Kenali Rambutmu Yang Lagi Capek, Plus Cara Mengatasinya


  • Kenali Rambutmu Yang Lagi Capek, Plus Cara Mengatasinya
    Kenali kondisi rambutmu yang capek dan cara mengatasinya. (Foto: Dok. Element5 Digital/Pexels)

    Mungkin kamu sudah mulai dengan merawat kondisi kulit, baik wajah maupun tubuh. Namun, ada satu bagian tubuh yang tidak kalah penting untuk dijaga yaitu rambut. Biasa disebut dengan mahkota seorang wanita, rambut juga bagian yang harus kamu jaga dan rawat, karena seperti tubuh, rambut pun juga bisa capek.


    Ketika kamu bercermin dan melihat rambutmu, coba perhatikan lagi. Apakah kilau rambutmu masih normal? Apakah rambutmu masih bisa ditata setiap kali kamu hendak pergi atau membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa benar-benar rapi? Jika tidak, rambut kamu sedang lelah atau capek.




    (Baca Juga: 10 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kusut)


    Nah, ketika rambutmu mulai capek, ada beberapa gejala yang timbul dari kondisi tersebut. Gejala yang terlihat pastinya rambut rontok. Selain rambut rontok, kulit kepala sampai ujung rambut yang lepek pun bisa tak terhindarkan dan dengan kondisi rambut seperti itu, mood kamu bisa mendadak memburuk sepanjang hari. Hal ini juga kerap dialami oleh content creator, Keanu Agl yang memiliki kondisi rambut serupa.


    Rambut capek seperti bisa jadi istilah tepat untuk menggambarkan kondisi rambut yang sedang tidak dalam kondisi terbaiknya. Biasanya, kondisi rambut capek ini bisa dialami ketika travelling, apalagi jarak jauh. Kualitas air, paparan sinar matahari, dan kelembapan udara menjadi tiga penyebab rambut capek.


    Rambut capek

    (Kondisi rambut yang juga bisa capek. Foto: Dok. Deena/Pexels)


    Namun, di masa pandemi ini, semakin banyak yang membuat diri lelah dan tidak menutup kemungkinan juga berdampak pada kondisi rambutmu. Mulai dari stres bekerja tanpa batas waktu dan ruang hingga kebiasaan keramas yang mendadak berkurang karena lebih sering habiskan waktu di rumah jadi malas mencuci rambut, beberapa kebiasaan ini bisa jadi penyebab kamu tetap mungkin mengalami kondisi tersebut.


    Makanya, penting bagi kita semua untuk mulai mengenali kondisi rambut ketika sedang capek dan cara-cara sederhana untuk bisa berikan perhatian ekstra pada rambut. Apa saja? Simak di bawah ini ya!


    (Baca Juga: 6 Cara Mudah Atasi Rambut Rusak Akibat Smoothing)


    1. Coba mengganti sampo


    Mungkin rambutmu capek juga disebabkan dengan produk yang kamu gunakan. Pertama dari sampo yang menjadi fondasi utama untuk semua kondisi rambut. Jika kamu berusaha mengatasi kulit kepala maupun rambut yang bermasalah, pastikan kamu memilih produk sampo tanpa kandungan alkohol atau silikon.


    Hydrating shampoo bisa menjadi jenis produk yang kamu gunakan untuk kembalikan kondisi rambutmu. Selain lembut di kulit kepala dan rambut, sampo ini jarang mengandung bahan-bahan yang bisa sebabkan kerusakan pada rambut. Namun, kalau hanya mengandalkan sampo saja, tidak akan cukup untuk mengatasi kondisi rambut capekmu.


    rambut capek

    (Memilih sampo dan kondisioner yang tepat. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)


    2. Rutin memakai masker rambut

    Kamu bisa merelaksasi diri dan juga rambut secara bersamaan, cukup memakai dengan masker rambut secara berkala. Selain merelaksasi, produk ini membantumu untuk berikan deep conditioning pada rambut hingga layer terdalam. Kamu bisa aplikasikan masker rambut dan diamkan selama 30 sampai 60 menit agar produk teresap pada kulit kepala. Pakai hair mask setidaknya satu kali dalam seminggu atau sesuaikan dengan kondisi rambutmu.


    3. Aplikasikan hot oil


    Cara mengatasi rambutmu yang sedang capek bisa dengan hot oil atau minyak rambut. Ketika rambut dalam keadaan bersih, kulit kepala akan lebih mudah untuk menyerap minyak sehingga rambut yang biasanya lepek tidak akan diperburuk dengan minyak rambut. Apalagi setelah detoks kulit kepala, rambutmu bisa saja kering sehingga minyak rambut membantu kunci kelembapannya.


    Kamu bisa memanaskan minyak terlebih dahulu atau lebih praktis dengan menggosokkan kedua telapak tangan sebelum diaplikasikan ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama kurang lebih satu hingga delapan jam sebelum dibilas hingga bersih.


    4. Manfaatkan uap hangat ketika membilas

    Saat membilas rambut, coba manfaat uap hangatnya. Selain baik untuk kulit, uap hangat bisa membantu penyerapan produk lebih maksimal dan juga melancarkan peredaran darah pada area kepala sehingga rambutmu juga semakin panjang.


    Trik perawatan rambut asal Korea Selatan ini bisa kamu lakukan selama beberapa menit, tetapi pastikan kamu beri jarak antara kepala dengan sumber air hangat karena kamu hanya memanfaatkan uapnya. Jangan sampai kamu membuat rambutmu rusak akibat suhu air atau uap hangat yang terpapar langsung.


    rambut capek

    (Menyisir bisa membantu rambut agar tidak capek. Foto: Dok. Karolina Grabowska)


    5. Rutin menyisir rambut


    Sebelum kamu mengatakan bahwa menyisir dapat merusak dan membuat rambut tampak tidak sehat, faktanya kamu perlu menyisir agar rambut menjadi lebih sehat dan segar. Kamu cukup menyisir rambut dua kali sehari, pada pagi dan malam hari, untuk menyebarkan minyak alami pada rambut dari akar hingga ujung sehingga kondisi rambut tidak terlihat capek.


    Di pagi hari, kamu menyisir untuk lepaskan helaian yang kusut dan melancarkan peredaran darah. Sedangkan, sebelum tidur, menyisir rambut bisa mengangkat sisa-sisa kotoran di kulit kepala serta membantu rambutmu tampak lebih tebal.


    (Baca Juga: 5 Tips Untuk Mencegah Rambut Mengembang Setelah Keramas)


    Itu dia beberapa hal seputar kondisi rambut capek dan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below