Inilah 5 Masker Alami yang Ampuh Untuk Mengatasi Kulit Kusam


  • Inilah 5 Masker Alami yang Ampuh Untuk Mengatasi Kulit Kusam
    Rekomendasi campuran masker alami untuk kulit kusam. (Foto: Dok. Monstera/Pexels)

    Kulit kusam umumnya ditandai dengan kulit yang kurang bercahaya dan mempunyai tekstur kulit yang tidak merata sehingga tampak lebih gelap. Dapat mengganggu penampilan seseorang, kulit kusam dapat terjadi karena kurang minum air putih. Selain itu, kulit kusam juga dapat disebabkan faktor stres berat dan menumpuknya sel kulit mati.

    Berbicara soal sel kulit mati, permasahalan kulit kusam satu ini dapat dihilangkan dengan cara eksfoliasi. Dapat dilakukan 2 kali dalam sebulan, eksfoliasi merupakan langkah yang wajib dilakukan untuk semua jenis tipe kulit agar lebih sehat. Tidak hanya eksfoliasi, kulit kusam akibat sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat diatasi dengan pemakaian masker alami.




    (Baca Juga : Intip 5 Masker Wajah Alami Untuk Menghilangkan Kulit Kusam)


    Mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah, masker alami dari pisang jadi salah satu alternatif pilihan untuk mengusir kulit kusam. Tinggal tambahkan madu, campuran masker alami ini dapat diaplikasikan ke wajah sesuai kebutuhan. Adapun bahan-bahan alami lainnya yang dapat kamu jadikan masker untuk menghilangkan kulit kusam, seperti yang HerWorld Indonesia rekomendasikan berikut ini.


    1. Masker alami putih telur dan madu

    Masker wajah alami untuk kulit kusam

    (Masker alami putih telur dan madu bermanfaat baik untuk menghilangkan kulit kusam. Foto: Dok. Maria Ionova/Pexels)


    Komponen utama putih telur adalah protein. Memperbaiki warna dan tekstur dari wajah, campuran masker alami putih telur dan madu dapat membuat kulitmu menjadi lebih lembut dan terbebas dari komedo. Tidak sedikit individu yang percaya bahwa masker wajah putih telur dapat memiliki dampak baik untuk mengencangkan kulit dan menyerap minyak berlebih dari kulit.

    Manfaat baik dari putih telur yang dipadukan dengan madu, semakin membuat masker alami untuk atasi kulit kusa mini jadi masker favorit semua orang. Cara membuatnya tidak sulit, tinggal pisahkan kuning dan putih telur di dua wadah berbeda, lalu campurkan 2 sendok makan madu asli ke dalam putih telur.

    Aduk hingga kedua bahan menjadi satu, kemudian aplikasikan ke wajah 2 hari sekali dalam seminggu. Meski beberapa kali putih telur membuat iritasi pada wajah, alangkah baiknya untuk melakukan tes di belakang telingamu untuk mengetahui reaksi alergi yang ditimbulkan oleh putih telur.


    2. Murah meriah, masker alami oatmeal dan cokelat bubuk ampuh usir kulit kusam dalam sekejap


    Oatmeal mempunyai manfaat baik dalam menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan cokelat bubuk, jika bahan dasar ini dijadikan pasta untuk masker wajah maka kulit kusam yang mengganggu akan hilang tergantikan dengan wajah cerah alami.

    Caranya, haluskan oatmeal menggunakan blender atau food processor selama satu menit hingga berubah tekstur menjadi tepung. Setelah itu, ambil 2 sendok makan tepung oatmeal dan 1 sendok makan cokelat bubuk untuk dijadikan pasta dengan campuran air mawar.

    Aplikasikan ke wajah dan leher, tunggu sampai 20 menit kemudian bilas sampai bersih. Ulangi perawatan wajah menggunakan masker alami ini 2 kali seminggu untuk kulit cerah dan sehat.


    (Baca Juga : 26 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat)


    3. Kurangnya kelembapan pada kulit kusam dapat diatasi dengan masker alami alpukat, madu, dan oatmeal


    Masker wajah alami untuk kulit kusam

    (Masker alami dari daging buah alpukat juga dapat membantu membasi kulit kusam. Foto: Dok. Thought Catalog/Pexels)


    Tepung oatmeal yang masih tersimpan, bisa menjadi bahan campuran masker lain. Salah satunya campuran masker buah alpukat halus dan madu. Dengan bahan utama buah alpukat, penyebab kulit kering akibat kurangnya kelembapan pada wajah dapat diatasi dengan masker buah alpukat yang sudah dihancurkan menggunakan garpu.

    Setelah daging buah alpukat dirasa cukup halus, kamu tinggal tambahkan tepung oatmeal dan madu dengan perbandingan 2:2. Manfaat daging buah alpukat sendiri untuk kulit wajah kusam adalah dapat membantu melembapkan wajah secara alami, mencegah penuaan dini, dan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal.


    4. Selain menghilangkan kulit kusam, masker alami bubuk cokelat dan daging lidah buaya dapat menyejukan kulit dari sunburn


    Bukan rahasia lagi, jika saat mengalami sunburn seseorang akan mengaplikasikan gel lidah buaya langsung ke permukaan kulitnya. Selain menyejukan kulit akibat sunburn, gel lidah buaya juga bermanfaat untuk atasi kulit kusam. Dengan mencampurkan bubuk cokelat original dan gel lidah buaya, kamu akan mendapatkan kulit cerah alami tanpa bahan kimia berbahaya. Tertarik untuk mencoba?


    5. Cobalah bereksperimen dengan masker alami blueberry, yogurt, dan tepung beras untuk mengusir kulit kusam

    Masker wajah alami untuk kulit kusam

    (Masker alami dari buah blueberry, yogurt, dan tepung beras dianggap efektif oleh sebagian orang untuk menghilangkan kulit kusam. Foto: Dok. Brigitte Tohm/Pexels)


    Buah lain yang bermanfaat dalam menghilangkan kulit kusam dengan cara dibuat menjadi masker alami adalah blueberry. Tinggal hancurkan saja buah tersebut sampai halus, lalu campurkan 3 sendok makan yogurt original dan 1 sendok makan tepung beras. Jika sudah berbentuk jadi pasta, langsung oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.


    (Baca Juga : 5 Penyebab Kulit Wajah Kusam)


    Inilah dia deretan masker alami yang dapat kamu ciptakan sendiri di rumah untuk membantu menghilangkan kulit kusam. Selamat mencoba, ladies!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below