakin beragam.


    Pada dasarnya, kandungan dan jenis masker yang menentukan frekuensi pengaplikasiannya. Jika kamu menyukai clay atau mud mask, cukup gunakan maksimal tiga kali seminggu selama 15 menit. Lalu, masker berbahan charcoal digunakan satu hingga 1-2 kali seminggu selama 15 menit.


    Sedangkan, untuk masker berbahan krim atau gel bisa kamu gunakan tiga kali seminggu dan didiamkan semalaman (overnight) sebelum dibilas keesokan paginya. Lalu, untuk kamu yang menyukai peel-off mask yang cenderung lebih praktis tanpa harus membilas, justru kamu perlu lebih hati-hati menggunakan dan cukup satu kali seminggu. Namun, sheet masks adalah jenis masker yang bisa kamu gunakan setiap hari dan untuk beberapa kesempatan, bisa menggantikan step serum dalam perawatan kulitmu.


    rutinitas kecantikan yang tidak boleh dilakukan sering-sering

    (Face mask jadi salah satu elemen penting dalam perawatan kulit wajah. Foto: Dok. SunnyVMD/iStock)


    2. Exfoliator


    Proses eksfoliasi menjadi salah satu langkah penting untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah akibat pori-pori yang tersumbat. Baik menggunakan physical exfoliant seperti face scrub maupun chemical exfoliant, proses eksfoliasi ini juga ditentukan dengan jenis kulitmu.


    Biasanya, bagi pemilik jenis kulit kering maupun sensitif, kamu cukup melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu dengan chemical exfoliant. Lalu, untuk kulitmu yang berminyak, acne-prone maupun kombinasi, lakukan proses eksfoliasi dengan physical atau chemical exfoliant. Sedangkan, kondisi kulit mature cukup melakukan proses eksfoliasi dua kali seminggu dengan jenis eksfoliasi kimiawi.


    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Dan Cara Memakai Body Scrub Yang Benar)


    3. Body Scrub


    Rutinitas kecantikan yang tak kalah penting, tetapi juga tidak bisa dilakukan sering-sering adalah body scrub. Mungkin sebagian dari kamu kerap mengabaikan perawatan kulit pada bagian selain wajah, tetapi faktanya, seluruh tubuh kita terlapisi oleh kulit. Jadi, tubuh dan rambut pun tetap harus jadi perhatian.


    Body scrub sendiri adalah produk mechanical exfoliant yang mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus mendorong proses regenerasi sel-sel kulit sehingga tubuhmu terlihat halus dan cerah. Namun, body scrub, sama seperti produk eksfoliasi lainnya, bekerja maksimal ketika diaplikasikan dengan tepat dan frekuensinya sesuai.


    Kamu cukup mengaplikasikan body scrub setidaknya 1-2 kali seminggu. Jika terlalu sering, kamu justru menarik bagian kulit yang lembap dan bisa melemahkan skin barrier pada kulit tubuh. Dalam memilih partikelnya, pastikan kamu memilih yang halus seperi sea salt, kacang macadamia yang dihancurkan, dan gula.


    rutinitas kecantikan yang tidak boleh dilakukan terlalu sering

    (Dry shampoo berikan tampilan rambut tebal dan bebas lepek. Foto: Dok. Alexandra Turkina/iStock)


    4. Dry Shampoo


    Mungkin kamu adalah salah satu orang yang mengandalkan dry shampoo untuk memastikan rambut tetap on di tengah hari, jauh dari kata lepek. Namun, produk yang digunakan untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada rambut selama berhari-hari bukan berarti menjadi rutinitas kecantikan harianmu.


    Baik dalam bentuk aerosol spray, powder, atau foam, jika kamu terlalu sering mengaplikasikannya, rambutmu akan terlihat seperti berketombe, lalu akarnya mengering dan justru tak akan terlihat menarik. Untuk itu, jangan sampai mengaplikasikannya terlalu sering.


    Kamu cukup mengaplikasikannya 1-2 kali seminggu, atau 2-3 kali seminggu untuk jenis rambut yang berminyak. Jika kamu mengaplikasikan dry shampoo terlalu sering, folikel-folikel rambut akan tersumbat dan bisa menyebabkan rambut rontok hingga infeksi kulit kepala.


    (Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambutmu)


    Inilah beberapa rutinitas kecantikan yang tak boleh diaplikasi sering-sering. Untuk hasil yang maksimal, pastiin kamu juga aplikasi produk dengan baik.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below