Inilah 4 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambutmu


  • Inilah 4 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambutmu
    Manfaat kopi untuk kesehatan rambut. (Foto: Dok. Alin Luna/Pexels)

    Mungkin tidak ada hari yang kamu tanpa secangkir kopi di pagi hari atau segelas es kopi susu untuk membangunkan tubuhmu yang nyaris terlelap setelah makan siang. Sudah pasti, kamu bukan satu-satunya orang yang memiliki kebiasaan tersebut, apalagi masyarakat Indonesia sudah menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup.


    Selain kandungan kafein yang membuat kita terus terjaga selama beraktivitas, biji-biji kopi pun terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan kulit dan kecantikan. Mulai dari menyamarkan selulit, meredakan peradangan kulit, hingga menyuplai kandungan vitamin B3 yang dapat mengurangi risiko kanker kulit, kopi menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut.




    (Baca Juga: Cara Pakai Masker Rambut)


    Selain kondisi kulit, biji-biji kopi yang digunakan secara topikal juga bisa menjadi penyelamatmu yang memiliki berbagai masalah rambut seperti kerontokan dan tekstur rambut yang cenderung kasar. Penasaran apa saja manfaat kopi yang baik untuk kesehatan rambutmu? Intip deretannya di bawah ini.


    1. Mengurangi rambut rontok

    Rambut rontok terjadi akibat kondisi folikel rambut yang lemah, baik karena usia maupun gender. Kopi dapat menjadi penolong bagi rambut rontok sekaligus mendorong pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi dapat menjaga kelembapan rambut dan mengurangi penguapan air pada kulit di area kepala yang berdampak pada produki sel-sel rambut yang sehat.


    Kopi yang kamu aplikasi langsung ke area kepala dan rambut juga meningkatkan sirkulasi darah pada folikel rambut sehingga mempercepat pertumbuhan rambut. Selain tumbuh lebih cepat, helaian pun akan semakin kuat dan memberikan tampilan rambut yang lebih tebal.

    manfaat kopi untuk kesehatan rambut

    (Produk rambut berbahan dasar kopi. Foto: Dok. Monstera/Pexels)


    2. Mengeksfoliasi kulit kepala

    Manfaat kopi yang baik untuk kesehatan rambut lainnya juga mengatasi masalah rambut dari akarnya. Jika kamu memiliki kulit kepala yang cenderung berminyak, proses eksfoliasi pada area tersebut menjadi rutinitas wajib setiap minggunya. Jika kamu ingin menggunakan produk eksfoliasi alami, bubuk kopi bisa menjadi opsi yang cocok.


    Kamu bisa membuat masker rambut dari kopi atau membeli gentle scrub yang berbahan dasar kopi untuk lakukan proses eksfoliasi tersebut. Tekstur bubuknya dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit kepala, serta kandungan asam pada kopi bisa menyeimbangkan level pH pada rambut dan kulit kepala.


    (Baca Juga: 10 Merek Cat Rambut Yang Bagus Dan Tahan Lama, Praktis!)


    3. Membuat rambut berkilau dan halus

    Kandungan flavonoid pada kopi bisa menjadi solusi bagi jenis-jenis rambut yang cenderung kusam dan kering. Kekayaan antioksidan di dalamnya memiliki peran penting untuk meregenerasi rambut. Rambut akan terasa lebih halus dari akarnya. Meski kafein dikenal dengan efek diuretik pada tubuh, kopi akan menjaga minyak alami rambut sehingga rambut akan tampak berkilau lebih alami.

    manfaat kopi untuk kesehatan rambut

    (Kopi adalah pewarna rambut alami. Foto: Dok. Mathilde Langevin/Unsplash)


    4. Pewarna rambut alami

    Kopi bisa menjadi penolong kamu yang mendadak panik melihat rambut-rambut mulai memutih. Biji-biji kopi dapat menjadi pewarna rambut alami sehinggat menghilangkan uban yang muncul pada area tertentu. Noda kopi yang berwarna cokelat tua ini bisa mewarnai rambut kembali gelap seperti warna alami rambutmu, khususnya bagi pemilik warna rambut hitam atau cokelat.


    Kamu bisa menggunakan kopi untuk perawatan rambut dalam beberapa bentuk. Pertama, menyemprotkan kopi cold brew sebanyak dua hingga empat gelas ke rambut dan diamkan selama 20 menit, lalu dibilas dengan air hangat. Kedua, menggunakan kopi cold brew setelah keramas dengan sampo pilihanmu, setelah diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala, kamu diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas hingga bersih.


    Terakhir, kamu bisa membuat hair oil dengan mencampurkan carrier oil (minyak kelapa/minyak zaitun), biji kopi yang sudah dipanggang, dan essential oil (bisa memilih peppermint atau rosemary) dalam panci dengan api kecil. Setelah tercampur dan matang, diamkan hingga dingin lalu simpan di dalam kontainer kaca. Kamu bisa mengaplikasikan hair oil ini sebelum tidur.


    (Baca Juga: 7 Gaya Rambut Pria Korea Yang Disukai Wanita)


    Inilah beberapa manfaat kopi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi dan menjaga kondisi rambutmu tetap sehat, halus, serta berkilau. Mungkin bubuk kopi hitam yang kamu temukan di rumah bisa menjawab rasa penasaranmu akan manfaat kopi ini. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below