Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Supaya Wajah Jadi Glowing!


  • Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Supaya Wajah Jadi Glowing!
    Lihat cara mengangkat sel kulit mati supaya tampilan wajah kamu semakin glowing dan cerah! (Foto: Dok. Freepik)

    Kulit biasanya mengalami pergantian sel alami setiap 30 hari sekali. Ketika hal ini terjadi, lapisan kulit paling atas akan melepaskan diri dan memberi ruang baru untuk kulit baru muncul ke permukaan. Namun, pergantian sel kulit ini tidak selalu berjalan lancar. Terkadang sel kulit mati tidak sepenuhnya mampu melepaskan diri dan berujung pada tampilan kulit kering, pori tersumbat, dan kusam.

    Jangan khawatir, kami akan membagikan beberapa cara mengangkat sel kulit mati agar wajah kamu terlihat lebih glowing! Sebenarnya cara utamanya adalah dengan melakukan eksfoliasi, namun langkah tersebut juga memiliki banyak jenis. 

    Di bawah ini adalah beberapa cara eksfoliasi yang aman untuk kulit, selama kamu melakukannya dengan benar dan memang benar-benar sesuai kondisi juga kebutuhan kulit.




    (Baca juga: Rekomendasi Toner untuk Kulit Berjerawat yang Patut Dicoba!)


    1. Kenali Dulu Jenis Kulit Kamu

    Pada dasarnya, ada lima jenis kulit yang paling sering dimiliki. Sebelum memilih jenis eksfoliator yang tepat buat kulit kamu, tentunya kamu harus mengenali dulu jenis kulitmu. Kamu juga harus tau bahwa jenis kulit bisa berubah akibat berbagai faktor seperti usia, kondisi cuaca, hingga gaya hidup. Berikut jenis kulit yang harus kamu kenali ciri-cirinya:

    Kering. Kulit kering biasanya memiliki dry patches dan membutuhkan pelembap ekstra. 

    Kombinasi. Jenis kulit ini tidak kering, tapi tidak terlalu berminyak juga. Si pemiliki kulit kombinasi biasanya akan berminyak pada area T-Zone (hidung, jidat, dan dagu) dan merasa kering di area lainnya. Tipe kulit kombinasi ini adalah yang paling sering ditemukan, lho!

    Berminyak. Biasanya pemiliki kulit berminyak memiliki produksi sebum lebih banyak, yang rentan berujung pada penyumbatan pori-pori.

    Sensitif. Pemiliki kulit sensitif akan sangat mudah mengalami iritasi jika menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan fragrance atau kandungan sintetis lainnya. Kamu bisa saja memiliki kulit sensitif yang kering, berminyak, atau kombinasi.

    Normal. Ini adalah jenis kulit yang tidak kering, berminyak, atau sensitif. Jenis kulit ini termasuk cukup langka.


    2. Menggunakan Physical Scrub

    Physical scrub yang dimaksud di sini adalah produk wash-off dengan ekstra bulir kecil di dalamnya. Ada banyak produk di pasaran dengan klaim mampu mengangkat sel kulit mati hanya dalam beberapa menit saja. 

    Hal tersebut benar adanya, namun kamu harus ekstra hati-hati dalam melakukan eksfoliasi dengan physical scrub. Pasalnya, jika kamu menggosok terlalu kuat, kulit malah bisa menjadi iritasi dan luka, serta skin barrier-nya akan terganggu. Pastikan kamu menggosokkan produk ini secara lembut, perlahan, dan tidak terlalu lama. Gunakan maksimal dua kali dalam satu minggu.


    (Baca juga: 4 Cara Atasi Jerawat Gatal Agar Mereda)


    3. Eksfoliasi dengan Beauty Gadget

    Kini, beauty gadget yang diklaim mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus melalukan deep cleansing terhadap kulit kamu. Hal ini memang benar adanya, karena mereka biasanya diciptakan untuk menggantikan dan meningkatkan fungsi washcloth atau waslap. 

    Namun kamu harus berhati-hati dalam memilih gadget yang tepat. Sebaiknya pilih produk dengan teknologi anti bakteri atau self cleaning agar kebersihan gadget kamu tetap terjaga dengan baik dan tidak meimbulkan masalah lain di kemudian hari.


    4. Cara Paling Aman: Chemical Exfoliation

    Cara ini dikatakan paling aman karena tidak melakukan tindakan eksfoliasi secara fisik, namun dengan menggunakan produk chemical exfoliation yang memang sudah dirancang khusus dan tersedia petunjuk penggunaan tertentu. Sama seperti jenis eksfoliasi lainnya, sebaiknya kamu melakukannya maksimal dua kali dalam seminggu agar skin barrier tetap terjaga dengan baik dan tidak menjadikan kulit kian sensitif. 

    Produk chemical exfoliation adalah perawatan yang memiliki kandungan AHA, BHA, PHA, Enzymes, dan Retinol. Semua kandungan tersebut sangat aman digunakan bagi kulit, namun kamu harus tetap mengikuti petunjuk penggunaannya secara teliti. Produk yang hadir dengan kandungan tersebut pun kian beragam, mulai dari toner, serum, masker, hingga wash off treatment yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.


    5. Selalu Lindungi Kulit Kamu!

    Apapun cara eksfoliasi yang kamu pilih, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya di pagi hari. Memang eksfoliasi tepatnya dilakukan di malam hari karena akan menunjang proses regenerasi kulit saat kita tidur, namun keesokan harinya kulit cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, jangan pernah lupa menggunakan tabir surya meski hanya berada di rumah saja, ya!


    (Baca juga: Mengenal Kandungan Skincare Mugwort Yang Sedang Naik Daun)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below