Ini 5 Bahan Alami Yang Jadi Esensial Bagi Kesehatan Wanita


  • Ini 5 Bahan Alami Yang Jadi Esensial Bagi Kesehatan Wanita
    Bahan alami esensial untuk kesehatan wanita. (Foto: Dok. Shantanu Pal/Pexels)

    Wanita mungkin bisa jadi kelompok gender yang kemampuan multitasking-nya hampir tidak ada lawan. Peran wanita sebagai ibu rumah tangga, wanita karier, ataupun keduanya, ditambah fokus yang memprioritas kondisi keluarga dalam keadaan terbaik, kerap membuat para wanita lupa bahwa ada diri yang juga perlu dijaga kesehatannya.


    Dengan berbagai peran yang dijalani dalam waktu bersamaan, setiap hari pula, wanita membutuhkan asupan yang esensial untuk mengoptimalkan kesehatannya. Imunitas tubuh yang baik, fokus yang tinggi, serta mood yang stabil ini adalah beberapa hal yang perlu dijaga para wanita selama berkegiatan.




    Dari ujung rambut hingga ujung kaki, kesehatan wanita bisa terjaga secara optimal tanpa perlu perawatan yang mahal, cukup memanfaatkan kekayaan bahan alami yang tersimpan di tanah Indonesia. Buat kamu, para wanita, yang mulai mencari cara optimalkan kesehatanmu, mungkin daftar bahan alami ini bisa jadi esensial bagi kesehatan wanita. Penasaran apa saja?


    (Baca Juga: Ragam Manfaat Menakjubkan Kunyit Untuk Kecantikanmu)


    1. Daun Kelor

    bahan herbal untuk kesehatan wanita

    (Daun kelor. Foto: Dok. Lynne Benclu/iStock)


    Daun ini didapatkan dari tanaman yang berada di bagian Utara India. Moringa leaves atau daun kelor memiliki reputasi yang baik sebagai bahan pengobatan alami karena kandungan di dalamnya. Protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, vitamin C, dan vitamin A adalah beberapa khasiat yang tersimpan dalam daun ini.


    Bagi wanita, khususnya yang sedang mengandung, daun kelor dapat mencegah risiko anemia atau kekurangan darah. Daun kelor, yang juga menyimpan kandungan zat besi, dapat membantu tingkatkan produksi hemoglobin pada ibu hamil sehingga baik sang ibu maupun janin dalam kandungan mendapatkan pasokan darah yang cukup.


    Selain itu, bagi para wanita yang memasuki masa menopause atau mengalami menopause dini, daun kelor dapat meningkatkan antioksidan yang perlahan berkurang dalam tubuh wanita seiring dengan penurunan kadar hormon estrogen.


    2. Jintan Hitam

    bahan herbal untuk kesehatan wanita

    (Bubuk jintan hitam. Foto: Dok. Rouzes/iStock)


    Mungkin akhir-akhir ini nama habbatussauda mulai familier di telinga, tetapi jintan hitam jadi salah satu rempah yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Rempah dari tanaman ini banyak ditemukan di kawasan Asia Selatan dan Asia Barat. Biasanya, jintan hitam dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah.


    Selain menambah cita rasa pada masakan, jintan hitam juga menyimpan kandungan yang esensial bagi kesehatan wanita. Mulai dari meningkatkan respon imun tubuh terhadap radikal bebas yang masuk, menyeimbangkan kadar hormon, hingga berpotensi melawan sel kanker. Jintan hitam sendiri dikenal mampu meredakan gejala eczema dan masalah jerawat sehingga kulit wajah terjaga kesehatannya.


    3. Kunyit

    bahan herbal untuk kesehatan wanita

    (Bubuk kunyit. Foto: Dok. Alexander Ruez/iStock)


    Sebuah rempah yang tak pernah hilang tanpa menghilangkan jejak, dalam hal ini warna kuning cerah, khasiat dalam kunyit sudah menjadi rahasia umum. Mungkin kamu sering mendengar banyak wanita yang meminum jamu kunyit asam ketika haid, guna melancarkan proses keluarnya darah kotor dari tubuh, tetapi banyak manfaat kunyit yang membuatnya jadi rempah wajib para wanita.


    Selain melancarkan proses haid dan mengurangi rasa sakitnya, kunyit juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari racun, mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan noda bekas jerawat. Nah, buat kamu yang tengah menjalani program diet menurunkan berat badan, konsumsi kunyit bisa mengontrol nafsu makan sehingga membantumu dapatkan berat badan yang ideal.


    (Baca Juga: Penyebab Nyeri Berlebihan Saat Haid dan Cara Mengatasinya)


    4. Asam Jawa

    bahan herbal untuk kesehatan wanita

    (Asam jawa. Foto: Dok. Narong Khueankaew/iStock)

    Bahan alami yang juga esensial untuk kesehatan wanita berikutnya adalah asam jawa. Tamarind atau asam jawa sudah menjadi salah satu rempah yang familier di telinga masyarakat. Tumbuhan khas daerah tropis ini pun banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan juga dijadikan permen karena rasanya yang unik.


    Namun, di balik rasanya, asam jawa menyimpan ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Contoh, bagi para ibu hamil, asam jawa dapat melawan morning sickness yang kerap dialami selama kehamilan, mengurangi rasa mual dan muntah tetapi harus dengan konsultasi dokter. Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi membuat asam jawa memiliki efek anti-aging, cocok buat menjaga penampilan wajah awet muda.



    Mungkin bahan herbal satu ini asing di telinga, tetapi maca adalah salah satu tanaman yang banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh para atlet. Tanaman yang berasl dari Peru ini dimanfaatkan akarnya untuk menambah energi serta performa tubuh. Meski bersifat stimulan, akar maca tidak mengandung kafein sehingga tak memberi efek gugup atau gemetar.


    Rasa akar maca memang agak pahit dan cenderung earthy, biasanya ditambahkan pada smoothie atau minum seperti cokelat panas. Bubuk akar maca sendiri juga bisa menyeimbangkan kadar hormon estrogen pada wanita sekaligus mengurangi gejala menopause, serta meningkatkan kepadatan tulang.


    (Baca Juga: 8 Jenis Teh Herbal Ini Bisa Tenangkan Kamu Dari Rasa Cemas)


    Mungkin bahan-bahan alami di atas menjadi esensial bagi kesehatan wanita, tetapi mengumpulkan semua bahannya terasa kurang praktis di tengah kesibukanmu. Jangan bingung karena produsen produk herbal, Herbana memadukan kelima bahan tersebut dalam varian terbarunya Herbana Essential Dhari – Woman’s Daily. Selain lima bahan tersebut, produk juga memanfaatkan beberapa bahan alami lainnya seperti cabai jawa, ginseng, dan jahe merah.


    bahan herbal untuk kesehatan wanita, Herbana Essential Dhari – Woman’s Daily

    (Herbana Essential Dhari – Woman’s Daily. Foto: Dok. Herbana)


    Suplemen multi-herbal khusus wanita yang bisa jadi alternatifmu untuk penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan terbuat dari 100% bahan herbal. Kemasan berisi 60 kaplet ini kamu konsumsi sebanyak dua kapsul setiap pagi untuk menunjang kondisi tubuhmu sehari-hari.

    Rasanya pemenuhan nutrisimu sebagai wanita, di tengah padatnya keseharianmu, terasa lebih mudah karena produk ini bisa kamu dapatkan di Boots, Watsons, dan AEON Jabodetabek, serta online melalui website Herbana ataupun marketplace Tokopedia dan Shopee. 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below