6 Cara Mudah Atasi Rambut Rusak Akibat Smoothing


  • 6 Cara Mudah Atasi Rambut Rusak Akibat Smoothing
    Melakukan smoothing secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan rambut yang parah. (Foto: Dok. Fineas Gavre/Unsplash)

    Tidak sedikit wanita di dunia ini yang menginginkan rambut lurus dan berkilau. Biasanya, wanita yang sejak lahir dianugerahi model rambut keriting atau bergelombang akan tergoda untuk meluruskan mahkotanya di salon kecantikan. Hair smoothing atau teknik meluruskan rambut ini tidak hanya dilakukan semata-mata demi mendapatkan rambut lurus idaman, tetapi smoothing rambut juga berfungsi untuk membuar rambut seseorang lebih rapi karena dapat menghaluskan rambut keriting.

    Hair smoothing sendiri pada dasarnya tidak bersifat permanen. Teknik meluruskan rambut ini hanya dapat bertahan 4 sampai 5 bulan saja. Hasilnya yang tampak alami pun membuat para wanita pemilik rambut keriting rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan hasil smoothing terbaik di salon ternama. Meski efek lurus dan berkilau dari smoothing hanya bertahan dalam jangka waktu sebentar, tahukah kamu akan timbulnya kerusakan rambut jika terus menerus melakukan smoothing?




    (Baca Juga : Cara Merawat Rambut Smoothing)


    Sama seperti prosedur styling rambut lainnya, smoothing juga melibatkan bahan-bahan kimia kuat yang dapat menembus lapisan terdalam rambutmu. Jika smoothing dilakukan secara berkala, maka kerusakan rambut akan terjadi dan kepalamu bisa terancam botak karena rambutmu mulai rapuh. Agar sehat seperti semula, simak tips singkat yang HerWorld Indonesia bagikan untukmu mengenai cara mengembalikan rambut normal setelah smoothing.


    1. Luangkan waktu 3 kali seminggu untuk maskeran rambut


    Cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing

    (Luangkan waktu selama 3 kali seminggu untuk masker rambur agar mengurangi kerusakan akibat smoothing. Foto: Dok. freestocks/Unsplash)


    Dalam waktu satu minggu, cobalah buat jadwal sebanyak 3 kali secara rutin untuk melakukan hair mask sendiri di rumah. Gunakan masker khusus yang diformulasikan untuk rambut rusak, sehingga dapat mengunci kelembapan di setiap helai rambut. Jika setiap minggu kamu rajin melakukan masker rambut, maka rambut yang semula bercabang dan rapuh akan kembali berkilau serta lembut secara alami. Adapun bahan alami yang dapat kamu gunakan sebagai masker rambut di rumah, yaitu campuran daging buah alpukat, madu, telur, dan minyak zaitun.



    2. Rajin pakai vitamin khusus rambut rusak setiap selesai mandi


    Akibat dari paparan bahan kimia smoothing yang membuat rambut kering dan cepat rontok, Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah tidak pernah lupa memberi vitamin atau serum pada rambut bermasalah. Saat ini, sudah banyak vitamin rambut dari berbagai merek lokal maupun luar negeri yang menawarkan perawatan bak salon bintang lima. Cukup pakai vitamin rambut setiap selesai mandi, maka dalam jangka waktu beberapa bulan kemudian rambutmu perlahan akan kembali seperti semula.


    3. Gunakan shampo dan kondisioner khusus rambut bermasalah


    Dalam perawatan sehari-hari, gunakanlah shampo dan kondisioner khusus rambut rusak akibat smoothing ketika sedang mandi. Merupakan perawatan paling dasar, kini sudah banyak merek shampo yang memberi perawatan pada rambut yang rusak parah. Supaya perawatan awal ini lebih maksimal, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner yang tepat sesuai dengan keadaan rambut yang sedang dialami.


    (Baca Juga : Cara Merawat Rambut Kering Dengan Bahan Alami Di Rumah)


    4. Jangan mencuci rambut dengan air hangat


    Cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing

    (Hindari mandi dengan air hangat ketika dalam masa perawatan rambut rusak karena smoothing. Foto: Dok. Armin Rimoldi/Pexels)


    Meski membasuh tubuh dan rambut menggunakan air panas cenderung hangat dapat menjaga kelembapan, namun bagi kalian yang sedang mengalami masalah rambut kering, jangan pernah coba-coba mandi menggunakan air hangat. Sebab, hal tersebut akan menambah level kerusakan pada rambut indahmu. Alangkah baiknya, untuk kamu menggunakan air dengan suhu yang lebih tinggi ketika akan membilas rambut, sehingga minyak alami yang terdapat di kulit kepala tidak tersinggirkan begitu saja.


    5. Aplikasikan sunscreen ketika akan pergi ke luar


    Sunscreen tidak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari paparan jahat sinar matahari, namun juga dapat digunakan dalam rangkaian perawatan rambut. Sunscreen rambut pada dasarnya merupakan pertahanan terbaik dalam menjaga rambut dari sinar UV agar tidak memicu kerusakan rambut yang lebih parah. Tidak perlu bingung dalam memilih sunscreen khusus rambut, pilihlah produk yang membuat pori-pori tidak tersumbat dan berminyak, seperti Shiseido Ultimate Sun Protection Spray SPF 50 Plus.


    6. Jangan terlalu sering menguncir rambut


    Cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing

    (Hindari menguncir rambut terlalu sering, karena akibat dari smoothing yang dilakukan akan berdampak pada kerontokan. (Foto: Dok. Edgar Martínez)


    Kebiasaan menguncir rambut dapat menyebabkan rambut semakin rusak. Sebaiknya, biarkan dulu rambut terurai bebas setiap hari ketika sedang dalam masa perawatan. Sebab, jika terlalu lama menguncir, maka akan memberikan tekanan berlebihan pada akar rambut sehingga memicu kerontokan hingga menyebabkan kebotakan dini.


    (Baca Juga : Tips Merawat Rambut Kusut)


    Ini beberapa caranya untuk kembalikan rambutmu yang rusak akibat smoothing. Tidak ada salahnya dalam melakukan smoothing demi mendapatkan rambut lurus nan berkilau. Namun, sebelum melakukan smoothing cobalah untuk memikirkan efek jangka panjang pada rambut indah alamimu agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga tips dari HerWorld Indonesia dapat membantumu perbaiki rambut yang rusak akibat smoothing, ya.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below