Simak 7 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Agar Lebih Nyaman


  • Simak 7 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Agar Lebih Nyaman
    Simak 7 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Agar Lebih Nyaman. (Foto: Dok. Leah Kelley/Pexels)

    Ketika pergi ke tempat yang jauh, ini merupakan siksaan bagi mereka yang kerap mengalami mabuk perjalanan. Perasaan saat mabuk dalam perjalanan sangat tidak menyenangkan, seperti mual, muntah, pusing, perut rasanya diaduk-aduk dan sebagainya. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara mengatasi mabuk perjalanan.




    (Baca Juga: Ini 7 Persiapan Sebelum Lakukan Perjalanan Jarak Jauh)


    Memang tidak mudah untuk mengatasinya, tapi setidaknya ini bisa diusahakan. Mabuk perjalanan sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Contohnya saja mungkin kamu suka bermain gawai atau membaca buku saat mobil bergerak, duduk menghadap belakang dan lain sebagainya.


    Mabuk perjalanan ini tidak bisa ditahan kadang-kadang, jadi daripada mempermalukan diri sendiri dan membuat orang sekitar tidak nyaman, alangkah baiknya jika kamu simak cara mengatasi masuk perjalanan di bawah ini!


    1. Coba Makan Camilan

    Ketika sedang di dalam mobil, jangan coba untuk makan makanan berat seperti yang berminyak atau asam karena akan memperburuk keadaan. Makanan jenis tersebut proses dicernanya sangat lambat sehingga semakin membuatmu tambah mual.

    Cobalah untuk makan camilan saja seperti sereal, roti, buah pisang, buah apel dan semacamnya agar keinginan untuk mabuk bisa teratasi. Makan camilan juga bisa mengalihkan fokusmu hanya ke makanan saja daripada rasa mabuk yang kamu miliki.


    2. Mengobrol atau Dengarkan Musik

    cara mengatasi mabuk perjalanan

    (Salah satu cara yang bisa dilakukan saat merasa mabuk dalam perjalanan adalah mendengarkan musik. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Diam saja kadang membuat rasa mabuk jadi semakin parah, sehingga kamu harus memperbanyak obrolan dengan orang lain atau mendengarkan musik. Mendengarkan musik ini juga dipercaya dapat membuat pikiran teralihkan dari perasaan mual, sehingga setidaknya kamu masih bisa menahannya.

    Kamu juga bisa mulai bernyanyi dengan para penumpang yang lain agar tidak lagi merasa mabuk. Intinya jangan hanya diam saja agar pikiran tidak ke mana-mana.


    3. Tidur

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi mabuk dalam perjalanan ialah dengan tidur. Saat kamu memejamkan mata, maka kamu tidak bisa melihat pohon-pohon bergerak di luar mobil yang membuat rasa pusingmu semakin parah.

    Itulah mengapa kebanyakan orang yang mabuk perjalanan harus mengambil waktu untuk istirahat agar mereka tidak semakin mual. Tahu-tahu mobil sudah tiba di destinasi tujuan. Saat berada di rest area, kamu baru bisa menghirup udara segar dan berjalan-jalan sedikit agar rasa mual dan pusing hilang.


    (Baca Juga: 7 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan)


    4. Coba Minum Jahe atau Permen Mint

    Cara yang satu ini mungkin saja ampuh untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan jauh. Pasalnya jahe dapat menghangatkan sekaligus memberikan ketenangan pada tubuh. Beberapa orang yang melakukan perjalanan jauh bisa membawa air seduhan jahe untuk diminum selama perjalanan.

    Jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa memakan permen mint yang lebih simpel dibawa ke mana-mana. Permen mint ini punya rasa yang mampu menenangkan perut sehingga tidak mual lagi.


    5. Bawa Minyak Angin atau Aromaterapi


    Beberapa orang memang tidak suka dengan bau minyak angin atau aromaterapi saat mereka sedang mabuk perjalanan. Tapi beberapa lagi justru membutuhkannya untuk terhindar dari perasaan mual dan pusing saat mabuk perjalanan.

    Saat ini aroma minyak angin atau aromaterapi juga sudah bermacam-macam yang bisa kamu pilih sesuka hati. Sesuaikan dengan keinginan kiranya aroma mana yang enak dan cocok untukmu. Serta tidak membuatmu semakin mual saat dihirup. Beberapa aroma yang dimaksud seperti rempah-rempah, lavender, lemon dan lain sebagainya.


    6. Minum Obat Mabuk Perjalanan

    Ini memang cara yang sering digunakan oleh banyak orang, tapi kadang meminum obat mabuk pun sama sekali tidak membantu. Jadi, kamu juga harus mempersiapkan cara-cara lainnya untuk jaga-jaga saja.

    Beberapa obat mabuk mengandung obat tidur yang bisa membuatmu mengantuk selama perjalanan dilakukan. Jadi, kamu akan merasa ngantuk dan bisa tertidur selama perjalanan.

    Selain menggunakan obat, ada pula orang yang memilih untuk suntik mabuk perjalanan. Hal itu bisa dilakukan, dan di antaranya ada yang sangat mempan dengan cara ini. Jadi, sebenarnya apapun caranya bisa saja dilakukan dan disesuaikan dengan kondisi tubuh.


    7. Duduk Hadap Arah yang Benar

    Jangan coba-coba duduk menghadapi arah belakang atau samping karena ini hanya akan membuatmu semakin mual. Jika mendapat tempat yang menghadap arah tersebut, mintalah untuk tukar posisi dengan orang sekitarmu agar bisa menghadap depan.

    Setidaknya duduk menghadap depan mungkin saja bisa mengurangi gejala mabuk yang tengah kamu rasakan. Selama perjalanan pun semuanya akan terasa nyaman.


    (Baca Juga: Tips Tetap Nyaman Berkendara Lebih Dari 3 Jam)


    Sangat sulit melakukan perjalanan jika mengalami mabuk. Jadi, usahakan untuk melakukan segala cara mengatasi mabuk perjalanan supaya tetap aman dan tidak menyulitkan orang di sekitarmu.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below