7 Minyak Esensial Yang Membuatmu Tidur Nyenyak Di Malam Hari


  • 7 Minyak Esensial Yang Membuatmu Tidur Nyenyak Di Malam Hari
    Ragam macam varian minyak esensial yang dapat membantu seseorang tidur nyenyak di malam hari. Salah satunya adalah lavender. (Foto: Dok. Chelsea Gates/Unsplash)

    Minyak esensial adalah senyawa yang diekstraksi dari tumbuhan. Digunakan selama hampir 6.000 tahun, minyak esensial berguna meningkatkan kesehatan atau mempengaruhi suasana hati seseorang. Minyak esensial sendiri memiliki banyak manfaat tergantung pada aroma yang kamu pilih.




    Insomnia, bagi pengidap gangguan tidur satu ini, terjaga sampai pagi karena terhalang sulit memejamkan mata membuat mereka rentan terkena stres sampai depresi. Penyakit berbahaya dan mematikan seperti serangan jantung mendadak pun juga setia mengintai mereka yang mengalami insomnia. Jika sudah seperti ini, peran penting minyak esensial dalam kamar tidurmu perlu ditingkatkan dengan membeli berbagai aroma yang menenangkan pikiran.


    (Baca Juga : 8 Minyak Esensial Paling Baik Untuk Tingkatkan Libido)


    Mempunyai gangguan tidur di malam hari memang menyebalkan. Penurunan performa tubuh untuk beraktifitas keesokan harinya, membuatmu jadi lemah dan tidak bersemangat. Nah, agar waktu tidur cantikmu tidak terganggu lagi, HerWorld Indonesia sudah menyiapkan daftar rekomendasi minyak esensial yang dapat membantumu tidur semakin nyenyak di malam hari. 


    1. Lemon balm


    Masih termasuk dalam anggota keluarga mint, lemon balm dianggap sebagai ramuan yang dapat menenangkan pikiran. Telah digunakan sejak ratusan tahun lalu, lemon balm begitu dipuja karena khasiatnya dalam mengurangi stres dan rasa cemas berlebihan, meningkatkan kualitas tidur, menambah nafsu makan, dan mengurangi rasa sakit dari gangguan pencernaan. Punya segudang manfaat, lemon balm bahkan sering direndam dalam anggur pada jaman nenek moyang untuk membangkitkan semangat, membantu menyembuhkan luka, dan mengobati gigitan atau sengatan dari serangga berbahaya.


    2. Bergamot


    Minyak esensial bergamot berasal dari sari buah jeruk hibrida yang diperas dengan suhu dingin. Merupakan tanaman sejenis jeruk, minyak esensial bergamot berguna dalam memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Bergamot banyak disenangi karena sifatnya yang dapat menciptakan suasana hati yang menyenangkan, meningkatkan fokus, serta berguna jadi bahan campuran dalam perawatan diri seperti scrub wajah dan sabun mandi. Selain itu, bergamot juga banyak digunakan sebagai salah satu minyak esensial terbaik untuk mendorong agar seseorang dapat tertidur lelap di malam hari dan menghilangkan stres. Minyak esensial bergamot sendiri memiliki aroma seperti buah jeruk segar yang manis.


    3. Lavender


    Minyak esensial paling ampuh untuk tidur nyenyak

    (Aroma lavender menjadi aromaterapi paling terkenal untuk membuat tubuh dan pikiran lebih relaks serta membantu tidur lebih nyenyak. Foto: Dok. Gemma Evans/Unsplash)


    Lavender merupakan salah satu minyak esensial yang lebih populer dan paling sering digunakan untuk relaksasi sebelum tidur. Ketika aroma lavender sudah memenuhi ruang tidur, tidak hanya dapat membantumu tertidur pulas tetapi juga meningkatkan kualitas istirahat secara keseluruhan. Aromaterapi paling ampuh untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap tenang, minyak esensial lavender juga dipakai untuk mengatasi kecemasan, alergi, mual, hingga kram karena datang bulan.


    4. Valerian


    Minyak esensial beraroma valerian terkenal memiliki efek menenangkan. Selain itu, aroma yang dihasilkan dari minyak esensial valalerian ini juga termasuk paling kuat untuk mendorong alam bawah sadar agar cepat tertidur lelap. Tahukah kamu? Jika tumbuhan valerian yang tumbuh di beberapa bagian Asia dan Eropa ini telah digunakan untuk mengobati masalah tidur seperti insomnia, lho. Disamping itu, aromaterapi valerian juga berfungsi untuk mengurangi rasa cemas berlebihan. 


    5. Vetiver


    Minyak esensial vetiver atau akrab sebagai akar wangi memiliki sebutan lain, yaitu khus oil. Diekstraksi dari tanaman akar wangi yang merupakan rumput hijau asli India, vetiver masih termasuk dalam keluarga tanaman lemongrass and citronella. Mempunyai aroma khas yang tajam dan maskulin, ekstrak tanaman vetiver juga kerap ditemukan pada bahan pembuatan parfum pria. Dengan aromanya yang menenangkan, minyak esensial vetiver terbukti ampuh membuat keadaan seseorang makin rileks.


    (Baca Juga : 9 Minyak Esensial yang Baik untuk Kesehatan)


    6. Eucalyptus


    Mungkin nama eucalyptus terdengar asing bagi sebagian orang, mudahnya sebut saja dengan minyak kayu putih. Minyak esensial eucalyptus menggabungkan aroma alami yang menenangkan dengan kegunaan utama dapat menyembuhkan sinus. Berasal dari daun pohon cemara yang tinggi, minyak eucalyptus menawarkan banyak manfaat topikal dan aromatik. Secara aromatik, senyawa minyak eucalyptus ini dapat meningkatkan relaks dan menjernihkan pikiran.


    7. Kamomil



    (Tidak hanya sebagai bahan campuran dalam minuman teh, chamomile juga berfungsi untuk aromaterapi dalam membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. Foto: Dok. Anastasiya Romanova/Unsplash)


    Kerap ditemukan dalam bahan campuran minuman teh, efek menenangkan dari minyak kamomil dapat berguna bagi penderita insomnia agar tertidur lebih cepat dan nyenyak. Tahukah kamu? Selama berabad-abad, kamomil telah ditemukan dalam rekam medis dari Mesir kuno, Roma, dan Yunani untuk mengobati ragam penyakit, seperti penyembuhan luka seperti bisul hingga mengatasi rasa cemas.


    (Baca Juga : 9 Essential Oil dan Manfaatnya Dalam Merawat Rambut)


    Nah, itulah dia deretan aroma minyak esensial yang dapat membantumu tertidur nyenyak di malam hari versi HerWorld Indonesia. Terus jaga kesehatanmu dengan memastikan jam tidur sudah teratur, jangan lupa tebarkan aroma wangi dari minyak esensial pilihanmu, ya.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below