Tampil Awet Muda, Ini 5 Manfaat Daun Kelor Untuk Wajah


  • Tampil Awet Muda, Ini 5 Manfaat Daun Kelor Untuk Wajah
    Manfaat daun kelor untuk wajah. (Foto: Dok. Lynne Beclu/iStock)

    Banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis Asia Selatan, kelor menjadi salah satu tanaman yang menyimpan ragam khasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tergolong sebagai salah satu superfood, daun kelor rupanya mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C serta asam folat, kalsium, dan fosfor. Khasiat yang tersimpan inilah membuat daun kelor juga menyimpan manfaat untuk wajah.


    Mulai dari mengatasi jerawat hingga membuat wajah terlihat awet muda, inilah ragam manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Penasaran apa saja?




    (Baca Juga: Bekas Jerawat Hilang, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    1. Meningkatkan produksi kolagen

    Daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kabar baik bagi kulitmu yang membutuhkan vitamin C agar produksi kolagen tetap terjaga. Pada dasarnya, vitamin C membantu tingkatkan produksi kolagen dan regenerasi sel sehingga kulit wajahmu dapat memperbaiki kondisinya secara mandiri dan wajah tetap terlihat awet muda.


    Tak hanya meningkatkan produksi kolagen, kamu bisa memanfaatkan daun kelor untuk menjaga kadar kolagen tetap stabil yang juga karena kandungan vitamin C di dalamnya. Setidaknya, daun kelor menyimpan kandungan vitamin C kira-kira tujuh kali lebih tinggi dari jeruk.


    manfaat daun kelor untuk wajah

    (Mengatasi jerawat dengan daun kelor. Foto: Dok. Douce Fleur/iStock)


    2. Mengatasi masalah jerawat

    Banyak hal yang bisa membantu kamu atasi masalah jerawat pada wajah, kandungan asam linoleat menjadi salah satu yang efektif. Kandungan inilah yang tersimpan dalam daun kelor sehingga bahan alami satu ini dinilai mampu mengatasi secara efektif dengan cara yang alami.


    Daun kelor pun memiliki efek antimikroba sehingga cocok untuk mengurangi jerawat yang timbul akibat bakteri serta bisa menghambat produksi minyak berlebihan yang kerap jadi salah satu penyebab jerawat. Selain jerawat, daun kelor pun juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi komedo.


    3. Membuat wajah cerah dan berkilau secara alami

    Manfaat daun kelor untuk wajah ini bisa membuatmu beralih dari rangkaian produk skincare yang menjanjikan wajah tampak cerah berkilau. Baik dalam diolah menjadi masker atau minyak, daun kelor dapat membantu atasi berbagai masalah kulit seperti kelelahan dan juga menjaga kadar minyak pada wajah tetap terjaga.


    Selain itu, daun kelor juga bermanfaat untuk meratakan warna kulit dengan menghilangkan flek hitam dan juga bekas jerawat pada wajah.


    (Baca Juga: Rekomendasi 6 Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Kering)


    4. Mengecilkan pori-pori wajah

    Cara daun kelor mengatasi jerawat dan komedo pada wajah juga, salah satunya, membantu cegah kotoran dan kuman masuk ke kulit. Perlahan, proses ini membuat pori-pori wajah mengecil dan kamu pun bisa jalani hari tanpa pusing akan masalah kulit wajah.


    Kamu bisa melarutkan daun kelor secara alami ketika membasuh wajah dengan air, atau menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung minyak kelor di dalamnya. Pada dasarnya, kamu mengatasi dua masalah dalam satu kali pemakaian, membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sekaligus mengecilkannya.


    5. Mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah

    Kerutan halus yang mendadak muncul itu berarti tanda-tanda penuaan sudah dimulai. Buat kamu yang ingin wajahnya terlihat awet muda, daun kelor bisa dimanfaatkan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor menjadi bahan alami untuk menjaga wajahmu tetap berkilau dan awet muda.


    Antioksidan yang terkandung dalam daun kelor atau moringa dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Jadi buat kamu yang belum siap terlihat tua, daun kelor bisa jadi pilihan.


    manfaat daun kelor untuk wajah

    (Daun kelor dijadikan lip balm. Foto: Dok. AnSyvanych/iStock)


    6. Melembapkan bibir

    Buat kamu yang memiliki bibir kering dan masih mencari pelembap yang cocok, daun kelor bisa kamu manfaatkan. Minyak alami dari daun kelor sering digunakan dalam produk perawatan bibir, menjaga bibir tetap lembap dan halus. Kamu cukup membeli produk lip balm dan lip cream yang mengandung minyak daun kelor, cepat atau lambat bibirku akan kembali lembap dan halus.


    (Baca Juga: Rekomendasi 6 Moisturizer Terbaik Untuk Kulit Berminyak)


    Baik dalam bentuk minyak atau diaplikasikan langsung ke wajah, ada banyak manfaat daun kelor yang bisa kamu gunakan untuk wajah. Berbagai masalah wajah teratasi dengan bahan yang lebih alami juga. Tertarik untuk mencoba?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below