5 Tips Untuk Mencegah Rambut Mengembang Setelah Keramas


  • 5 Tips Untuk Mencegah Rambut Mengembang Setelah Keramas
    Tips Untuk Mencegah Rambut Mengembang Setelah Keramas, Rutin Aplikasikan Serum atau Vitamin Pada Rambut Agar Tidak Mengalami Kekeringan (Foto: Dok. RyanMcGuire/Pixabay)

    Sering bikin kesal sendiri, mempunyai rambut mengembang membuat sebagian orang rela menghabiskan waktu untuk catokan setelah selesai mandi. Sebenarnya tidak hanya dengan catokan, rambut mengembang setelah mandi dapat diakali dengan pemakaian shampoo dan kondisioner yang tepat.




    Disamping pemakaian catokan dan alat pengering rambut secara berkala, adapun efek merugikan di kemudian hari yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti mudah patah dan rontok. Jika kerontokan terus terjadi, maka rambutmu akan terancam alami kebotakan.


    (Baca Juga : 5 Masker Rambut Dengan Bahan Alami Yang Bisa Dibuat Di Rumah)


    Daripada harus mengandalkan alat pelurus rambut setiap hari, yuk simak beberapa tips mudah agar rambut tidak mengembang setelah keramas versi HerWorld Indonesia. Coba diterapkan, ya!


    1. Rutin mengaplikasikan serum rambut


    Tips Untuk Mencegah Rambut Mengembang Setelah Keramas
    (Agar rambut tidak mengembang setelah keramas, cobalah untuk rutin mengaplikasikan serum atau vitamin pada rambut. Foto: Dok. Curology/Unsplash)


    Serum adalah produk perawatan yang bagus untuk mengatasi rambut kusut. Tips pertama yang wajib dilakukan adalah mengoleskan serum atau vitamin. Hal ini dilakukan agar rambutmu ternutrisi dan terjaga kelembapannya, supaya tidak kering lalu berubah mengembang.


    Pemakaian serum atau vitamin khusus pada rambut pun bertujuan agar terlihat mengkilap dan mudah diatur. Seperti produk perawatan lainnya, kamu harus teliti dalam menemukan produk serum atau vitamin yang sempurna dan paling cocok untuk jenis rambutmu. Saat memilih serum, carilah bahan-bahan seperti dimethiconol, yang berfungsi melembutkan dan meluruskan rambut.


    2. Jangan lupakan perawatan dengan masker rambut


    Masker rambut adalah perawatan rambut jenis deep conditioning. Perawatan menggunakan masker khusus merupakan cara yang dianjurkan untuk mengatasi rambut kusut. Diformulasikan berdasarkan ragam tipe rambut manusia, masker rambut mempunyai fungsi utama untuk memberikan nutrisi pada mahkotamu agar makin tampak berkilau, halus, dan juga kuat.


    Jika ingin melakukan perawatan, alangkah baiknya untuk menggunakan masker rambut seminggu sekali atau menyesuaikan dengan kebutuhan rambutmu. Meski beberapa masker rambut meninggalkan efek berminyak, kamu jangan khawatir akan munculnya ketombe. Disamping penggunaan produk masker rambut yang kamu beli di toko kecantikan, cobalah sekali-sekali untuk membuat masker rambut sendiri di rumah. Kamu bisa memanfaatkan campuran daging buah alpukat yang sudah dihaluskan dan minyak kelapa. Aplikasikan ke rambut selama 30 menit setelah keramas, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih


    3. Gunakan handuk berbahan katun atau handuk microfiber untuk mengeringkan rambut


    Handuk yang kamu gunakan untuk mengeringkan rambut juga bisa jadi salah satu penyebab rambutmu sering mengembang tidak beraturan dan kusut. Pemilihan handuk yang salah dapat membuat kutikula menjadi kasar, lho. Nah, cobalah untuk mengganti handuk yang biasa kamu pakai dengan handuk baruk berbahan kain katun.


    Sedangkan untuk manfaat penggunaan handuk microfiber, karena terbuat dari bahan yang lembut dan halus kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan gesekan untuk mengeringkan rambut dengan cepat. Keunggulan dari handuk microfiber ini akan membantu menjaga kelembutan dan kelembapan rambut.


    (Baca Juga : Cara Agar Rambut Tidak Mengembang)


    4. Sisir rambut dengan jari-jari tangan


    Tahukah kamu? Jika menyisir rambut dalam keadaan kering dapat menyebabkan rambut jadi mengembang. Agar menghindari hal yang tidak diinginkan ini, kamu dianjurkan untuk tidak memaksakan rambut saat sudah kering. Alih-alih jadi rapi dan lurus, memaksakan untuk menyisir rambut hanya akan merusak kutikula sehingga menyebabkan rambut mudah mengembang. Jadi, alangkah baiknya kamu menyisir rambutmu dengan jari-jari tangan dalam keadaan basah.


    5. Keramas menggunakan air dingin


    Tips Untuk Mencegah Rambut Mengembang Setelah Keramas
    (Salah satu manfaat mandi air dingin adalah dapat melancarkan peredaran darah hingga membuat rambut jadi lembab dan tidak mudah mengembang. Foto: Dok. Erick Larregui/Unsplash)


    Keramas dengan suhu yang lebih rendah akan melindungi rambutmu dari kekeringan. Terasa menyegarkan, keramas menggunakan air dingin juga bermanfaat untuk mencegah kerontokan dan rambut mengembang. Jika suhu kepala yang dingin akan melancarkan peredaran darah. Darah mengandung nutrisi dan zat-zat yang diperlukan sel serta jaringan di kulit kepala guna menjaga kekuatan akar rambut. 


    (Baca Juga : 6 Alasan Anda Harus Menggunakan Masker Rambut)


    Itulah dia deretan tips yang dapat kamu coba untuk mencegah rambut mengembang setelah selesai keramas yang HerWorld Indonesia rangkum dari berbagai sumber. Tips lain yang bisa kamu aplikasikan pada rambutmu adalah rutin mengoleskan minyak kelapa dengan cara dipijat lalu diamkan semalaman kemudian bilas keesokan paginya. Selamat mencoba!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below