Intip 8 Tips yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling


  • Intip 8 Tips yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling
    Tak sabar untuk pergi liburan akhir tahun? Agar liburanmu berjalan dengan lancar, yuk simak 8 tips yang wajib dilakukan sebelum traveling! (Foto: Dok/freepik.com)


    Menikmati momen liburan bisa jadi lebih maksimal jika persiapan matang. Karena, meski tampaknya sepele, salah atur jadwal akan membuat perjalanan yang mestinya menyenangkan, jadi buyar. 

    Atau, ketika bujet pengeluaran lebih besar daripada seharusnya, bisa juga jadi beban. Oleh karenanya, jika ingin momen liburan menjadi momen menyenangkan, dan menempel di ingatan akan hal-hal positif, tak ada salahnya buat persiapan yang matang. 



    Persiapan itu bisa dimulai dengan mengatur jadwal, menentukan destinasi dan anggaran biaya. Lebih lengkapnya, simak delapan tips berikut yang bakal bikin liburan kamu jadi lebih menyenangkan: 

    (Baca juga: 9 Cara Cermat dan Hemat Saat Liburan)

    1. Atur Jadwal

    Agar liburan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, kamu dapat mengatur jadwal berdasarkan kalender libur nasional. Terutama manfaatkan tanggal merah yang jatuh pada hari Jumat. Jadi, kamu tak perlu ambil cuti kantor terlalu banyak deh. Tapi ingat, kamu pun tetap harus memastikan jadwal pekerjaan di kantor ya. Jangan sampai pekerjaan kantormu yang penting malah terabaikan.

    2. Tentukan Destinasi

    Jangan lupa buat daftar destinasi yang ingin Anda kunjungi. Urutkan dari yang paling ingin dikunjungi (mungkin sudah lama belum terwujud) hingga destinasi menarik tapi belum proritas. Jika Anda ingin pergi ke destinasi yang jauh seperti Eropa atau Amerika, kombinasikan cuti dengan kalender libur nasional yang agak panjang.

    3. Menyusun Anggaran Biaya Liburan

    Membuat estimasi anggaran biaya selama liburan menjadi hal wajib. Jangan sampai biaya selama liburan justru melampaui anggaran yang disiapkan. Apalagi bila kamu berencana melakukan traveling panjang dan membutuhkan biaya yang besar. Nah, yang dapat kamu lakukan adalah mengatur berapa banyak biaya yang diperbolehkan keluar selama liburan. Mulai dari transportasi dari dan ke lokasi, biaya penginapan, makanan, tiket ke lokasi wisata, hingga souvenir khas daerah tersebut. Cara ini cukup ampuh guna terhidar dari over budget.


    (Foto: Dok/rawpixel/pexels.com)

    4. Membuat List Barang Bawaan

    Hal ini cukup penting mengingat mungkin masih banyak dari kamu yang tak tahan ingin membawa berbagai macam barang traveling. Ingat dear, bawa barang yang benar-benar Anda butuhkan selama bepergian. Saat sedang berkemas, catat barang bawaan Anda dalam buku kecil agar Anda tak lupa barang atau pakaian apa saja yang dibawa. Kemudianupdatedaftar tersebut saat Anda akan pulang. Pastikan semuanya lengkap dan jangan sampai ada yang tertinggal.

    5. Salin Kartu Identitas dan Dokumen Berharga

    Cosmo yakin kamu akan selalu berhati-hati selama liburan, tapi tetap saja kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi termasuk kehilangan paspor dan kartu identitas lainnya. Maka, selalu sisipkan fotokopi Paspor, SIM, maupun KTP di dalam dompet atau tas dan soft copy di ponsel Anda untuk mengatasi kemungkinan terburuk kalau dompet Anda hilang saat berlibur. Untuk antisipasi, simpan juga di e-mail atau kirim keanggota keluarga/orang terdekat agar bisa mengakses di mana pun Anda berada.

    6. Bawa Baju dan Sepatu Olahraga

    Agar tetap selalu menjaga kesehatan selama traveling, kamu bisa menyisihkan sebagian waktu mu untuk berolahraga. Jogging pagi di daerah tempat destinasi sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan? Atau memanfaatkan fasilitas fitness di hotel tempat kamu menginap? Maka itu, jangan lupa memasukkan sepatu dan baju olahraga ke dalam koper.


    (Foto: Dok/rawpixel/pexels.com)

    7. Jangan Lupakan Makeup dan Skincare  

    Tampil selalu memesona dengan kulit yang sehat merupakan hal yang wajib, terutama saat traveling. Oleh karena itu, jangan lupa masukkan deretan keperluan perawatan wajah dan tubuh Anda (tentunya dalam ukuran travel size, ya!) ke dalam makeup pouch. 

    8. Jaga Stamina dan Kesehatan Tubuh

    Agar kamu bisa menikmati liburan dengan maksimal, ingat selalu untuk tetap memerhatikan stamina dan kesehatan tubuh terutama sebelum melakukan perjalanan. Apalagi bila perjalanan yang akan kamu tempuh memakan waktu dan tenaga yang banyak.

    Jangan lupa untuk olahraga yang rutin, menjaga pola makan serta konsumsi supplement yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Cosmo merekomendasikan Protexin sebagai supplement yang membantu melindungi sistem pencernaan serta membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, serta Apta+Kolesfit sebagai susu nikmat tinggi serat penurun yang mampu menjaga kadar kolesterol.

    9. Obat Pribadi

    Saat traveling, terkadang tubuh menjadi lebih rentan terhadap virus mapun penyakit. Mabuk perjalanan, keracunan makanan, diare, iritasi pada mata, menurunnya daya tahan tubuh, dan hal-hal lainnya yang dapat merusak perjalanan liburan kamu. Agar perjalanan tetap nyaman, bawalah selalu obat-obatan pribadi sebagai pertolongan pertama ke manapun Anda berada seperti suplemen, obat diare, antiseptik untuk luka, flu, alergi hingga obat nyeri sendi.

    Combiphar memiliki produk-produk supplement dan obat-obatan yang bisa kamu gunakan selama traveling. Seperti InstoMoist untuk mencegah dan mengatasi iritasi pada mata, serta Smecta sebagai larutan penawar diare. Untuk produk-produk dari Combiphar bisa kamu dapatkan di drug store Guardian terdekat di daerahmu, atau kunjungi website Guardian Indonesia di http://www.guardianindonesia.co.id. 

    Agar perjalanan liburan kamu tetap sehat dan menyenangkan, Cosmo mengajak kamu untuk sharing dalam Healthy Forum bersama Chef Brian (Chef), Kadek Arini (Travel Blogger), dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK (Nutritionist), Jansen Ongko (Fitness Trainer), dan dr. Sandy (Doctor). Klik di sini atau segera kunjungi http://www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle/forum. (Nungki DA/  / Image: Freepik.com)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below