Wajib Dikunjungi, Ini 6 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara


  • Wajib Dikunjungi, Ini 6 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara
    Destinasi wisata Nusa Tenggara. (Foto: Dok. Denissa Devy/Unsplash)

    Layaknya sebuah kejutan, Indonesia menyimpan pesona alam yang tak henti membuat semua orang berdecak kagum setiap kali melihatnya. Mulai dari hijaunya pegunungan dan hutan di ujung Barat hingga pesisir pantai di ujung Timur, kamu mendapatkan paket lengkap jika ingin menikmati sekaligus mengeksplorasi keindahan alam.


    Kawasan Nusa Tenggara, Barat maupun Timur, menjadi dua lokasi yang tak kalah memesona dan bisa membuatmu terpukau dengan keindahannya. Mulai dari desa rakyat hingga pesisir pantai, inilah beberapa destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang wajib kamu kunjungi. Penasaran apa saja?




    (Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Bali Yang Cocok Untuk Pacaran)


    1. Taman Nasional Kelimutu

    destinasi wisata nusa tenggara

    (Danau Kelimutu. Foto: Dok. Talitan BP/Trip Advisor)


    Sebuah taman nasional yang dibuat khusus untuk melindungi salah satu kekayaan alam khas Tanah Air yaitu Danau Kelimutu. Terletak di puncak Gunung Kelimutu, Flores, taman nasional satu ini dikenal karena tiga warna yang pancarkan pesona untuk banyak pasang mata.


    Danau tiga warna yang menjadi destinasi wajib para turis, lokal maupun mancanegara ini diberi nama Kelimutu. Nama tersebut diambil dari salah satu dari dua puncak gunung tertinggi di kawasan ini yaitu Gunung Kelimutu. Setelah sempat tutup saat masa pandemi, Taman Nasional Kelimutu sudah kembali menyambut para turis dengan beberapa peraturan dan protokol kesehatan yang ketat.


    2. Desa Adat Wae Rebo


    Adat budaya masyarakat setempat menyempurnakan pesona Nusa Tenggara Timur. Desa adat Wae Rebo bisa jadi salah satu destinasi wisatamu. Dengan sebutan Negeri di Atas Awan, kamu bisa menebak bahwa untuk sampai ke desa ini, sebuah gunung harus ditanjak dan memakan waktu sekitar empat hingga lima jam untuk sampai di sana.


    Kamu turut merasakan kehidupan masyarakat yang jauh dari hiruk pikuk kota dan modernisasi. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan termasuk mencoba menumbuk padi dan biji kopi, serta belajar membuat tentu khas Wae Rebo.


    3. Bukit Wairinding



    Selain pesisir pantai dan keindahan laut yang terbentang luas, sabana di Pulau Nusa Tenggara jangan sampai terlewatkan. Bukit Wairinding, bentang alam savana hijau adalah salah satu objek wisata andalan di Nusa Tenggara Timur, apalagi saat musim kemarau ketika seluruh permukaan bukit berubah warna menjadi kuning kecokelatan.


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel Unik dan Instagramable di Yogyakarta)


    4. Doro Ncanga


    Terbang ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, kamu semakin dikejutkan lagi dengan keindahan pantai, hutan, dan savananya. Doro Ncanga, sebuah padang penggembalaan di Pulau Sumbawa yang menawarkan padang rumput hijau dengan pohon-pohon rindang. Pemandangan sabana hijau ini pun semakin lengkap untuk diabadikan ketika ribuan hewan ternak seperti sapi, kuda, kerbau, dan kambing mengisi hamparan rumput untuk mencari makan.


    5. Air Terjun Benang Kelambu



    Destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat yang wajib dikunjungi berada di tengah Lombok. Tepatnya di bagian utara wilayah Lombok Tengah, Air Terjun Benang Kelambu bisa menjadi perkenalanmu dengan eksotika alam pegunungan Nusa Tenggara Barat.


    Ketika kamu berkunjung ke sana, kawasan hutan dan perkebunan pun menemani perjalananmu sampai ke air terjun. Dari pintu masuk, kamu hanya perlu 20 menit untuk sampai ke pusat Air Terjun Benang Kelambu untuk nikmati kesegaran udara di hutan Lombok Tengah.


    6. Pantai Bangko-Bangko


    Pantai Bangko-Bangko menjadi salah satu surga bagi kamu yang juga suka berselancar. Ombak pantai yang ganas ini berada di sisi Barat Lombok yang dikenal sebagai Desert Point Beach. Baik peselancar, lokal maupun mancanegara, sudah mengenal pantai yang satu ini.

    Namun, buat kamu yang hanya ingin bersantai menikmati derai ombaknya, hamparan pasir putih di pesisir Pantai Bangko-Bangko siap menyambutmu untuk bersantai sekalian tanning sejenak.



    (Reza Chandika, Rara Sekar, Isyana Sarasvati, dan Afgan dalam AXN Ultimate Challenge Indonesia. Foto: Dok. AXN Asia)


    Buat kamu yang penasaran dengan keindahan Pulau Nusa Tenggara, kanal AXN Asia mengajakmu bertualang bersama Afgan, Isyana Sarasvati, Reza Chandika, dan Rara Sekar. Keempat selebriti Tanah Air ini akan jalani berbagai tantangan mendebarkan selagi mengabadikan keindahan alam Bali dan juga Pulau Nusa Tenggara.


    Dalam program AXN Ultimate Challenge Indonesia, keempat orang ini dibagi dalam dua tim yaitu Team Isyana (Isyana dan Rara) serta Team Afgan (Afgan dan Reza) yang ditantang untuk keluar dari zona nyaman. Mengasah pikiran, kekuatan fisik, serta media sosial mereka dalam memecahkan tantangan.


    (Baca Juga: Ini 6 Tempat Kuliner yang Wajib Kamu Kunjungi di Singapura)


    Ini menjadi cara untuk mengenalkan kepada masyarakat dunia, tentang berbagai destinasi wisata di Indonesia, khususnya di wilayah Nusa Tenggara. Jadi buat kamu yang mau mengintip keindahannya, AXN Ultimate Challenge Indonesia akan tayang perdana pada 25 November 2021 pukul 19.30 WIB di AXN Asia atau kanal YouTube resmi AXN Asia pada 27 November 2021.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below