7 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan


  • 7 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan
    Mabuk perjalanan ketika berwisata jauh dapat mengganggu suasana liburan, sehingga berubah jadi tidak menyenangkan. (Foto: Dok. Mroux Bulikowska/Unsplash)

    Mabuk perjalanan merupakan kondisi seseorang yang menganggu sistem keseimbangan dan kerap terjadi di bus, kereta api, mobil, kapal, dan pesawat. Tidak berbahaya sampai mengancam nyawa, tetapi ketika seseorang mengalami mabuk yang berkepanjangan akan membuat perjalanan wisata jadi tidak menyenangkan. Mabuk perjalanan sendiri umumnya terjadi pada orang tua, penderita migrain, wanita hamil, dan anak-anak.

    Ketika sistem keseimbangan seseorang dirangsang dengan melajunya kendaraan di atas aspal, mabuk perjalanan akan terjadi seiring timbulnya rasa mual di dalam perut, tubuh mulai mengeluarkan keringat, dan kepala terasa pusing berat. Tapi, tahukah kamu? Jika seseorang memiliki orang tua atau kerabat dekat yang sangat rentan terhadap mabuk perjalanan saat melakukan wisata, maka kemungkinan besar ada hubungannya faktor genetik yang diturunkan.




    (Baca Juga : 12 Tips Aman Traveling Saat Pandemi)


    Selain itu, ada pula hal paling umum yang biasa seseorang siapkan sebelum terserang mabuk perjalanan, yaitu menyediakan kantong plastik dan minyak kayu putih di dalam tas. Agar wisata bersama orang terkasih tidak terganggung, simak deretan tips dari HerWorld Indonesia dalam mengatasi mabuk perjalanan.


    1. Hirup udara segar dan atur pernapasan dengan tenang


    Jika kamu sedang melakukan wisata menggunakan mobil pribadi atau bus lalu tiba-tiba terasa ingin muntah, bukalah jendela samping tempatmu duduk lalu atur pernapasan dengan hembus dan keluarkan napas dari hidung dalam ritme yang pelan. Tenangkan dirimu terlebih dahulu, kemudian hirup udara segar sebanyak-banyaknya karena pada saat perutmu terasa mual akibat mabuk perjalanan, maka pertolongan pertama yang kamu butuhkan adalah oksigen dari luar. Kamu juga bisa meminta supir untuk menghentikan kendaraan dan berjalan-jalan selama beberapa menit jika diperlukan.


    2. Minum jahe hangat


    Cara mengatasi mabuk perjalanan

    (Minum jahe hangat dapat mengembalikan rasa segar dalam tubuh setelah memuntahkan isi perut akibat mabuk perjalanan. Foto: Dok. Paje Victoria/Unsplash)

    Seandainya pun kamu tidak tahan lagi untuk mengeluarkan isi perutmu, pastikan sebelum melakukan wisata perjalanan, kamu sudah menyiapkan air jahe hangat instan di dalam botol termos khusus. Setelah kamu memuntahkan semua makananmu, ada baiknya untuk beristirahat sejenak untuk mengembalikan keseimbangan tubuh agar tidak memperparah rasa mual dan pusing. Dilanjutkan dengan minum jahe hangat secara perlahan guna mengusir perasaan mabuk akibat perjalanan yang jauh. Minuman jahe hangat terbukti ampuh mengatasi mabuk perjalanan dan menetralkan kondisi perut setelah muntah.


    3. Ubah posisi duduk senyaman mungkin


    Di dalam kendaraan apapun ketika kamu sudah merasakan tanda-tanda mual, cobalah untuk mengubah posisi dudukmu dengan membaringkan kepala jadi tigapuluh derajat atau lebih. Hal ini harus dilakukan demi meringankan rasa mual ingin muntah. Selain itu, sebelum kendaraan mulai berjalan, carilah posisi duduk yang rendah risiko menimbulkan pusing dan mual. Jika memungkinkan, segera ambil tempat duduk dibagian depan kemudi karena posisi tersebut dianggap paling aman guna menghindari mabuk perjalanan.


    (Baca Juga : Produk Perawatan Tubuh ini Wajib Dibawa Saat Traveling!)


    4. Pastikan perut tidak kosong


    Jadwalkan waktu yang tepat untuk  mengisi perut sebelum memulai perjalanan wisata. Pergi wisata dengan perut kosong, sama saja mencari masalah karena akan membuat lambungmu memproduksi asam berlebih sehingga memicu rasa mual serta pusing di kepala. Namun harus diingat juga, makanan yang tidak dianjurkan ketika hendak berpergian jauh adalah makanan berlemak tinggi, mengonsumsi makanan terlalu pedas, minum minuman beralkohol, bersoda, atau berkafein.


    5. Selalu sediakan obat anti mabuk


    Mabuk perjalanan memanglah bukan kondisi medis yang serius dan dapat berangsur hilang dengan sendirinya. Tapi jangan remehkan rasa mual yang akan menyerangmu saat dalam perjalanan wisata, karena dapat menyebabkan terganggungnya konsentrasi untuk bersenang-senang. Maka dari itu, kamu harus siap sedia obat anti mabuk di dalam tas travelmu. Obat anti mabuk yang dapat dibeli di apotek terdekat selain Antimo Strip adalah Dramamine 50 mg.


    6. Jauhkan ponsel dan buku bacaan


    Cara mengatasi mabuk perjalanan

    (Selain membaca dan bermain ponsel, hindari juga menonton film ketika sedang dalam kendaraan agar tidak memicu sakit kepala yang menyebabkan mabuk perjalanan. Foto: Dok. whereslugo/Unsplash)


    Dalam pencegahannya, mabuk perjalanan dapat diatasi dengan menghindari bermain ponsel dan membaca buku selama di dalam kendaraan. Meski bagi sebagian orang kegiatan ini dilakukan untuk mengulur waktu, tetapi bagi mereka yang mudah terserang mabuk perjalanan, dua aktivitas tersebut akan memicu sakit kepala kemudian membuat perut terasa mual. Lebih baik, alihkan kegiatanmu di dalam kendaraan mobil dengan mendengarkan musik klasik agar tubuh dan pikiran makin rileks sehingga tidak terlalu tegang. 


    (Baca Juga : 8 Drama Korea Ini Wajib Ditonton Saat Kamu Rindu Traveling)


    Perjalanan wisata yang ditunggu-tunggu kerap kali terganggu karena terserang mabuk perjalanan. Untuk menghindari liburan jadi tidak menyenangkan, mabuk perjalanan dapat diatasi dengan cara-cara di atas sesuai kondisimu. Selalu perhatikan Kesehatan lebih dulu sebelum pergi liburan, semoga tips singkat yang dibagikan HerWorld Indonesia bermanfaat untuk kamu dan keluarga, ya!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below