Ragam Manfaat Menakjubkan Kunyit Untuk Kecantikanmu


  • Ragam Manfaat Menakjubkan Kunyit Untuk Kecantikanmu
    Ragam Manfaat Menakjubkan Kunyit Untuk Kecantikanmu (Foto: Dok. Jigsaw Stocker/Freepik)

    Indonesia terkenal sebagai negara yang mempunyai banyak ragam macam rempah. Kunyit, salah satu bumbu dapur yang jadi primadona dalam dunia kuliner ini ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penyedap suatu masakan saja. Namun, ia juga memiliki manfaat ajaib untuk menjaga kesehatan tubuh serta kecantikanmu, lho.

    Mudah ditemukan di pasar tradional atau modern, si kuning kaya manfaat ini mengandung sifat anti radang dan antioksidan yang berpengaruh baik untuk perawatan wajah. Jika kamu sedang mengalami masalah kulit seperti berjerawat, masker kunyit bisa jadi alternatif pilihan untuk bantu atasi jerawat membandelmu.




    (Baca Juga : Manfaat Cokelat Untuk Kecantikan)


    Punya segudang manfaat baik, tidak heran beberapa produk kosmetik dan kecantikan di Indonesia menggabungkan formula racikan kunyit sebagai bahan dasar. Di samping khasiatnya yang bisa buat wajah awet muda dan bersinar, intip ragam manfaat kunyit untuk kecantikan wajah dan tubuhmu seperti yang sudah HerWorld Indonesia rangkum di bawah ini.


    1. Mencegah penuaan dini


    Munculnya kerutan halus di wajah dianggap sebagai mimpi buruk bagi sebagian wanita. Seringnya terpapar sinar UV secara langsung, dapat menyebabkan kulit wajah jadi gosong hingga terserang kanker kulit. Guna membantu mengurangi risiko penuaan dini, kamu bisa memanfaat kunyit untuk melindungi kulit wajahmu dari efek jahat sinar matahari. Sebab, kunyit mampu mencegah terbentuknya enzim elastase yang jadi faktor hilangnya kemampuan kulit dalam memproduksi elastin. Ini juga akan memperlambat pembentukan garis-garis halus dan kerutan pada wajah.


    2. Memudarkan bekas jerawat


    Meski kulit wajah sudah mulus setelah melewati proses panjang dalam menghilangkan jerawat, terkadang bekasnya masih meninggalkan jejak. Bikin kepercayaan diri berkurang, kamu bisa melakukan DIY masker bubuk kunyit yang dicampur dengan lidah buaya, madu, dan yoghurt. Selain bisa membuat kulit lebih rileks, sifat anti radang kurkumin dalam kunyit bisa membantu perbaiki struktur pori-pori wajah sehingga jaringan parut pun ikut berkurang.


    3. Ampuh mengangkat sel kulit mati


    Ragam Manfaat Menakjubkan Kunyit Untuk Kecantikanmu

    (Manfaat baik kunyit untuk angkat sel kulit mati. Foto: Dok. Raw Pixel/Freepik)


    Penyebab munculnya sel kulit mati bisa disebabkan oleh faktor lingkungan dan iklim. Selain itu, tidak rajin mencuci muka dengan sabun khusus perawatan juga bisa membuat kotoran-kotoran tersebut menempel dan menghalangi proses pergantian sel-sel kulit baru. Manfaat lain yang bisa kamu peroleh jika rutin dua kali seminggu pakai masker kunyit adalah dapat mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati dan melembapkan kulit wajahmu.


    (Baca Juga : Ketahui Manfaat Jojoba Oil Untuk Kecantikan)


    4. Mengatasi minyak berlebihan


    Mempunyai peran penting, sebum merupakan zat berminyak yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit. Walau kehadirannya untuk menjaga kelembapan kulit wajah, tetapi bila sebum memproduksi secara berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan mudah timbul jerawat.

    Untuk mengatasi minyak berlebih, kamu bisa memanfaatkan kombinasi masker wajah bubuk kunyit kuning dan bubuk cendana. Setelah kedua bahan telah dicampur jadi satu, tuangkan saja air mawar dan aduk hingga menjadi pasta. Masker siap untuk digunakan, jangan lupa diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Selamat mencoba!


    5. Mencegah tumbuhnya bulu-bulu halus di tubuh


    Ragam Manfaat Menakjubkan Kunyit Untuk Kecantikanmu

    (Manfaat kunyit untuk merontokan rambut-rambut yang tidak diinginkan. Foto: Dok. Nensuria/Freepik)



    Waxing menjadi pilihan terbaik yang sering ditempuh oleh para wanita untuk menghilangkan rambut-rambut kasar dan halus di tubuhnya. Cara alami yang murah tanpa harus menahan sakit bisa kamu dapatkan dengan mandi menggunakan lulur kunyit. Ini akan membantu kulitmu memperlambat tumbuhnya bulu-bulu yang tidak diinginkan di area tubuhmu.

    Selain itu, untuk merontokan bulu ketiak secara alami kamu tinggal campurkan dua sendok teh yang sudah dihaluskan dengan dua sendok bubuk kunyit. Setelah kedua bahan sudah tercampur dengan rata, langsung aplikasikan pada ketiak dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, lakukan ritual perawatan ini secara rutin.


    (Baca Juga : Manfaat Jus Wortel Untuk Kecantikan yang Patut Diketahui)


    Kekayaan manfaat kunyit sudah lama digunakan masyarakat Indonesia untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Beragam bentuk produk perawatan kulit yang menawarkan khasiat kandungan dari kunyit bisa ditemukan dimana-mana. Untuk perawatan dari dalam, jamu kunyit asam adalah jamu yang paling sering dikonsumsi untuk meredakan nyeri pada saat datang bulan, mengendalikan gula darah, hingga berperan penting dalam menurunkan berat badan.




    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below