Wajib Tahu! 5 Fakta Menarik Tentang Film ‘Losmen Bu Broto’


  • Wajib Tahu! 5 Fakta Menarik Tentang Film ‘Losmen Bu Broto’
    Maudy Koesnaedi, Putri Marino, dan Maudy Ayunda dalam film Losmen Bu Broto. (Foto: Maudy Koesnaedi/Instagram)

    Setelah lebih dari satu tahun menyaksikan berbagai film di layar kaca, kali ini kamu bisa melepaskan kerinduanmu akan layar lebar seiring dengan kembali dibukanya bioskop-bioskop di Indonesia. Perlahan tapi pasti, semakin banyak orang yang mulai menikmati kenyamanan bioskop dengan protokol kesehatan.


    Mengawali pembukaan dengan beberapa film internasional, sejak bulan Oktober, sineas film Indonesia pun mengawali langkahnya kembali di bioskop. Mulai dari film animasi keluarga bertajuk Nussa arahan sutradara Bony Wirasmono, dilanjutkan dengan film drama thriller pertama dari Riri Riza, Paranoia, dan kini masyarakat, khususnya yang besar di era 1980-1990an, dipertemukan kembali dengan salah satu keluarga favorit.




    (Baca Juga: Review Film: ‘Paranoia’)


    Pekan lalu, tepatnya 18 November 2021, poster sebuah keluarga Jawa menghiasi dengan judul Losmen Bu Broto menghiasi sudut-sudut bioskop. Kisah keluarga Bapak dan Ibu Broto ini menjadi film Indonesia berikutnya yang bisa kamu nikmati di bioskop. Namun, buat kamu yang masih bimbang, nonton atau tidak, ini beberapa fakta menarik yang mungkin bisa yakinkanmu untuk lepas kerinduan akan bioskop dengan film ini.


    1. Reboot serial TV legendaris di tahun 1980-an


    Jika kamu merasa familier dengan judul film ini, kamu tak salah. Sebab, film Losmen Bu Broto ini adalah reboot dari serial legendaris bertajuk Losmen yang tayang pada tahun 1980-an. Serial tersebut menceritakan kehidupan keluarga Broto sehari-hari yang mengelola sebuah losmen


    Nah, filmnya kali ini menjadi prequel dari serial tersebut. Meski mengambil latar di tahun 2020, Losmen Bu Broto mengangkat cerita awal Bu Broto merintis losmen, serta lika liku kehidupan keluarga Broto.



    2. Wajah-wajah baru dan satu wajah familier

    Bagi kamu yang baru pertama kali menyaksikan kehidupan keluarga Broto, ini juga jadi kali pertama kamu mengenal karakter tiap-tiap anggota keluarga yang dihidupkan para aktor. Namun, bagi orang tuamu atau bahkan kamu yang lahir dan besar di era 1980an, ada satu wajah familier yang kembali terlibat dalam kisah Losmen.

    Dalam film ini, sosok Mathias Muchus berperan sebagai Pak Broto. Sebelumnya, Mathias terlibat dalam serial sebagai Tarjo, anak ketiga dari keluarga Broto. Beberapa aktor lain yang terlibat dalam film adalah Maudy Koesnaedi sebagai Bu Broto, Putri Marino sebagai Mbak Pur, Maudy Ayunda sebagai Jeng Sri, dan Baskara Mahendra sebagai Tarjo.


    3. Syuting dilakukan di sebuah museum


    Proses syuting Losmen Bu Broto dilakukan di Yogyakarta. Dengan protokol kesehatan yang ketat, latar tempat keluarga Broto mengambila tempat di Museum Kotagede Yogyakarta. Pemilihan lokasi ini menyempurnakan nuansa Jawa yang menjadi kental dalam film ini. Selain Museum Kotagede, film Losmen Bu Broto ini mengambil latar Pantai Parangtritis dan salah satu pasar di Kota Yogyakarta.


    (Baca Juga: Wajib Tonton, Ini 5 Film Komedi Romantis Terbaru di Netflix)


    4. Kolaborasi dua sutradara ternama Tanah Air

    Film Losmen Bu Broto merupakan hasil kolaborasi dua sutradara ternama Tanah Air, Ifa Isfansyah dan juga Eddie Cahyono. Kedua sutradara ini telah banyak berkarya dalam industri film Indonesia. Beberapa film Ifa Isfansyah antara lain Pendekar Tongkat Emas, Sang Penari, dan yang terbaru adalah segmen film Cook Book dalam sebuah karya omnibus bertajuk Quarantine Tales.


    Sedangkan film Siti yang diarahkan Eddie Cahyono berhasil menarik produser film Losmen Bu Broto untuk menggandeng Eddie dalam pembuatan film ini. Akhirnya, kolaborasi antara Ifa dan Eddie dalam film ini berhasil dilakukan.



    5. Maudy Ayunda dan Danilla Riyadi mengisi soundtrack film


    Aktris Maudy Ayunda dan musisi, Danilla Riyadi berkesempatan untuk tidak hanya berperan dalam film Losmen Bu Broto tetapi juga menjadi merangkaian alunan nada dan lirik soundtrack film ini. Kolaborasi perdana Maudy dan Danilla ini dilakukan secara virtual, tepatnya selama Maudy menempuh studi di Amerika Serikat.

    Lagu berjudul Semakin Jauh dan Sayangnya adalah hasil kolaborasi kedua wanita yang juga berperan sebagai sahabat dalam film ini. Selain kedua lagu tersebut, Maudy juga membawakan lagu yang bertajuk Pulang, hasil komposisi oleh musisi, Mikha Angelo.



    (Baca Juga: 6 Drama Korea Terbaru Bulan November 2021)


    Film Losmen Bu Broto sudah bisa kamu tonton mulai tanggal 18 November kemarin di bioskop-bioskop kesayanganmu. Selamat menonton!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below