Selain Telur, Ini 8 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi


  • Selain Telur, Ini 8 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
    Makanan yang mengandung protein tinggi. (Foto: Dok. Karl Solano/Pexels)

    Makanan berprotein tinggi menjadi sumber vitamin penting bagi seseorang yang sedang melaksanakan program diet. Pada dasarnya, asupan protein yang terdapat pada makanan berperan penting dalam mengatur sel-sel dalam tubuh agar tetap terjaga dengan baik. Protein sendiri bisa didapatkan dari berbagai macam sumber makanan, seperti ikan, telur, dan susu.

    Pada masa program diet, tidak hanya untuk menjaga sel-sel dalam tubuh guna membentuk antibodi, protein juga dibutuhkan untuk sumber energi cadangan agar manusia tetap dapat beraktivitas seharian menjalankan kewajibannya sehari-hari. Sama seperti karbohidrat, penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein setiap harinya.




    (Baca Juga : Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)


    Berfungsi mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme, berikut ini HerWorld Indonesia rekomendasikan deretan makanan tinggi protein selain ikan, telur, dan susu yang cocok untuk dikonsumsi selama melaksanakan program diet. Check this out!


    1. Brokoli

    Makanan yang mengandung protein

    (Brokoli, salah satu makanan berjenis sayuran yang mengandung protein tinggi. Foto: Dok. Alisha Mishra/Pexels)


    Kaya vitamin, serat, dan mineral, sayuran yang tinggi protein satu ini mempunyai manfaat untuk membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Disamping itu, brokoli kerap jadi sayuran utama dalam setiap hidangan diet vegetarian. Pasalnya, brokoli mempunyai karbohidrat untuk mempertahankan gula darah rendah dan mencegah rasa lapar yang berlebihan.


    2. Bayam

    Makanan yang mengandung protein

    (Sayuran bayam merupakan makanan yang mengandung protein tinggi dan cocok dijadikan bahan campuran salad. Foto: Dok. Kaboompics com/Pexels)


    Sering dijadikan bahan lauk sehari-hari, ternyata bayam memiliki protein tinggi serta berbagai macam vitamin baik yang bermanfaat untuk program dietmu. Memenuhi 100 persen asupan harian vitamin K, bayam juga mengandung senyawa tanaman yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan pertahanan antioksidan.

    Dapat dikonsumsi dengan beraneka cara, kamu bisa mengolah sayuran bayam dengan cara ditumis atau sebagai campuran salad.


    3. Kembang kol

    Dianggap ampuh mencegah penyakit kanker, kembang kol termasuk sayuran dengan protein tinggi yang cocok dijadikan makanan diet. Mudah ditemui di pasar dan mudah diolah menjadi berbagai macam makanan sehat, kembang kol termasuk jenis sayuran yang rendah kalori dan mengandung banyak air.

    Bersifat antiradang sehingga mampu membantu melindungi tubuh dari hipertensi dan penyakit jantung, kembang kol dapat diolah menjadi pengganti beras karena mengandung karbohidrat yang setara seperti nasi. Cocok bagi kamu yang sedang dalam program diet keto, serat kembang kol berperan penting dalam pencegahan obesitas.


    4. Selada air

    Tahukah kamu? Sayuran yang mengandung protein tinggi seperti selada air telah menjadi makanan pokok tentara Romawi ribuan tahun lalu. Selada air mengandung cukup kalsium, magnesium, dan potasium untuk menjaga tekanan darah tinggi agar tetap normal.

    Selain itu, selada air disebut-sebut sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Berdampak baik bagi kecantikan, rutin mengonsumsi selada air menjadi olahan salad akan mengurangi selulit dan kerutan pada kulit.


    (Baca Juga : Tips Diet Berdasarkan Zodiak)


    5. Asparagus


    Asparagus adalah salah stau sayuran yang begitu populer dikalangan vegetarian dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker, asparagus juga mengandung fruktooligosakarida yang memberikan manfaat prebiotic guna merangsang pertumbuhan bakteri usus yang baik.

    Disamping itu, asparagus dapat diolah dengan cara dipanggang, rebus, atau dikukus. Asparagus juga baik untuk ditambahkan dalam salad.


    6. Almond

    (Mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan juga baik untuk tubuh. Sebab, kacang almond termasuk makanan ringan yang mengandung protein tinggi. Foto: Dok. /Pexels)


    Sebenarnya, kacang almond merupakan biji-bijian. Tetapi orang sering mengelompokkannya dalam kategori kacang dengan protein tinggi. Selain tinggi protein, almond juga mengandung antioksidan. Senyawa baik dari kacang almond ini dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker mematikan.

    Bisa dikonsumsi untuk program diet, makanan tinggi protein satu ini dapat dijadikan cemilan. Agar tidak bosan, padukan hidangan kacang almond dengan potongan buah sesuai selera.


    7. Pistachio


    Umumnya berwarna hijau dan memiliki rasa manis, kacang pistachio adalah salah satu kacang berkalori terendah, yang dapat dijadikan cemilan untuk diet tanpa harus khawatir berat badan makin bertambah.

    Kaya akan serat, kacang pistachio bermanfaat baik untuk mengusir bakteri jahat dalam usus sehingga metabolisme pencernaan jadi lebih lancar tanpa hambatan.


    8. Kacang mete


    Tidak hanya tinggi protein, kacang mete juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Bisa langsung dikonsumsi atau diolah dengan cara dipanggang, kacang mete utuh atau bubuk juga dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan, mulai dari tahu orak-arik, olahan sup, salad, dan semur.


    (Baca Juga : Cara Menjaga Pola Makan Yang Benar Setelah Diet)


    Nah, inilah dia beberapa makanan protein tinggi yang dapat kamu jadikan bahan dasar untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet. Olah sesuai seleramu, seimbangkan juga dengan rajin berolahraga, ya.




    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below