Life & health

Wajib Coba, 10 Rekomendasi Restoran Vegan di Jakarta

By : Vanessa Masli - 2021-11-03 18:00:02 Wajib Coba, 10 Rekomendasi Restoran Vegan di Jakarta

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berbahan dasar nabati atau plant based. Bahan makanan yang diolah dari tumbuh-tumbuhan ini kemudian menghadirkan gaya hidup vegan ataupun vegetarian bagi orang-orang untuk hidup lebih sehat sekaligus lebih ramah lingkungan.


Di ibukota Jakarta sendiri, semakin banyak orang yang mulai mengenal pola konsumsi berbasis nabati dan mulai mengeksplorasi ragam menu yang ada. Hal inilah yang mendorong semakin banyak restoran menawarkan ragam menu-menu sehat dan juga ramah vegan. Nah, buat kamu yang ingin mengeksplorasi makanan-makanan vegan, rekomendasi restoran di bawah ini wajib kamu coba. Penasaran apa saja?


(Baca Juga: 20 Rekomendasi Camilan Sehat Buat Sehari-hari)


1. Burgreens



Berdiri sejak tahun 2013, Burgreens menjadi salah satu pionir yang menggerakkan masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan bahan dasar nabati. Restoran ini menyajikan beragam menu vegan yang wajib kamu coba. Mulai dari burger dengan daging atau ayam nabati, hingga platter rendang, Burgreens menyajikan makanan sehat yang juga familier di lidah masyarakat Indonesia. Nah, ketika kamu berkunjung ke Burgreens, jangan lupa menemani makananmu dengan segelas Brown Sugar Mylk Boba ya!


2. Treat Vegan



Makanan fusion dengan cita rasa Asia menjadi kekuatan dari restoran vegan yang berlokasi di area Kemang, Jakarta Selatan. Menu-menu seperti omurice, “sausage muffin”, hingga dessert khas Filipina bernama halo-halo yang berisi kacang merah, es krim ube, kelapa, serta nanas ini menghadirkan ragam kreasi yang bisa dinikmati oleh para vegan.


3. Fedwell



Restoran vegan yang berlokasi di daerah Senopati ini menyajikan berbagai pilihan makanan sehat yang bisa kamu racik. How? Kamu bisa memilih menu yang sudah tersedia dan dirancang oleh Fedwell sendiri atau kamu bisa meracik the ultimate meal dengan memilih base hingga topping sesuai dengan preferensimu. Nah, bagi kamu yang vegan atau ingin mengeksplorasi plant based¸ Fedwell juga memiliki menu yang ramah vegan.


4. Max’s Pizza



Max’s Pizza adalah inovasi dan kreasi dari pasangan Helga dan Max, yang telah sukses dengan Burgreens. Menu pizza yang dirancang untuk memenuhi keinginan generasi Z terhadap makanan sehat, vegan, tetapi ramah kantong. Max’s Pizza menyajikan lima varian yaitu Meatball Pizza, Margherita Pizza, Rendang Pizza, Truffle Mushroom Pizza, dan Pesto Chick’n Pizza.

Semuanya vegan, termasuk kejunya yang terbuat dari beras dan kacang mede organik produksi dalam negeri. Pizza vegan satu ini bisa kamu nikmati di gerainya yang berada di kawasan Kemang.


5. Honu



Restoran vegan yang wajib kamu coba di Jakarta adalah Honu. Berbeda dengan restoran-restoran lain, Honu pertama kali menjamu warga Kemang dengan poké bowl. Campuran sayur mayur dengan potongan ikan segar ini adalah makanan khas Hawaii yang juga bisa dinikmati oleh para vegan. Honu juga menyajikan menu poké bowl dengan protein nabati seperti tahu dan tempe.

Ada enam gerai yang telah dibuka, mulai dari Kemang hingga BSD, Tangeran Selatan sehingga kamu bisa mencicipi kesegaran poké bowl ditemani segelas matcha di gerai Honu yang paling dekat dengan rumahmu.


(Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dicoba)


6. TIASA



TIASA, yang berarti 'bisa' dalam bahasa Sunda ini menghadirkan berbagai masakan rumah dengan bahan dasar nabati. Konsep kantin dipilih TIASA untuk menjamu para tamu yang mencari menu-menu vegan dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya bahan makanannya yang organik, TIASA juga mengolah makanannya dengan bumbu alami seperti minyak kelapa, himalayan salt, dan gula stevia.


7. Eath



Jika kamu mencari camilan “ayam” untuk menemanimu bekerja di tengah hari, Meatless Chickin dari EATH bisa menjadi pilihan. Camilan ini terbuat dari non-GMO soy protein yang baik dikonsumsi sebagai sumber protein sehingga cocok untuk dinikmati oleh kamu yang menjalani gaya hidup vegan. Produk ini memiliki beberapa varian saus seperti hickory bbq, korean gochuracha, louisiana cajun, dan orange chicken.


8. Rumah Juliet



Kamu pencinta makanan manis, tetapi sulit menemukan yang ramah bagi vegan? Rumah Juliet bisa menjadi jawabannya. Toko kue satu ini bisa menjadi surga para vegan yang punya spot khusus untuk kue dan berbagai kudapan manis lainnya. Ketika kamu berkunjung ke toko, pastikan kamu mencoba cake chocolate blueberry dan chocolate green tea yang menjadi andalan Rumah Juliet.


9. Yoisho Ramen



Berada di kawasan Senopati, Yoisho Ramen menyajikan menu ramen vegan. Ramen dengan kaldu yang diracik dari susu kedelai dan miso untuk memberikan rasa creamy seperti ramen jika diolah dengan kaldu hewani. Jadi kamu bisa menikmati ramen Jepang yang ramah vegan di Jakarta, dengan cita rasa yang tidak kalah enak.


10. Loving Hut



Makanan dari berbagai negara seperti Indonesia, Thailand, dan menu-menu Barat pun berkumpul dan disulap menjadi menu makanan vegan di restoran satu ini. Loving Hut menjadi salah satu restoran vegan yang sudah lama menjadi bagian dalam dunia kuliner dan telah membuka cabang di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, dan Medan.


11. Kinkitsuya Japanese Vegan & Vegetarian



Buat kamu yang ingin menikmati comfort food dari negeri Sakura dengan menu makanan vegan, Kinkitsuya Japanese bisa jadi alternatif. Mulai dari makanan pembuka seperti gyoza hingga udon berbagai kuah sebagai makanan utama, Kinkitsuya Japanese ini menghadirkan sensasi berbeda dengan menggunakan bahan-bahan berbasis nabati dalam mengolah makanan ikonis Jepang tersebut.


(Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Jantung)


Inilah rekomendasi restoran vegan yang wajib kamu coba di Jakarta. Kira-kira restoran mana yang tertarik kamu coba lebih dulu?

Life & health