Sebelum Eternals, Inilah 8 Film Ikonis Angelina Jolie


  • Sebelum Eternals, Inilah 8 Film Ikonis Angelina Jolie
    Film ikonis Angelina Jolie. (Foto: Dok. Just Jared/Instagram)

    Film franchise keluaran Marvel memasuki fase baru dan Eternals menjadi salah satu yang (akhirnya) menghiasi layar lebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Film pahlawan super ini resmi tayang di Indonesia hari ini, 10 November 2021 melengkapi rangkaian film untuk menyambut kembali para penonton yang rindu akan suasana bioskop.


    Selain visual Marvel yang masih memukau, Eternals juga diperkenalkan sebagai ensambel baru dalam Marvel Universe. Sekelompok manusia super yang dikirim oleh ras Celestial Arishem ke Bumi untuk melawan kekuatan jahat, Deviants. Selama ribuan tahun, Eternals terus melawan kekuatan jahat yang ada di Bumi hingga tahun 1500an sebelum jalani hidup masing-masing hingga mereka kembali dipertemukan untuk kembali melawan musuh bebuyutan mereka.




    Bukan Marvel jika kisah pahlawan super ini tidak bertabur bintang. Nama-nama besar seperti Gemma Chan, Richard Madden, Kit Harington, dan Salma Hayek terlibat dalam ensambel ini. Aktris kenamaan dunia, Angelina Jolie pun (akhirnya) menjadi bagian dari keluarga Marvel melalui film Eternals ini.


    (Baca Juga: Alasan Kamu Wajib Tonton Film Keluaran Marvel, Eternals)


    Nama Angelina Jolie, dalam industri film, sudah tidak lagi asing di telinga sejak meniti kariernya sebagai seorang aktris di usia 16 tahun. Mulai dari petualang Lara Croft hingga sosok Maleficent, inilah film-film ikonis yang pernah Angelina perankan sebelum menghiasi layar lebar sebagai Thena dalam Eternals.


    1. Gia



    Sosok Gia Carangi, peragawati yang juga dinobatkan sebagai salah satu supermodel pertama dalam sejarah industri fashion. Menghiasi berbagai majalah dan ragam kampanye mode, sosok Gia menjadi wajah ikonis sejak meniti kariernya pada usia 18 tahun.


    Namun, candunya terhadap heroin membuat karier sang model perlahan redup hingga akhirnya, Gia meninggal pada usia 26 tahun, akibat komplikasi AIDS yang dideritanya. Perjalanan hidup Gia Carangi ini kemudian diceritakan melalui film televisi pada 1998 dan Angelina pun terpilih untuk memerankan sosok model tersebut.


    Aktingnya dalam film tersebut pun dianugerahi piala Golden Globe serta Screen Actors Guild Award pertamanya.


    2. Lara Croft: Tomb Raider



    Meski perannya sebagai Gia membuat nama Angelina dikenal lebih luas dalam industri film, perannya sebagai Lara Croft-lah yang berhasil memusatkan perhatian masyarakat dunia pada sang aktris. Film yang diadaptasi dari gim video populer Tomb Raider ini dirilis perdana pada 2001 silam.



    Angelina Jolie berhasil menghidupkan sosok Lara dalam petualangannya untuk menemukan bagian-bagian dari objek tua “The Triangle” yang akhirnya membuat Lara harus menjelajahi Kamboja dan Siberia, sekaligus menghadapi musuh-musuh yang juga mencari keberadaan objek tersebut.


    Kesuksesan film arahan Simon West tersebut pun kembali menghadirkan Angelina sebagai Lara dalam sekuel bertajuk Lara Croft: Tomb Raider – The Cradle of Life yang rilis pada 2003. Tokoh wanita satu ini menjadi sosok yang melekat dalam diri Angelina sepanjang kariernya.


    3. Mr. & Mrs. Smith



    Film ikonis yang diperankan oleh Angelina Jolie satu ini juga menjadi pertemuan sang aktris dengan mantan suami, Brad Pitt. Kisah John dan Jane, pasangan suami istri yang menjalani hubungan pernikahan selama kurang lebih enam tahun penuh kebosanan. Ketika menjalani konseling pernikahan, keduanya bernostalgia dengan pertemuan mereka.


    Rupanya, di balik kehidupan rumah tangga yang cenderung jenuh tersebut, keduanya adalah agen rahasia bekerja untuk dua kontrak berbeda dan tugasnya untuk membunuh satu sama lain. Film ini memang menuai berbagai reaksi, positif maupun negatif, tetapi berhasil membuat penggemar terlena dengan chemistry yang dihadirkan Angelina dan Brad.


    Mr. & Mrs. Smith menjadi salah satu film Angelina dengan banyak tertinggi selama satu dekade berikutnya.


    4. A Mighty Heart


    Adaptasi dari memoar karya Mariane Pearl bertajuk A Mighty Heart yang rilis pada 2003 pun menggandeng Angelina Jolie untuk memerankan sosok Mariane. Film ini mengisahkan lebih dalam tentang pencarian reporter Wall Street Journal, Daniel Pearl yang dicuri oleh pendukung Omar Sheikh.


    Meski film ini mendapatkan kritikan terkait isu rasisme, Angelina pun mendapatkan nominasi Golden Globe Award dan Screen Actors Guild Award pada tahun yang sama. Film juga diproduseri oleh Brad Pitt.


    (Baca Juga: Pesona Angelina Jolie & Gemma Chan di Premier Film Eternals)


    5. Changeling


    Tahun 2008 menjadi salah satu momen Angelina bersinar melalui berbagai peran yang diembannya. Mulai dari perannya sebagai Christine Collins, seorang ibu yang bertemu dengan putranya yang hilang dan menyadari bahwa anak tersebut adalah penipu. Film drama yang disutradarai oleh Clint Eastwood ini berhasil menghadirkan sosok Angelina yang berbeda melalui perannya sebagai Christine.

    Nominasi dari berbagai penghargaan seperti Golden Globe Award, BAFTA Award, dan Academy Award untuk kategori Best Actress berhasil dikantonginya melalui film ini.


    6. Kung Fu Panda



    Pada tahun yang sama, Angelina pun terlibat dalam film animasi keluaran Dreamworks, Kung Fu Panda sebagai pengisi suara Tigress yang kemudian berlanjut hingga film ketiga rilis pada 2016 silam. Ini kali pertama sang aktris berakting dalam film franchise  keluarga besar.

    Berbagai peran dan karya yang ia berikan kepada publik membuatnya didapuk sebagai aktris Hollywood dengan bayaran termahal di Hollywood. Meski mencapai kesuksesan, Angelina pun sempat jarang muncul di layar lebar selama dua tahun.


    7. Salt


    Film dengan genre thriller dan action ini menyambut kembalinya Angelina setelah dua tahun tak berakting. Perannya sebagai agen CIA yang dituduh juga menjadi agen KGB asal Rusia, Evelyn Salt kembali menjadi kesuksesan yang ditoreh Angelina. Awalnya, film ini ditulis dengan tokoh utama laki-laki dan Tom Cruise dikabarkan berperan sebagai tokoh tersebut.

     Namun, peran utama dalam film Salt berubah gender ketika pihak Columbia Pictures merekomendasikan Angelina. Pilihannya pun tidak mengecewakan setelah film tersebut meraih kesuksesan internasional dan dibanjiri respon positif, termasuk akting Angelina dalam film tersebut.


    8. Maleficent



    Siapa yang menyangka bahwa salah satu tokoh antagonis dalam film Sleeping Beauty, Maleficent dihidupkan oleh Angelina Jolie? Sang aktris memberikan kejutan sekaligus mengundang rasa penasaran ketika memerankan sosok peri tersebut dalam film live-action keluaran Disney yang berjudul Maleficent.


    Angelina pun kembali berhasil membuat para penggemar jatuh cinta dengan sosok Maleficent setelah penayangan perdananya pada 2014. Lima tahun kemudian, Disney merilis sekuel dengan judul Maleficent: Mistress of Evil pada 2019 dan Angelina Jolie pun kembali beradu akting dengan Elle Fanning yang memerankan tokoh Putri Aurora.


    (Baca Juga: Raline Shah & Beberapa Artis Yang Hadir Di Premiere Eternals)


    Inilah beberapa film ikonis Angelina Jolie selama meniti kariernya di industri film sebagai seorang aktris. Kira-kira film Angelina mana yang menjadi favoritmu?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below