Ketahui Manfaat Dan Cara Memakai Body Scrub Yang Benar


  • Ketahui Manfaat Dan Cara Memakai Body Scrub Yang Benar
    Ketahui Manfaat Dan Cara Memakai Body Scrub Yang Benar. (Foto: Dok. User18526052/Freepik)

    Perawatan tubuh ditujukan untuk membuat kulit jadi lebih sehat dan pastinya membuat kamu jadi lebih percaya diri. Berbagai cara dilakukan supaya bisa mendapatkan kulit yang sehat berseri, salah satunya dengan body scrub. Bagi pemula, memahami cara memakai body scrub yang baik dan benar sangat penting agar hasilnya maksimal.




    (Baca juga: 7 Rekomendasi Body Scrub Untuk Mencerahkan Kulit)


    Di luar sana ada banyak produk yang bisa dipakai untuk body scrub sendiri di rumah. Setelah pemakaian yang rutin, kamu bisa melihat sendiri bagaimana hasil yang didapat oleh kulit. Sebelum membahas tentang cara memakai body scrub yang benar, ketahui dulu apa saja manfaatnya berikut ini!

    Manfaat Body Scrub Untuk Perawatan Kulit Tubuh

    Manfaat paling terkenal dari melakukan body scrub pastinya dapat mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang tidak diangkat akan membuat kulit tampak kusam dan tidak sehat. Nah, seiring dengan berjalannya waktu biasanya pergantian sel ini melambat, tapi dengan melakukan body scrub maka prosesnya akan lebih lancar.

    Sel kulit yang terangkat dan tergantikan dengan baru ini akan membuat kulitmu jadi lebih cerah, berseri dan sehat. Selain mengangkat sel kulit mati, scrub juga dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini bisa caramu  relaksasi untuk menghilangkan penat.

    Biasanya saat proses scrubbing ini kamu bisa sambil memijat beberapa anggota tubuh dengan perlahan sehingga rasanya akan lebih menyenangkan dan santai. Namun lakukan secara perlahan dan jangan keras-keras ya agar kulitmu tidak mengelupas dan iritasi.


    Cara memakai body scrub

    (Body scrub sangat bagus untuk kulit namun terdapat beberapa cara penggunaannya. Foto: Dok. Racool_studio/Freepik)

    Cara Memakai Body Scrub Agar Hasilnya Maksimal

    Kalau kamu sudah tahu manfaatnya, kamu juga harus tahu tentang cara memakai body scrub supaya hasil yang didapat nanti bisa lebih bagus untuk kulitmu. Untuk itu berikut ini tahapan yang harus kamu ketahui.


    1. Lakukan Mandi dengan Air Hangat

    Kenapa harus air hangat? Tentu jawabannya simpel sekali, supaya pori-pori kulitmu lebih terbuka dan membuat eksfoliasi berjalan lebih maksimal. Mandi air hangat juga membantu angkat kotoran yang menempel pada tubuh dengan lebih baik.


    2. Oleskan Produk Body Scrub

    Setelah melakukan mandi air hangat, kamu bisa lanjut mengoleskan produk body scrub yang kamu beli ke seluruh tubuh. Sebelum melakukannya pastikan bahwa tanganmu sudah bersih, kerap kali melakukan scrub akan lebih mudah jika menggunakan tangan.

    Kamu bisa oleskan dan gosok ke permukaan kulit yang masih basah, mulai dari leher, lengan, punggung, dada sampai ke kaki. Lakukan gerakan memijat pelan supaya tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Pijatan tersebut harus dilakukan dari bagian atas tubuh hingga ke kaki kurang lebih selama 5-10 menitan.


    (Baca juga: Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Supaya Wajah Jadi Glowing)


    3. Bilas dengan Air Dingin

    Setelah melakukan scrub dengan baik, kamu bisa segera membilasnya dengan air dingin. Pada produk scrub biasanya ada partikel kecil sehingga kamu harus membilasnya dengan benar supaya tidak tertinggal dan menempel di kulit.

    Setelah selesai, kamu bisa keringkan tubuh dengan handuk halus dan segera lanjut ke tahap berikutnya yakni pemakaian pelembab yang juga sangat penting.


    4. Memakai Lotion Pelembap

    Biasanya setelah melakukan scrubbing maka kelembapan kulit akan hilang. Oleh karena itulah kamu harus memakai produk pelembap setelah mandi. Pastikan jika lotion pelembap ini sudah sesuai dengan jenis kulitmu. Karena beberapa lotion hanya cocok untuk kulit berminyak, kulit kering dan ada juga untuk kulit sensitif.

    Disarankan untuk mengoleskan pelembap ini kurang lebih 5 menit setelah mandi. Supaya kulitmu tetap bagus dan sehat berseri. Kandungan bahan dalam produk pelembap biasanya juga dapat membuat kulit ternutrisi dengan sangat baik.


    Cara memakai body scrub

    (Penggunaan body scrub. Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Bolehkah Melakukan Scrub Setiap Hari?

    Banyak yang menyarankan untuk tidak melakukan scrub setiap hari. Hal itu karena dapat membuat kulit jadi lebih kering bahkan bisa iritasi. Jadi, lakukan proses scrubbing ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Atau jika memang kulitmu sangat sensitif, maka bisa melakukannya minimal satu kali seminggu.

    Jangan melakukan perawatan scrubbing jika kamu memiliki luka terbuka yang dapat membuat keadaan kulit semakin parah. Selain itu jangan lupa untuk membeli produk scrub yang sudah terpercaya dan pastikan kamu melihat bahannya dulu yang ada di kemasan sebelum membeli.


    (Baca juga: Cara Scrubbing Bibir yang Benar agar Bibir Lembut Merona)


    Jadi, itulah sekilas tentang manfaat dan sekaligus cara memakai body scrub yang baik dan benar. Perawatan dengan scrub sangat baik asal dilakukan rutin dan tidak berlebihan. Apalagi di pasaran harga untuk produk body scrub harganya ada yang sangat terjangkau sehingga lebih hemat budget.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below