Cara Scrubbing Bibir yang Benar agar Bibir Lembut Merona


  • Cara Scrubbing Bibir yang Benar agar Bibir Lembut Merona
    Bibir kering dan kasar? Ketahui cara srubbing bibir yang benar untuk mengatasinya. (Foto: Dok. cookie_studio/Freepik)

    Bibir kering, kasar, dan pecah-pecah tentu bukan hal yang asing lagi. Ketika kita sedikit kurang minum saja, bibir langsung menunjukkan perbedaan. Lip balm pun menjadi barang yang wajib dibawa ke mana-mana. Selain dehidrasi, faktor lain penyebab bibir kering adalah cuaca, temperatur yang ekstrim, paparan matahari, sampai kebiasaan merokok. Eksfoliasi merupakan langkah penting untuk mengeliminasi penumpukan kulit bibir yang kering atau pecah-pecah. Namun kita harus ekstra hati-hati dalam melakukannya agar area bibir yang sensitif tidak terluka atau over-exfoliate. Salah satu trik yang bisa diandalkan adalah scrubbing. Simak cara scrubbing bibir yang benar dan aman berikut.


    (Baca juga: Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya)




    1. Persiapkan Bahan Scrub yang Aman

    Jika tidak memiliki produk lip scrub, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Salah satu kombinasi yang paling aman adalah gula pasir dan madu. Di sini gula beraksi sebagai eksfoliator yang diimbangi oleh madu sebagai emolien dan pelembap. Keduanya tidak memiliki efek yang terlalu abrasif.


    Campurkan 1 sendok teh gula dengan satu sendok teh madu di dalam wadah kecil, lalu pijatkan ke bibir selama 30-60 detik, dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan handuk basah yang hangat secara perlahan. 


    2. Ketahui Alternatif Scrub Bibir Lainnya

    Selain scrub, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi untuk eksfoliasi kulit bibir. Tapi jangan langsung disikat tanpa perantara apa-apa, ya. Pulaskan lip balm tebal-tebal terlebih dulu, lalu gunakan sikat gigi yang bersih dan kering untuk menyikat bibir dalam gerakan memutar.  


    3. Hindari Menggosok Bibir Terlalu Keras

    Kulit bibir lebih sensitif dibandingkan kulit di area lainnya. Karenanya, penting untuk melakukan eksfoliasi atau scrubbing secara lembut demi menghindari iritasi dan luka. 


    4. Selalu Gunakan Lip Balm Setelahnya

    Setelah proses eksfoliasi bibir selesai, selalu akhiri dengan pemakaian lip balm untuk menenangkan area bibir, sekaligus untuk memberikan kelembapan yang bernutrisi.


    5. Hindari Ekfoliasi Berlebihan

    Tentu kamu menyukai sensasi bibir lembut setelah di-scrub, tapi ini bukan berarti kamu bisa melakukannya setiap hari. Jika belum terbiasa scrubbing bibir, mulai dengan interval seminggu sekali terlebih dulu. Jika aman, baru lanjutkan menjadi 2 kali seminggu, dan tidak melebihi itu. 


    Beberapa produk scrub bibir favorit her world yang bisa kamu coba:


    Sensatia Botanical Pouty Lips Sugar Lip Scrub 

    (Pilihan yang natural ramah lingkungan. Foto: Dok. @sensatiabotanicals/Instagram)


    Menggunakan butiran gula tebu alami yang dipadukan dengan shea butter, apricot kernel, sweet almond, dan grapefruit. Aromanya manis dan bibir masih terasa lembap walaupun setelah dibilas.


    (Baca juga: 5 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami)



    Color Repvblic Smoochies Lip Scrub

    (Salah satu label pelopor produk perawatan bibir lokal. Foto: Dok. @colorepvblic/Instagram)

    Teksturnya seperti gel scrub lembut. Varian Orange Marmalade ini punya keharuman citrus yang sangat menyegarkan. 


    Dior Lip Sugar Scrub

    (Trio produk bibir yang fancy dari Dior untuk mendapatkan bibir plumped dan bercahaya. Foto: Dok. @diormakeup/Instagram)


    Kemasan berbentuk stik membuatnya praktis dibawa ke mana saja. Kamu bisa menggunakannya saat sedang bepergian lalu akhiri dengan pulasan lip balm. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below