6 Hal Yang Menjawab Pertanyaanmu Tentang Apa Itu Purging


  • 6 Hal Yang Menjawab Pertanyaanmu Tentang Apa Itu Purging
    Apa itu purging. (Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)

    Ketika kamu mengaplikasikan produk terbaru dalam rangkaian skincare, mungkin ada yang langsung perlihatkan perubahan positif pada kondisi kulitmu. Namun, ada yang juga membuatmu menanti beberapa minggu dan ada juga yang justru menimbulkan jerawat pada area-area di wajahmu.


    Sudah pasti kondisi kulit yang mendadak berjerawat setelah mencoba produk baru langsung bikin panik karena menganggap kulitmu tidak cocok dengan produk tersebut. Mungkin memang tidak cocok, tetapi mungkin saja kulitmu sedang melakukan penyesuaian atau purging. Pernah mendengar istilah tersebut atau masih membuatmu bertanya-tanya?




    (Baca Juga: Intip 5 Face Mask Yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat)


    Sering dianggap jerawat membandel, ini beberapa hal yang bisa menjawab pertanyaanmu tentang apa itu skin purging.


    1. Reaksi kulit untuk tujuan yang baik

    Saat kamu mengaplikasikan atau mencoba sebuah produk baru yang memiliki kandungan aktif yang tinggi atau perawatan yang topikal untuk atasi jerawat maupun masalah kulit lainnya, kulit pasti akan bereaksi.


    Ada aksi, ada reaksi. Skin purging adalah reaksi kulit terhadap produk-produk perawatan wajah yang baru diresapnya. Umumnya, purging ditandai dengan munculnya jerawat-jerawat pada wajah. Namun, tenang saja, reaksi ini akan membantumu kenali produk yang cocok atau tidak cocok dengan kulitmu.

    apa itu purging

    (Kandungan aktif biasanya menyebabkan kulit alami purging. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


    2. Skin purging tidak berlangsung terlalu lama

    Meski tidak berlangsung lama, bukan berarti hilang dalam semalam. Layak proses adaptasi dalam berbagai hal, kulit pun membutuhkan waktu untuk sesuaikan diri dengan produk yang kamu aplikasikan.


    Namun, berbeda dengan jerawat yang akan terus ada sampai kamu menemukan cara yang tepat untuk menghilangkannya. Proses skin purging bertahan paling lambat satu bulan, waktu yang dibutuhkan agar sel-sel baru pada kulitmu benar-benar terbentuk. Jika setelah 6-8 minggu kamu tidak melihat perubahan, baru kamu bisa hentikan penggunaan produknya atau berkonsultasi dengan tenaga profesional.


    (Baca Juga: 6 Face Mist Terbaik Untuk Mengatasi Kulit Berjerawat)


    3. Bahan-bahan yang bisa sebabkan skin purging

    Purging pada kulitmu biasanya terjadi karena penggunaan produk atau kandungan aktif yang baru pada wajah, semacam sesi perkenalan antara kulitmu dengan produk tersebut. Beberapa kandungan aktif yang terkenal bisa merangsang skin purging antara lain glycolic acid, lactic acid, salicylic acid, dan retinol. Umumnya produk-produk yang memiliki kandungan aktif untuk melakukan perubahan signifikan pada wajah memiliki potensi untuk sebabkan kulit alami purging.


    4. Sering disamakan dengan kondisi jerawat atau breakout

    Tidak jarang purging disalahartikan dengan breakout atau kondisi wajahmu yang meradang, karena sekilas wajah yang alami purging maupun breakout nyaris tidak ada perbedaan.


    Kata kuncinya adalah nyaris. Selain durasi purging yang berlangsung selama satu bulan sampai enam minggu, gejala purging biasa terjadi di area wajahmu yang biasa rentan terhadap jerawat dan biasanya terjadi karena kandungan aktif pada produk skincare. Jika berjerawat di area baru atau bukan disebabkan oleh kandungan aktif, itu tandanya kamu alami breakout.


    5. Selain bersabar, ada cara untuk membuat purging lebih mudah kamu lewati


    Jika kamu mengalami skin purging, tidak ada cara lain untuk bersabar dan melanjutkan skincare yang sedang kamu jalani. Namun, selama kurang lebih satu bulan, kamu bisa redakan gejala-gejala yang muncul dan membuat purging tidak menyakitkan.


    Fokus menggunakan satu produk, hindari produk dengan kandungan yang harsh maupun aromatik. Lalu, meski ini sulit dilakukan, tapi jangan sampai kamu menekan jerawat pun agar tidak menyebabkan infeksi dan justru membuat kondisi wajahmu lebih parah.


    apa itu purging

    (Tetap jalani skincare-mu saat ini, meski alami purging. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)


    6. Pelembap dan sunscreen itu wajib


    Pastikan skincare-mu sesederhana mungkin ketika wajah sedang alami purging. Namun, pelembap dan sunscreen tidak boleh kamu lepaskan. Dengan menggunakan pelembap, kamu menjaga kulit tetap terhidrasi dan jauh dari iritasi. Sedangkan, mengaplikasikan sunscreen bisa melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari, apalagi menggunakan retinol dan produk eksfoliasi membuat kulitmu lebih rentan.


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Sunblock Wajah Dan Badan Yang Bisa Kamu Coba)


    Inilah beberapa hal yang bisa menjawab berbagai pertanyaanmu tentang purging, reaksi kulitmu ketika berkenalan dengan produk baru.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below