Jimbaran Puri Kian Buktikan Cintanya Pada Bumi


  • Jimbaran Puri Kian Buktikan Cintanya Pada Bumi
    Jimbaran Puri (Foto: Dok. Belmond Jimbaran Puri)

    Tersembunyi manis di area Jimbaran, Bali, Resor Jimbaran Puri, a Belmond Hotel, yang jauh dari keramaian ini akan selalu menawarkanmu pengalaman menginap yang begitu zen. Bagaimana tidak, di sini kamu akan menemukan sebuah tempat untuk bermalam yang nyaman dikelilingi dengan pepohonan hijau, pantai nan bersih dengan suara ombak yang mendayu, ornamen khas Pulau Dewata yang bertebaran di sekitar akomodasi, dan kamar yang teramat nyaman untuk diinapi bersama teman, keluarga, atau orang tersayang.

    Tentu jika kamu menginginkan momen relaksasi yang maksimal, hotel yang punya vibe pedesaan khas Bali ini akan cocok untuk memfasilitasi semua keinginanmu.




    (Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Bali Yang Cocok Untuk Pacaran)


    belmond jimbaran puri

    (Menikmati spa tradisional dengan bahan-bahan alami asli Bali. Foto: Dok. Jimbaran Puri)

    Lebih daripada itu, Jimbaran Puri tak cuma memberikan hospitality yang baik untukmu dan para tamu yang datang, tapi juga memberi sesuatu yang jauh lebih besar pada alam, bumi, dan lingkungan sekitarnya. Komitmen inilah yang yang terus dipertahankan khususnya dalam mengembangkan inisiatif berkelanjutan sebagai cara berkontribusi pada kehidupan yang berlangsung di sekitarnya.

    Manusia, langit, tanah, dan air, adalah sebuah lingkar utama yang ingin diseimbangkan dan dijaga kebaikannya untuk memberi pengalaman menginap yang berbeda sekaligus sustainable di mana beberapa diantaranya mencakup pemanfaatan produk lokal untuk meminimalisir jejak karbon, mengembangkan menu makanan serta minuman yang berbahan baik, serta mengatur kebijakan dalam pengelolaan limbah.


    Dari mereka, untuk kita semua

    belmond jimbaran puri

    (Petani garam Kusamba. Foto: Dok. Jimbaran Puri)


    Karena berada di pulau beriklim tropis dan subur, Jimbaran Puri senantiasa dikelilingi oleh hasil bumi yang melimpah di mana memungkinkan mereka dalam mengakses produk pangan yang segar dari daerah sekitarnya dan dari pemasok lokal yang terpercaya. Sebut saja nelayan setempat yang dapat memberi hasil laut terbaik, petani kopi di dataran tinggi Bali yang memberi biji kopi lokal dengan kualitas teratas, hingga petani garam laut yang bisa memasok garam untuk digunakan pada produk spa.

    Dengan menggunakan bahan dari lingkungan sekitar, Jimbaran Puri jelas berupaya untuk mengurangi emisi dan jejak karbon pada proses pengiriman yang biasanya tersumbang dari kendaraan bermotor. Tak cuma itu, dengan menggunakan produk lokal juga untuk perawatan spa dan wellness, maka para tamu pun akan mendapat pengalaman otentik khas Bali yang takkan ditemukan di tempat lain di luar Tanah Para Dewa.


    (Baca Juga: Wajib Dikunjungi, Ini 6 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara)


    Untuk kopi lokal, Jimbaran Puri bekerja sama dengan petani sekitar untuk memasok kopi yang digunakan untuk Lulur Kopi Bali yang terbuat dari kopi lokal dan batu vulkanik dari Gunung Agung. Tak cuma itu, mereka pun memanen biji kopi asli dari luwak sebagai lulur kopi luwak yang eksklusif. Sama hal nya dengan garam laut. Mereka menggunakan garam laut Kusamba yang diproduksi oleh kelompok petani Garam Kusamba di Karangasem dengan menggunakan metode tradisional berusia 700 tahun. Punya perpaduan organik dan alami antara tanah, mata air, dan air asin di Pantai Kusamba, garam dari laut ini memiliki nutrisi dan mineral tersendiri yang cuma bisa kamu temukan di Bali.


    Kian ramah lingkungan secara holistik

    belmond jimbaran puri

    (Nelayan setempat yang punya peran besar dalam memasok ikan segar pada pihak hotel. Foto: Dok. Jimbaran Puri)


    Sebagai bagian dari inisiatif, Jimbaran Puri pun turut berpartisipasi di Sustainable Food Festival yang diselenggarakan oleh Bali Hotel Association pada 27 September hingga 16 Oktober 2021 silam. Di sini, Jimbaran Puri berhasil membuat kurasi menu yaitu Sustainable Aperitivo di mana menggunakan 100% bahan lokal yang dipanen secara bertanggung jawab.

    Para bartender in-house mereka juga kian kreatif dalam menciptakan menu minuman yang menggunakan bermacam rempah Bali. Tirta Bali salah satunya. Dibuat dari madu lokal alami, serai organik, jahe, jeruk nipis, daun rosemary, serta kelapa herbal berkarbonasi, minuman ini begitu menyegarkan dan sarat nilai akan nilai baik.

    Selain itu, ada juga cocktail 'Avatar' yang dibuat dari arak Bali yang dicampur dengan teh, cokelat, mint, dan sirup kayu manis. Rasanya mengejutkan dan akan membuat siapa pun yang menyesapnya merasa bahagia. Lalu beralih ke nalayan, Jimbaran Puri yang juga bekerja sama dengan nelayan sekitar, akhirnya sukses membuat makanan lezat yang ditawarkan pada festival ini. Sebut saja 'Sate Lilit be Sampi' legendaris yang terbuat dari daging sapi organik, 'Lumpia Sayur' dari sayuran lokal, dan 'Bola-Bola Udang, Ubi dan Keju', yang berupa kroket khas Indonesia favorit semua orang. Tak cuma enak, namun seluruh makanan dan minuman ini juga dibuat di atas sebuah good value yang patut diapresiasi. 


    Tak pernah berhenti 


    (Bangga dengan produk lokal yang ramah lingkungan. Foto: Dok. Jimbaran Puri)


    Masih terus berlanjut, kesadaran akan lingkungan dalam seluruh struktur Jimbaran Puri nyatanya tak lepas dari inisiatif dan peran tim in-house yang dipimpin oleh Kepala Divisi Rekreasi, Bapak Hardika. Di sini, beliau membuat inovasi eko-enzim berupa cairan zat organik kompleks yang dihasilkan dari proses fermentasi sampah dedaunan dan seluruh sisa makanan hotel. Jadi seluruh sampah makanan di sini terolah dengan baik hingga hasil proses pembusukan akan punya nilai baik kembali bagi alam.

    Untuk konsumsi para tamu di dalam hotel, air minum bersoda yang disajikan pun diproduksi secara alami di mana air tersebut disaring dengan baik sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para tamu. Disajikan dalam botol kaca steril, penyajian air segar ini dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah plastik sekali pakai yang begitu signifikan di area resor.

    Untuk itu, sampah-sampah seperti kaleng, gelas, kertas, atau karton yang ada di sekitar penginapan ini nantinya akan diserahkan pada pihak ketiga yaitu mitra Belmond Jimbaran Puri, PT Jimbaran Lestari, untuk diolah sehingga dapat berguna kembali di lain waktu. 


    (Baca Juga: Nikmati Momen Hangat Keluarga Bersama Hyatt Indonesia)


    So, well done and good luck to Jimbaran Puri! Semoga makin baik dalam memberi pelayanan bagi bumi dan seluruh isinya. 







  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below