Ini 7 Persiapan Sebelum Lakukan Perjalanan Jarak Jauh!


  • Ini 7 Persiapan Sebelum Lakukan Perjalanan Jarak Jauh!
    7 Persiapan Untuk Perjalanan Jarak Jauh! (Foto: Dok. Valeria Boltneva/Pexels)

    Memutuskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, entah itu untuk liburan atau pulang kampung misalnya, memang menuntut kita untuk terus hati-hati. Ada beberapa persiapan untuk perjalanan jarak jauh yang semestinya kamu teliti sejak jauh-jauh hari. Jangan sampai terlewat atau perjalanan jadi lebih nyaman.

    Biasanya perjalanan jarak jauh ini akan membutuhkan waktu berjam-jam lamanya sehingga bisa saja membuat kita kelelahan. Maka dari itu, semua harus dipersiapkan sebaik mungkin supaya tidak ada kendala yang membuat perjalanan terhambat.




    (Baca juga: Intip 8 Tips yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling)


    Lalu apa sajakah tips yang harus diperhatikan agar kita dan orang sekitar tetap aman ketika perjalanan jarak jauh? Yuk simak!

    1. Mengecek Kondisi Kendaraan

    Perjalanan jarak jauh: hal-hal yang perlu disiapkan

    (Mengecek kendaraan terlebih dahulu penting dilakukan. Foto: Dok. Jackson David/Pexels)

    Sebelum bepergian, alangkah lebih baik cek dulu kondisi kendaraan demi keamanan. Mulai dari rem, oli, ban, bahan bakar dan lain sebagainya. Hal ini supaya ketika di tengah jalan tak ada masalah yang menimpamu seperti ban yang tiba-tiba kempes, bahan bakar yang habis tapi jauh dari pom dan semacamnya.

    Ini akan sangat menyusahkan apabila jalanan yang dilewati sangat sepi. Pada akhirnya tak ada siapapun yang bisa menolong. Oleh karenanya, persiapkan kendaraan dengan baik agar perjalanan jarak jauh bisa lancar.


    2. Tidur Yang Cukup

    Perjalanan jarak jauh: hal-hal yang perlu disiapkan

    (Tidur yang cukup agar memiliki tenaga yang cukup. Foto: Dok. Craig Adderley/Pexels)

    Sebelum melakukan perjalanan, setidaknya kamu harus menyimpan banyak energi. Tidur selama 7-8 jam dalam dua hari berturut-turut sebelum mulai melakukan perjalanan akan sangat membantu untuk bisa memulihkan tenaga. Jadi, saat perjalanan dimulai kamu akan merasa lebih segar dan pastinya tidak cepat lelah.

    Kamu harus mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik. Jangan sampai memilih berkendara saat habis beraktivitas berat yang akan membuat tubuh semakin lelah. Jadinya tidak fokus selama berada di perjalanan.


    3. Menyediakan Camilan

    Perjalanan jarak jauh: hal-hal yang perlu disiapkan

    (Membawa cemilan untuk menemani perjalanan jarak jauhmu. Foto: Dok. Craig Adderley/Pexels)

    Dalam melakukan perjalanan jarak jauh, kamu bisa menyediakan banyak camilan. Tujuannya agar keadaan di dalam kendaraan tidak membosankan, apalagi jika kamu bertugas untuk menyetir. Maka sangat penting menjaga diri sendiri untuk tidak mengantuk.

    Mengunyah camilan bisa membuatmu tetap terjaga, karena ada aktivitas yang dilakukan. Beda halnya bila tak ada aktivitas apapun, maka mata akan lebih mudah mengantuk dan membuat fokus jadi terpecah.


    4. Persediaan Air Mineral Yang Cukup

    Perjalanan jarak jauh: hal-hal yang perlu disiapkan

    (Air mineral sangat dibutuhkan saat perjalanan jarak jauh. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)

    Air mineral yang cukup juga harus disediakan saat kamu hendak melakukan perjalanan jarak jauh. Pasalnya, tubuh sangat mudah terhidrasi sehingga penting untuk terus menyediakan cadangan air agar cairan dalam tubuh tetap terjaga. Kadang saat di perjalanan kita juga malas untuk berhenti, meski sebenarnya ada banyak toko yang menyediakan minuman.


    (Baca juga: 8 Barang Yang Harus Dibawa Saat Solo Traveling)


    5. Rencanakan Perjalanan Dengan Sangat Matang

    Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, hal yang harus kamu ingat adalah merencanakan semuanya dengan sangat matang. Misalnya saja sebagai pengendara kamu wajib mencari tahu tentang jalan mana yang bebas untuk dilalui. Apakah akan ada kemacetan arus lalu lintas atau tidak dan lain sebagainya.

    Hal ini sangat penting karena nantinya kita bisa tahu jalan mana sebaiknya yang harus dihindari, kemudian di mana kita harusnya beristirahat dan semacamnya. Setidaknya bekali diri dulu dengan berbagai informasi sebelum mulai pergi.


    6. Obat-Obatan

    Perjalanan jarak jauh: hal-hal yang perlu disiapkan

    (Membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Ini juga sangat penting untuk dipersiapkan ketika kamu ingin bepergian jauh. Obat-obatan yang dimaksud di sini bisa mulai dari minyak kayu putih, plester, obat anti mabuk jalan, dan semacamnya, serta obat khusus yang dibutuhkan jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit tertentu. Setidaknya kamu harus membawa vitamin agar kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.


    7. Membawa Power Bank Cadangan

    Saat perjalanan jarak jauh, pastinya akan terasa sangat membosankan jika tak ada hiburan. Itulah kenapa membawa power bank cadangan ini sangat dibutuhkan. Sebab, jika baterai smartphone habis kamu jadi tak perlu bingung mau mengisinya di mana.

    Di dalam kendaraan sendiri kadang tak ada tempat untuk mengisi daya, sehingga hal ini akan membuatmu kesulitan. Saat ini bahkan ada banyak jenis power bank mini yang bisa kamu bawa ke mana-mana.


    (Baca juga: Rekomendasi 6 Destinasi Honeymoon Romantis Di Indonesia)


    Jadi, itulah beberapa persiapan untuk perjalanan jarak jauh yang semestinya kamu lakukan dan sediakan. Diteliti dulu sebelum berangkat ya!


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below